Langsung ke konten utama

Supercamp Pengurus Baru Program Tutorial PAI MKDU UPI 2011


Bandung,
Penyelenggara program tutorial Pendidikan Agama Islam (PAI) Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung telah melaksanakan agenda Supercamp pengurus yang baru menjabat. Kegiatan supercamp tersebut dilaksanakan sejak hari Rabu-Ahad, 06-10 Juli 2011 bertempat di pondok pesantren Riyadussalikin Desa Karangpawitan Kecamatan Padaherang Kabupatern Ciamis Jawa Barat.
Menurut pemaparan ketua penyelenggara Drs. Toto Suryana M.Pd, kegiatan supercamp adalah kegiatan yang sengaja dilaksanakan untuk membekali pengurus baru, sehingga para pengurus akan siap menerima dan menjalankan amanah yang di emabankannya. Selain itu berliau menambahkan bahwa supercamp PT bertujuan untuk memperkenalkan model pendidikan pesantren kepada para peserta, dan para peserta diharapkan untuk mencari dan mengadopsi pola dan maanjemen pendiidkan di duniai pesantren.
Menurut Ence Surahman ketua Pelaksana haraian Program Tutorial mengatakan bahwa kegiatan supercamp 2011 bertemakan “membentuk da’i tangguh dan berkarater”, sehingga harapanya setelah kembali ke kampus kegiatan, peserta dapat menjadi sosok dai tanggu dan berkarater yang dilandasi nilai-nilai edukatif, ilmiah dan relijius.
Kegiatan supercamp tersebut diikuti oleh sebanyak 54 orang, perwakilan dari kampus UPI pusat dan kampus daerah UPI. Hal ini dimaksudkan agar peserta dari UPI kamda-pun memiliki bekal yang sama dengan [engurus haraian di kampus UPI pusat.
Dalam rangakain acaranya, hadir para dosen UPI untuk memberikan materi, diantaranya Dr. H. Edi Suresman,M.Ag, Dr.H. Abas Assafah, M.Pd, Drs. Aam Abdussalam M.Pd, Drs. Toto Suryana, M.Pd, Drs. Udin Supriadi, M.Pd, dan beberapa dosen pembimbing kegiatan.
Kegiatan supercamp PT 2011 ini memberikan pengalaman yang begitu besar untuk para pengurus, misalnya testimony dari Achmad Faqihudin, “subhanallah dahsyat” kata peserta yang lebih akrab dikenal dengan sebutan Faqih.
Kegiatan supercamp PT selanjutnya akan dilaksanakan pada akhir tahun 2011 sekitar bulan Desember. Sejalan dengan prosesi pemilihan pengurus PT yang baru. Dan kata ketua penyelenggara Program Tutorial “kedepannya nanti peserta akan benar-benar di kondisikan dengan system pesantren. Artinya materi-materi yang dari dosen akan diberikan di kampus sebelum peserta diberangkatkan ke tempat supercampnya. Setelah itu peserta akan di lepas dan di pondokkan di pesantren. Sehingga harapanya chemistrynya bisa lebih mengena” ujar Pak Toto.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste