Langsung ke konten utama

NEW YEARS CELEBRATION IN TAMPOMAS MOUNTAIN SO FANTASTIC

BY : JAISYURAHMAN
Subhanallah, walhamdulillah, Allahuakbar, itulah kesan pertama yang saya dapatkan ketika kaki ni telah mencapai puncak tertinggi di Gunung Tampomas Sumedang. Gunung dengan ketinggian 1684 mdpl. Gunung ini memberikan kepuasan tersendiri bagi siapapun yang mendakinya.
Kami adalah.
Saya berangkat dengan teman-teman sesama pecinta alam dari Pecinta Alam Kurtekpend yang kami singkat PaTend. Bersama 13 orang lainnya (Bertha Fakhrian, Widi Budiman, Musa Al-Ghifari, Luthfi Maulidi, Jenny Fernanda, Muhammad Rizal, Raden Galuh, Reza Fauzi, Rizal Aziz Muslim, Edi Junaedi (Jhono), Agus Wijaya, dan Amin Makmur serta saya Sendiri Ence Surahman) kami berangkat dari Paseh Sumedang pukul 13.30an. kami tiba di Puncak dalam interval pukul 16.56-17.50an WIB.
The power of dreamd.
Sejak pukul 15.40 WIB. Aku membuat target dan sedikit bermimpi agar bisa tiba di puncak sebelum pukul 17.00 00. Kemudian saya sms teman-teman yang masih dibelakang, “Aslmwrwb, Saya akan sampai puncak pkul 17.00, bagaimana dengan Anda?, burn your spirit and taklukan the Summit, Be The Best”. Itulah kata-kata motovasi untuk diri yang saya buat. Dan ternyata sungguh menakjubkan. Setelah saya mengirimkan kepada rekan-rekana saya yang lain, maka semangat saya pun terbakar. Dan akupun berjalan menapaki curam-curam ketinggian dengan penuh semangat, tanpa alasan untuk berhenti istirahat walaupun hanya 1 detik. Entah mengapa hati, pikiran dan seluruh raga ini bersatu untuk maju dan mencapai puncak sebelum pukul 17.00. subhanallah mimpi itu sekalipun berat dicapainya namun akhirnya saya berhasil juga mencapai puncak sebelum pukul 17.00. tepatnya pukul 16.56 00 saya mencapai puncak tertinggi di Kabupaten Sumedang ini. Ini sungguh menakjubkan, dan sayapun tidak percaya, kalau hal ini bisa saya capai. Sementara teman-teman yang lain ada yang nyampai jam 17.17 kemudian 17.23 dan terakhir sekitar pukul 17.50an.
Suasana di puncak.
Tampomas memang tidak seperti gunung-gunung yang lain yang pernah saya dan teman-teman daki sebelumnya. Seperti Gunung Burangrang. Jaya Giri, dll. Gunung Tampomas anginnya sangat kencang. Sehingga membuat kami sangat kedinginan, memang bukan lembab yang membuat kami kedinginan, namun kencangnya angin yang terus menyapu keberadan kami. Namun Alhamdulillah selama kami diatas, tidak turun hujan. Sehingga sekalipun perlindungan tenda kami yang kurang baik, Alhamdulillah kami tidak ada yang hypothermia .
Suasana malam.
Berhubung malam ini bertepatan dengan malam tahun baruan, maka terlihat teman-teman yang lain yang menanti pergantian tahun dari 2010 ke 2011. Ada satu hal yang saya catat dalam suasana malam tahun baruan ini. Biasanya setelah 2 tahun saya di Bandung, maka pasti ketika taun baruan, kami selalu menemukan suasana yang tidak nyaman, bagaimana tidak ketika mau tidur tidak bisa tidur, dikarenakan bisingnya suara mericon yang terus menerus menghantam. Dari awal hingga akhir malam, bahkan malam-malam berikutnya juga terus begitu. Namun mala mini saya tidka menemukan itu, kami semua yang berkunjung ke puncak Tampomas yang jumlahnya sekitar 70 orang. Malam ini tidak disibukan dengan menutup telinga dikarenakan tidka ada suara mericon yang mengganggu.
Sebentar lagi saya dan kawan-kawan turun gunung.
Alhamdulillah semua senang, semua bahagia:

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste