Langsung ke konten utama

PENDIDIKAN JARAK JAUH (DISTANCE EDUCATION)

TUGAS INDIVIDU
Mata Kuliah : Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (SPJJ)
Dosen : Dr. Deni Kurniawan, M.Pd
Mahasiswa : Ence Surahman
Konsentrasi : Pendidikan Guru TIK 2008 Kurtekpend FIP
Jenis Tugas : Menerjemahkan
Topik : Pendidikan Jarak Jauh (Distance Education)

PENDIDIKAN JARAK JAUH
Pendidikan Jarak Jauh, atau pembelajaran jarak jauh adalah sebuah tempat pendidikan yang terfokus pada pendidikan anak (pedagogy)/pendidikan orang dewasa (andragogy), teknologi dan desain sistem pembelajaran yang efektif dalam menyatukan pada proses penyampaian pesan pendidikan kepada para siswa yang tidak secara fisik berada dikelas (secara langsung) dalam menerima pendidikan mereka. malahan, para guru dan siswa memungkinkan berkomunikasi pada waktu yang mereka miliki atau pilih sendiridengan menukarkan berupa bahan ajar tercetak atau media elektronik, atau sampai teknologi yang diperbolehkan mereka untuk berkomunikasi secara langsung. Kursus Pendidikan jarak jauh yang mensyaratkan sebuah kondisi fisik onsitepresence untuk alasan yang dimasukan dalam pengambilan ujian adalah dianggap /didasarkan untuk menjadi sebuah kursus gabungan./campuran atau terprogram tigkat tinggi.
TIPE KURSUS PENDIDIKAN JARAK JAUH
• Saling berkomunikasi saling terkonduksi dengan menggunakan surat yang teratur/terjadwal
• Dengan pesawat internet yang keduanya secara sinkron ataupun tidak sikron
• Kursus melalui telephone/atau dengan siaran dimana isi pembelajaran dikirim via radio atau televisi
• Dengan menggunakan Compact Disk dimana siswa berinteraksi dengan komputer yang materinya disimpan di CD
• tas komputer pribadi/ pembelajaran mobile artinya dimanapun bisa belajar, dengan syarat siswa bisa mengakses materi kursus yang disimpan divice mobile atau dengan server yang tanpa kabel.

ASAL MUASAL PENDIDIKAN JARAK JAUH
Pendidikan jarak jauh yang modern telah ada sejak Isaac Pitman taught shorthand di Great Britain memalui koresponden pada tahun 1840. Semenjak “perkembangan layanan pos sejak abad 19. Perguruan tinggi koresponden komersil menyediakan pendidikan jarak jauh untuk siswanya yang diluar negeri” komputer dan internet satu-satunya yang telah membuat pendidikan jarak jauh lebih mudah, hanya dengan beberapa hari penugasan bisa diselesaikan.
Universitas london merupakan universitas pertama yang memulai angkatan pendidikan jarak jauh, menetapkan program pendidikan jarak jauh kurang lebih pada tahun 1858. Adapun unipersitas penggagas yang lainnya adalah universitas Afrika selatan, yang kemudain menysusul menggunakan progam kursus koresponden sejak tahun 1946. Pendidikan jarak jauh terbesar ada Di Inggris dengan universitas terbukanya yang dibangun tahun 1969. Di Jerman Universitas Fern di Kota Hagen dibangun diketahui mulai tahun 1974. Saat ini ada banyak lembaga yang sama diseluruh dunia, kebanyakan dengan nama universitas terbuka yang sudah terdaftar.
Terdapat dua jenis ada yang privasi dan ada juga yang umum (public), lembaga yang tidak berbayar dan yang berbayar membukan kursus-kursus dan program setara sebagaimana program pendidikan jarak jauh. Tingkatan-tingkatan dari variasi akreditasi, beberapa lembaga mengedepankan pendidikan jarak jauh di amerika sudah memiliki /menerima sedikit outside overside. Dan beberapa mungkin froudulent diploma mills. Di beberapa yuridiksi, dan lembaga ,mungkin tidak menggunakan term “Universitas” tanpa akreditasi dan autorisasi, biasanya dari pemerintahan nasional. Diabad ke duapuluhan, radio, televisi dan internet telah bnayak digunkan untuk pendidikan jarak jauh.
