Langsung ke konten utama

PROFIL SINGKAT


Ence Surahman, menghabiskan masa kecilnya di salah satu kampung di pengunungan, tepatnya di Kp. Cikaramat Desa Mekarmulya Kec. Talegong Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat, pada 1989. Anak kedua dari 3 bersaudara ini memiliki golongan darah 0. Menyelesaikan Sekolah Dasar di SD Negeri Mekarmulya III. Kemudian melanjutkan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMP Negeri 1 Talegong. Selanjutnya menamatkan sekolah di SMA Negeri 21 Garut. Jenjang sarjana S1 di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Adapun jenjang S2 beliau tamatkan di Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai lulusan tercepat seangkatan 2014. 

Pengalaman organisasinya diawali sebagai Ketua OSIS SMP (2003-2004), Tim Pendiri PMR SMP (2005), ketua OSIS SMA (2006-2007), Ketua Bidang Kaderisasi Kelompok Pecinta Alam (KAPA) SMA (2006-2007), anggota paskibra SMA (2006-2007), penyiar radio sekolah SMAN Satal (2006)Sewaktu menempuh studi jenjang sarjana, beliau aktif di Himpunan Mahasiswa (Hima) Tekpend UPI diamanahi sebagai Kepala Bidang Agama (2009), kemudian di Tingkat UPI sebagai ketua Umum Program Tutorial PAI MKDU UPI tahun 2010-2011. Pada Jenjang magister di UNY, beliau diamanahi sebagai Ketua Keluarga Mahasiswa Pascasrajana (KMP) UNY 2015, lalu melebarkan sayapnya dengan menjabat sebagai Ketua Masyarakat Ilmuwan dan TeknologIndonesia Klaster Mahasiswa (MITI KM)

Selain aktif berorganisasi juga semangat dalam bidang akademik dan penelitian. Tahun 2011 dinobatkan sebagai juara 1 mahasiswa berprestasi UPI. Kemudian tahun 2012 dinobatkan sebagai penerima award Indonesian Islamic Young Leader (IYIL) award dalam ajang Internasional Moslem Student Summit di ITB.  Rupanya kebiasaan juara sudah terasah sejak SD, di mana sejak SD hingga lulus SMA selalu juara 1 kecuali sewaktu di SD kelas 3 catur wulan 1 pernah juara 2.

Minat keilmuannya dalam bidang mobile learning, adaptive learning, online learning dan online assessment. Yang bersangkutan pernah mendapatkan projek hibah penelitian dari SEAMOLEC untuk  mengembangkan program Adaptive Mobile Learning pada mata pelajaran Biologi (A-MolBio). Motto hidup yang senantiasa mendorongnya sejak kecil ialah “Be The Best For Ever”, menuntun kesadaran dirinya bahwa pemuda punya tanggung jawab besar dalam membangun bangsa tercinta ini. 


Setelah lulus S2, sempat mengajar di almamater S1 (UPI) selama 2 semester, dan menjadi konsultan kurikulum di BPSDM PUPR. Sejak juni 2017 sampai saat ini, beliau tercatat sebagai dosen aktif di Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (UM). Salah satu perguruan tinggi terbaik di Indoensia. Di UM selain mengajar beliau juga aktif menulis dan mengelola beberapa jurnal ilmiah yang dapat dilihat melalui tautan ini. Pada September 2020 melanjutkan pendidikan jenjang S3nya di salah satu kampus terbaik di Taiwan dan Asia yakni National Tsing Hua University Taiwan, dan telah selesai melaksanakan ujian disertasinya dan dinyatakan lulus pada tanggal 17 Juli 2023 dengan masa studi kurang lebih 2 tahun 10 bulan 4 hari. 

For more information:

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste