Rabu, 03 Nopember 2010
@108 FIP UPI
TAHAPAN-TAHAPAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN INOVASI
Menurut Rogers:
1. TAHAP PENGETAHUAN (KNOWLAGE)
Seseorang atau unit pengambil keputusan ingin mengetahui terkait inovasi yang baru. Karena hl ini berkaitan dengan salahsatu ciri profesional yaitu terbuka, responsif dengan pembaharuan.
2. TAHAP PERSUASI (TAHAP PEMBUJUKAN)
Setelah adopter memahami/mengetahui inovasi yang telah dipelajari oleh adopter, maka ada dua kemungkinan yang pertama mereka menyukai yang kedua tidak menyukai terhadap inovasi yang muncul. Pada tahap ini, biasanya diadakan kegiatan-kegiatan semacam Training Of Trainner (TOT).
3. TAHAP KEPUTUSAN INOVASI
Tahap ini berlangsung pada saat seseorang atau calon adopter melakukan kelakuan yang mengarah pada proses pengambilan keputusan untuk menerima inovasi yang baru.
4. TAHAP IMPLEMENTASI
Setelah calon adopter di biasakan dengan produk baru sebuah inovasi, maa tahap selanjutnya adalah tahap implementasi inovasi.
5. TAHAP KONFIRMASI
Pada proses ini dilakukan proses konfirmasi untuk mengetahui sejauh mana kebermanfaatan dari inovasi yang dilakukannya.
Sayangnya di Indonesia proses penerapan Inovasi hanya berlangsung hanya sebentar saja. Karena seringnya terkait dengan adanya pendaaan. Karena biasanya mereka semangat karena ada embel-embel uang yang menyedot perhatian mereka.
Sebaik apapaun inovasi yang dimunculkan, Inovasi itu tidak akan bisa diterapkan ketika ada sikap-sikap skeptis dengan inovasi.
STRATEGI PENERAPAN INOVASI:
Keberhasilan inovasi erat kaitannya dengan strategi penerapan inovasi itu sendiri:
1. STRATEGI PENDIDIKAN (EDUKATIF)
2. STRATEGI BUJUKAN (PERSUASIF)
3. STRATEGI PEMAKSAAN (POWER)
Catatan: Penjelasan tentang Strategi penerapan Inovasi akan dijelaskan selanjutnya,
Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki...
Komentar
Posting Komentar
You can give whatever messages for me,,