METODE YANG DIGUNAKAN
Dalam pembelajaran jarak jauh, siswa tidak diharuskan untuk ada didalam ruang kelas, tetapi hal itu juga memungkinkan mengambil sebuah pilihan. Misalnya dengan sebuah kelas elektronik atau lingkungan pembelajaran secara virtual (virtual), hal ini memungkinkan atautidak pada sebuah bagian dari pendidikan jarak jauh. Kelas-kelas elektronik bisa juga keduanya dikampus, atau diluar kampus. Kita akan menghubungi lembaga yang menggunkan mode pengiriman yang fleksibel.
Pendidikan jarak jauh juga memungkinkan menggunakan semua jenis teknologi, dari yang tercetak dikomputer. Area ini akan dimasuki radio, televisi, audio dan video conference, komputer ditambahkan dnegan instruksi, pemebalajran elektronik atau pembelajaran online dan sebagainya. (Istilah umumnya adalah pembelajaran online). Sebuah kenyataan yang juga terbuat antara pembelajaran terbuka dan pembelajaran jarak jauh. Untuk menjelaskan pemikiran kita, kita bisa mengatakan bahwa pendidikan terbuka adalah sebuah sistem dimana siswa siswa bebas memilih waktu dan tempat benalajrnya, sedangkan pendidikan jarak jauh adalah semuah metodologi pengajaran yang digunakan ketika guru dan siswa terpisahkan waktu dan tempatnya. Demikian ini diikuti bahwa tidak semua lembaga pemdidikan terbuka meggunakan pendidikan jarak jauh dan tidak semua organisasi yang menggunakan pendidikan jarak jauh yang menggunakan lembaga pendidikan terbuka. Dalam kenyataannya terdapat banyak kasus yang mana siswanya berada didalam runag kelas, terhubung via video conferencing yang terhubung kepada seorang guru dirunag kelas yang jauh. Metode ini biasa digunakan pada tifikal lembaga yang memiliki geografi yang saling berjauhan/bertebaran. Berbicara tentang istilah universitas virtual adalah kadang-kadang menggunakan untuk menggambarkan sebuah lembaga pendidikan terbuka yang menggunakan internet untuk membuat sebuah lingkungan imaginasi universitas yang mana siswanya, fakultas dan staff bisa berkomunikasi dan berbagai information kapan saja dari lokasi mana saja.
Pendidikan jarak jauh telah berlangsung empat sampai lima generasi dari teknologi pada abad ini. Diantaranya yang tercetak, siaran audio (suara)/video, audio/video percakapan lewat telefon, pembelajaran berbantukan komputer, pembelajran elektronik/ pembelajaran secara online, siaran dengan menggunakna komputer. Dan sebagainya. Sampai radio mengingatkan sebuah bentuk yang sangat dapat hidup, sederhananya dalam pengembangan nasional, karena dari peningakatan ini. Di india chanel FM sangat populer dan maih sedang digunakan dierbagai universitas pada program pendidikan penyiaran dari berbagai jenis dalam beberpa wilayah seperti pendidikan guru, pengembangan pendusunan/pedesaan,progam pelatihan budaya tani untuk para petani. Pendidikan ilmu pengetahuan, menulis kreatif, dan komunikasi masa, dalam penambahan untuk kursus tradisional dalam seni bebas, ilmu pengetahuan alam dan administrasi bisnis. Peningkatan popularitas dari iPod, PDAs dan telepon pintar yang menydiakan sebuah media tambahan untuk mendistribusikan konten pendiidkan jarak jauh, dan beberapa profesor saat ini mengijinkan siswanya untuk mendengarkan atau menonton tayangan video sebuah kursus sebagai sebuah podcast. Beberapa perguruan tinggi telah berkerja sama dengan militer Amerika serikat untuk mendistribusikanentri konten kursus dalam sebuah PDA untuk menyebarkan personilnya.
