Langsung ke konten utama

Mahasiswa Kewirausahaan Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan FIP Gelar Kegiatan Young Entrepreneur Expo 2011

Oleh: Ence Surahman
(Ketua pelaksana kegiatan)


UPI.
“One step to be a successful young entrepreneurs” itulah tema utama kegiatan “Young Entrepreneur Expo 2011” yang akan diselenggarakan oleh Mahasiswa pengontrak kuliah kewirausahaan di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UPI. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Kamis (26/05/2011), bertempat di area parkir FIP untuk bazar produk kuliah dan talkshow-nya dilaksanakan di ruang Auditorium FIP.
Dalam acara bazar nanti, akan di tampilkan semua produk dari 18 kelompok yang telah di hasilkan oleh para mahasiswa. Adapun gambaran acara yang akan di laksanakan dimulai jam 08.00 sampai jam 12.30 wib. Dengan rincian, bazaar jam 08.00-12.30 sejalan dengan kegiatan bazar, jam 09.00-12.30 diadakan acara talkshow yang akan dipandu oleh Kang Purwanto (penyiar radio swasta Di Bandung). Menghadirkan tiga pemateri , diantaranya Bapak Ir. Drs. Imam R. Martadiputra, M.Ba (Owner kelompok usaha Jatimas). Yang juga dulunya sempat menjadi mahasiswa teladan ketika kuliah di jurusan Teknik Sipil UPI.
Pemateri yang kedua Bapak Salman Azis Alsyafdi, S.kom (Owner franchise Warnet Gue Group) pemenang penghargaan nasional wirausaha muda mandiri 2007. Selanjutnya pemateri yang ketiga adalah Bapak Rendy Saputra (Owner “Saputra Empire Bisnis Group dan Bimbingan belajar NATC”).
Dalam talkshow nanti akan di kupas tuntas mengenai strategi memulai langkah bisnis (bisniss start up) dan upaya untuk mengembangkannya, sehingga bisnis yang dijalankan bisa sukses dalam waktu yang relatif singkat dengan omset yang menjanjikan.
Dalam acara nanti akan hadir Dekan FIP, beserta dosen di jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Acara ini terlaksana atas kerja sama antara panitia, Jurusun Kurtekpend dengan kelompok usaha Jatimas dan UPI tentunya. Selain itu akan hadir pula secara khusus mahasiswa PGSD yang sedang mengontrak kuliah kewirausahaan.
Secara umum, acara ini bertujuan untuk membekali mahasiswa untuk bisa membuat dan mengembangkan bisnis yang dimilikinya, tujuan yang kedua adalah untuk menyeimbangkan antara teori dan praktek dalam perkuliahan kewirausahaan, jadi tidak hanya capaian kognitif, melainkan afektif dan psikomotor juga, sebagaimana dalam teorinya Bloom. Harapan kami model dan metode pembelajaran semacam ini juga bisa dilakukan oleh dosen dan mahasiswa kewirausahaan di jurusan dan universitas lainnya.
Hal ini sangat penting, untuk menyiapkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan mandiri. Sehingga harapan kedepan semakin banyak para pengusaha sukses di negeri ini, yang nantinya akan menunjang pertumbuhan perekonomian bangsa dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa yang diamanahkan oleh presiden SBY ketika sambutan dalam acara puncak peringatan harkitnas dan hardiknas di Jakarta kemarin (20/5).
Berita ini, sekaligus undangan kepada seluruh akademika UPI, untuk bisa hadir dalam acara tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste