Penegertian Penelitian;
1. Suatu usaha untuk mengumpulkan, mecatat dan menganalisas fakta-fakta, mengenai suatu masalah, (Marzuki)
2. Metode ilmiah untuk penyelidikan yang sistematis, atas sesuatu pertanyaan atau amsaah (masson)
3. Usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan dengan menggunakan metode ilmiah (Boyd Wesfall)
4. Usaha yang sistematis untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan (tucman)
Beberapa ciri kerja penelitian;
a. Penelitian dirancang dan diarahkan guna memecahkan sesutau maslaah tertentu sebagai jawaban terhadap suatu masalah yang menjadi fokus penelitian
b. Penelitian memerlukan instturmen dan prosedur pengumpulan data yang valid sehingga membuahkan hasil analisis/penemuan yang akurat dan terpercaya atau valid dan relieble
c. Penelitian berkepentingan bukan sekedar mensistesa atau mereorganisasi hal-hal yang telah diketahui sebelumnya tetapi lebih diarahkan untuk penemuan baru (invensi)
d. Penelitian meneuntut keahlian untuk mengeahui secara memedai permasahan yang diselidikinya
e. Penelitian menuntut kesabaran dan tak dilakukan secaratergesa-gesa
f. Penelitian memerlukan pencatatan dan pelaporannya dilakukan secara teliti dan cermat, baik terhadap prosedurnya maupun hasil-hasil dan kesimpulannya disajikan atas dasar bukti-bukti yang secara obyektif, hati-hati yang ada dapat dijadikan bahan berharga.
Mengapa Meneliti?
1. Kesadaran keterbatasan pengetahun, pemahanan dna kemampuan dalam suatu bidang
2. Pemenuhan rasa ingin tahu
3. Pemecahan masalah
4. Pemenuhan pengembangan diri
Cara-cara orang memecahkan maslaah
a. Secara tradisipna ataumenurut kebiasaan
b. Secara dogma (ajaran)
c. Secara intuitif
d. Secara emosional
e. Secara spekulatif atau treal and error
f. Pemecaha masalah melalui penelitian
Sumber-sumber ilmu pengetahuan
a. Pengalaman
b. Otoritas
c. Cara berpikir deduktif
d. Cara berpikir induktif dan
e. Pendekatan ilmiah
Tujuan Penelitian pendidikan
1. Memperoleh informasi baru
2. Mengembangkan dan menjelasnkan
3. Menerangkan (explanition)
Fungsi penelitian
Berdasarkan jenisnya:
a. Penelitian dasar (eksak, menghasilkan produk)
b. Penelitian terapan (berdasrkan teori)
c. Penelitian evaluatif (penelitian terhadap suatau kebijakan)
Berdasarkan tujuannya;
a. Penelitian deskrfitif
b. Penelitian prediktif
c. Penelitian improftif
d. Penelitian explanatif
Ruang lingkup penelitian pendidikan
a. Penelitina bidang ilmu dan praktik pendiidkan, pendidikan teoritis (kajian filosofis, konsep-konsep pendidikan, dll)
b. Pendidikan praktis (pemberdayaan lingkungan dan kelompok usia, jenjang dan biang studi)
c. Penelitian bidang kurikulum dan pembelajaran
d. Penelitian bidang ilmu dan praktik bimbingan dan penyuluhan
e. Penelitian bdiang ilmu dan praktik manajemen pendidikan
Karakteristik penelitian pendidikan
a. Objektif
b. Ketepatan (valid)
c. Verifikatif (teruji dilapangan)
d. Penjelasan ringkas
e. Empiris
f. Penalaran logis
Sesi Tanya Jawab:
Bang harris: Mengapa Di UPI sangat jarang yang melakukan penelitian? Apa yang emnajdi kendala?
NC: Bagaimana memenejem Ide untuk lebih mudah menemukan masalah yang akan diteliti sehingga mampu menghasilkan peneltian yang berbobot?
1. Suatu usaha untuk mengumpulkan, mecatat dan menganalisas fakta-fakta, mengenai suatu masalah, (Marzuki)
2. Metode ilmiah untuk penyelidikan yang sistematis, atas sesuatu pertanyaan atau amsaah (masson)
3. Usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan dengan menggunakan metode ilmiah (Boyd Wesfall)
4. Usaha yang sistematis untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan (tucman)
Beberapa ciri kerja penelitian;
a. Penelitian dirancang dan diarahkan guna memecahkan sesutau maslaah tertentu sebagai jawaban terhadap suatu masalah yang menjadi fokus penelitian
b. Penelitian memerlukan instturmen dan prosedur pengumpulan data yang valid sehingga membuahkan hasil analisis/penemuan yang akurat dan terpercaya atau valid dan relieble
c. Penelitian berkepentingan bukan sekedar mensistesa atau mereorganisasi hal-hal yang telah diketahui sebelumnya tetapi lebih diarahkan untuk penemuan baru (invensi)
d. Penelitian meneuntut keahlian untuk mengeahui secara memedai permasahan yang diselidikinya
e. Penelitian menuntut kesabaran dan tak dilakukan secaratergesa-gesa
f. Penelitian memerlukan pencatatan dan pelaporannya dilakukan secara teliti dan cermat, baik terhadap prosedurnya maupun hasil-hasil dan kesimpulannya disajikan atas dasar bukti-bukti yang secara obyektif, hati-hati yang ada dapat dijadikan bahan berharga.
Mengapa Meneliti?
1. Kesadaran keterbatasan pengetahun, pemahanan dna kemampuan dalam suatu bidang
2. Pemenuhan rasa ingin tahu
3. Pemecahan masalah
4. Pemenuhan pengembangan diri
Cara-cara orang memecahkan maslaah
a. Secara tradisipna ataumenurut kebiasaan
b. Secara dogma (ajaran)
c. Secara intuitif
d. Secara emosional
e. Secara spekulatif atau treal and error
f. Pemecaha masalah melalui penelitian
Sumber-sumber ilmu pengetahuan
a. Pengalaman
b. Otoritas
c. Cara berpikir deduktif
d. Cara berpikir induktif dan
e. Pendekatan ilmiah
Tujuan Penelitian pendidikan
1. Memperoleh informasi baru
2. Mengembangkan dan menjelasnkan
3. Menerangkan (explanition)
Fungsi penelitian
Berdasarkan jenisnya:
a. Penelitian dasar (eksak, menghasilkan produk)
b. Penelitian terapan (berdasrkan teori)
c. Penelitian evaluatif (penelitian terhadap suatau kebijakan)
Berdasarkan tujuannya;
a. Penelitian deskrfitif
b. Penelitian prediktif
c. Penelitian improftif
d. Penelitian explanatif
Ruang lingkup penelitian pendidikan
a. Penelitina bidang ilmu dan praktik pendiidkan, pendidikan teoritis (kajian filosofis, konsep-konsep pendidikan, dll)
b. Pendidikan praktis (pemberdayaan lingkungan dan kelompok usia, jenjang dan biang studi)
c. Penelitian bidang kurikulum dan pembelajaran
d. Penelitian bidang ilmu dan praktik bimbingan dan penyuluhan
e. Penelitian bdiang ilmu dan praktik manajemen pendidikan
Karakteristik penelitian pendidikan
a. Objektif
b. Ketepatan (valid)
c. Verifikatif (teruji dilapangan)
d. Penjelasan ringkas
e. Empiris
f. Penalaran logis
Sesi Tanya Jawab:
Bang harris: Mengapa Di UPI sangat jarang yang melakukan penelitian? Apa yang emnajdi kendala?
NC: Bagaimana memenejem Ide untuk lebih mudah menemukan masalah yang akan diteliti sehingga mampu menghasilkan peneltian yang berbobot?
Komentar
Posting Komentar
You can give whatever messages for me,,