Beberapa lembaga pendidikan yang mengintegrasikan antara pendidikan dengan konsep siswa jarak jauh dan dikampus dalam program kursus perguruan tinggi. Beberapa program yang diijinkan siswa jarak jauh untuk melihat dalam pertemuan di dalam kampus bisa langsung via video streaming dan pemutaran komentars secara langsung dari siswa yang jarak jauh yang lasngsung berkomunikasi menggunakan chat board selama kuliah, hal ini membuat pembelajaran memungkinkan diskusi secara langsung antara siswa yang ada dan tidak ada dikampus. Yang akhirnya sebuah lembaga, sebuah program online secara keseluruhan terus maju disebuah era dunia 3D virtual yan terus termashur dalam komunitas online kehidupan kedua. Pendekatan ini tjuga telah digunakan in conjunction dengan pertemuan kelas didalam kampus, membuat pemisahan antara jarak jauh dan siswa dalam kampus meningkat secara signifikan.
Singkatnya walaupun sebah hasil dari awal perkemangan pendidikan jarak jauh memasukan pendidikan jarak jauh dalam awal perkembangan teknologi dan konektifitasnya seperti komputer atau untuk mata pelajaran yang terhubung secara elektrik hal itu seharusnya dipertimbangkan, ketika kita berpikir sebuah dunia merupakan keseluruhan kesatuan tanpa pantas dala penerapan teknologi untuk pedidikan jarak jauh.
SISTEM-SISTEM PENGIRIMAN/PENYAMPAIAN MATERI
Model yang lebih dulu ada dalam pendidikan jarak jauh menggunakan surat secara beraturan untuk salig mengirim bahan, video, tape audio, dan CD Rom atau dengan menggunakan format media penyimpana lainnya seperti (kartu SD atau kartu CD) agar sisiwa bisa melakukan latihan secara berkala. Saat ini program pendidikan jarak jauh banyak memanfaatkan penggunaan surat elektronik, alamat web, dan video konferensi seleihnya dengan jaringan dengan kapasitas bandwith yan besar yang menghubungkan baik lokasi dengan menggunakan kabel ataupun pembelajran tanpan kabel yang bisa dibawa kemana-mana dibeberapa negara, ahan ajar dilengkapi denagn program televisi dan radio. Untuk membandingkandengan bidang konpensiona materi kursus diharuskan memiliki kualitas yang tinggi dan lengkap dan akan menggunakan teknologi modern seperti pendidikan dengan animasi.
Beberapa sekolah, seperti halnya perguruan tinggi George Brown menggunakan sebuah model penerimaan yang sangat canggih, dimana kuikulum program yang disampaikan melalui CD Rom dan DVDdan sema sumber pendukung ynag tersedia dalam bentuk lingkungan online atapun lingkungan nyata. Pendekatan ini menyediakan paraa siswa akses yang muda dan cepat untuk pendukung tutorial, konseling, ujian secara online dalan sebagainya, ketika menggunakan kapasitas penyimpanan data yang besar dan penyediaan akses ynag cepat dari sumber multimedia yag bisa dibawa kemana-mana mealui CD Rom dan DVD.
Baik yang penuh waktu ataupun paruh waktu sangat memungkinkan untuk diterapkan, tetapi para siswa lebih banyak memilih belajar paruh waktu. Belajar meneliti juga sangat mungkin diterapkan. Pendidikan jarak jauh diterapkan di banyak jenjang, tetapi kebanyakan frekuensinya dalam sebuah pilihan untuk jenjang belajar di universitas sebuah bentuk program pendidikan yang mirip dengan ini tetapi dengan beberapa syarat yang secara umum presence selama satu tahun adalah sebuah program awal.
Program pendidikan jarak jauh oleh sebagian orang disebut dengan kursus koresponden, pada masa awalnya proram ini muncul aslinya pad abad sembilan belas yang manjadi program pendidkan untuk prospek kerja yang ma atelah mengkonduksikan dengan surat yang diposkan. Pada masa sekarang kebanyakan sudah berganti dengan pendidikan jarak jauh. Dan telah menyebar sampai meliputi sophisted teknologi dan metode penyampaian. Pertamanya yang menjadi subjek dari koresponden dimulai oleh Pitman Shortland, sebuah alat stenohograpi. Pada awal dan program pendidikan jarak jauh selanjutnya juga meluas dengan koresponden, biasanya untuk anak-anak dalam area yang terpantau.
PENEGTESAN DAN EVALUASI
Pendidikan jarak juah telah memiliki masalah sejak konsep sampai dengan pengetesan materi pelajaran. Dalam penyampaian dengan mudahnya berjalan mulus, yang bisa membuat yakin bahwa pendidika jarak jauh sangat memungkinakn bisa diterapkan untuk peserta didik baik laki-laki ataupun perempuan bisa membacanya diwaktu luang mereka. Hanya masalah yang muncul ketika siswa disyaratkan untuk melengkapi penugasan dan pengetesan. Apakah dengan kuis, tes, atau ujian; program yang online memiliki kesusahan untu mengontrol penipuan dikarekan oleh kekurangan guru dalam mengawasi. Dalam situasi di kelas guru dapat memonitor siswanya dan biasanya uphold sebuah jenjang dari integrasi konsistten dengan reputasi lembaga. Dengan pendidikan jarak jauh siswa dapat menolak atau melanggar dari kelengkapan pengawasan. Beberapa sekolah seperti di Universitas Maryland, integritas alamat isu-isu konsen mememerhatikan pengetesan dari persyaratan paa siswa untuk mengambil ujian dalam setting yang langsung.
Penugasan telah disesuaikan menjadi lebih lebar, lebih panjang dan lebih teliti sehingga untuk megetes pengetahuan dengan penguatan pada para siswa untuk meneliti mata pelajaran dan prove mereka telah melakukan pekerjaan. Kuis merupakan sebuah bentuk penilaian untuk menilai wawasan dan banyak program yang berjalan dengan sistem pembayran dengan penguatan dari penipuan. Akhirnya jika siswa di cek dengan pertanyaan di buku tek online, disana mungkin dari sebuah penguatan keterbatasan waktu atau kuisnya mungkin saja kaya sehingga sedikit tanda keleihannya dan hal itu akan menjadi tidak terkonsep. Ujian dan tes yang lebih besar yang lebih sulit untuk diterapkan secara teratur. Jelasnya denganberorientasi pada penandaan siswa tidak bisa dipercayai dengan tanda yang mereka miliki. Dalam tes skala kecil seorang professor bisa memanfaatkan program komputer tertentu untuk mejaga semua program yang lain dari awal berjalan di komputer dan bisa mengurangi kemugkinan bantuan dari internet.
Digunakannya kombinasi yang teratur, sebuah susunan awal kepercayaan pengawas dengan kelebihan penglihatan pda tes besar dan ujian mungkin saja digunkan untuk meningkatkan pengamanan. Banyak dipertengah dan ujian akhir yang tertutupi dalam sebuah kebiasaan lokasi sehingga professordapat mengawasi secara langsung. Banyak dari tes yang diujikan yang masih dengan bantuna komputer yang manjadi kasus progam yang sama tertutupi software yang bisa digunakan. Ketika internet menjadi sebuah media yang populer untuk pendidikan jarak jauh, banyak alamat web yang ditemukan ditambahkan dengan software keamanan untuk ujian dan dikemas untuk menbantu professor mengelola siswanya secara efektif.


Catatan: Mohon maaf tulisan diata masih banyak ejaan yang salah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste