Langsung ke konten utama

Open your mind, and open your lock



Oleh ; Jaisyurrahman

Pembaca yang baik hati, senang rasanya kembali saya bisa bisa menyapa sahabat sekalian, lewat tinta digital dari notebook tercinta, saya bisa kembali berbagi sedikit pengalaman, secuil manfaat, yang semoga mampu memberikan berkah yang besar baik bagi saya juga untuk sahabat semua. Tentu tak lupa saya bertanya kabar sahabat, bagaimana kabarnya malam hari ini?, semoga kebaikan senantiasa menyertai semuanya, keluarganya diberikan kenikmatan sehat, kebutuhan sehari-harinya tercukupi, masalahnya teratasi dan kesulitannya di permudah, amin.
Baik, pembaca yang luar biasa, saya akan mulai ceritakan yang ingin saya bagi hari ini, tadi pagi menjelang siang tepatnya pukul 09.30an saya berangkat ke UPI Kampus Daerah Purwakarta untuk menghadiri undangan dari panitia pembukaan Program Tutorial Kamda Purwakarta, saya kesana untuk mengisi materi training yang di minta oleh panitia, dna saya harus menyampaikan materi training tentang terapi galau, wah, ketika sms permintaan mengisi materi saya terima, saya cukup kaget juga, harus menyampaikan materi yang cukup unik dan sensitif, hmm, tapi saya coba saja. semalaman saya nyari bahan di internet untuk membuat sajian materi yang saya sampaikan hari ini, dan alhamdulilllah akhirnya rampung juga.
Singkat cerita walau mobil yang saya naiki di terminal Leuwi Panjang ini cukup ngaret 45 menit, tapi Alhamdulillah saya bisa sampai di tempat 20 menit sebelum jadwal saya ngisi acara. Dan setelah shalat dzuhur akhirnya waktunya saya untuk mengisi training dihadapan sekitar 130 peserta yang sedang mengontrak mata kuliah PAI di Kamda Purwakarta. Pesertanya kebanyakan akhwat (perempuan), sementara ikhwannya hanya sekitar 20 orangan.
Sesi demi sesi materi telah terlewati, akhirnya tiba saat Tanya jawab peserta, sungguh luar biasa, pertanyaan yang diajukan sangat bagus semua, tapi Alhamdulillah semuanya masih bisa saya akali untuk dijawab, sekalipun saya sendiri berharap agar penanya tidak merasa puas, sehingga ia mau mencari lagi jawaban atas permasalahan yang ia pertanyakan.
Di akhir training sebelum saya tutup, saya mengajukan pertanyaan tantangan untuk para peserta training, saya Tanya begini “diantara peserta yang hadir hari ini, angkat tangan yang merasa siap berkarir tidak jadi guru SD selepas lulus kuliah?”, wah ternyata responnya cukup mengejutkan hati saya, hanya sekitar 10 % yang angkat tangan siap, sisanya pada kebingungan, mungkin mereka berpikir bahwa mereka sudah jelas karir kedepannya akan menjadi guru SD dan hanya guru SD, tanpa mengecilkan peran dan fungsinya yang sangat penting, siang itu saya hanya ingin menantang mereka saja, dan mencoba membuka cara berpikir mereka, ternyata masih sedikit yang otaknya sudah terbuka, kebanyakan punya keyakinan bahwa mereka akan jadi guru SD tidak yang lainnya.
Lalu saya bilang kepada mereka, “apakah tidak boleh alumni PGSD UPI selepas lulus jadi pengusaha? Apakah tidak boleh diantara kalian jadi direktur atau manajer sebuah perusahaan besar? Semua peserta tertegun memandang sekaligus menyimak pembicaraan saya, lalu saya kuatkan, “jangan pernah membatasi kemampuan dan kapasitas diri kita, pikirkan bahwa jalan kesuksesan dalam hidup kita bergitu terbuka lebar, banyak pintu sukses yang bisa kita tempuh, maka ketika kita tidak bisa jadi guru SD yang sukses, nantinya kita akan tetap semangat, dan kita akan tetap optimis, bahwa pintu kesuksesan hidup kita masih terbuka lebar, banyak peluang yang harus kita manfaatkan.
Untuk itu pesan saya untuk sahabat sekalian, mari kita buka pikiran kita, buka kunci gembok yang selama ini mengurung kita dalam kondisi seperti sekarang ini, biarkan ia liar bermimpi membangun cita-cita dan masa depannya, ingatlah bahwa kesuksesan kita hari ini adalah apa yang kita mimpikan masa lalu, dan mimpi kita hari ini adalah penentu masa depan kita kemudian.
Wallahu’alam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste