Langsung ke konten utama

Ayo maknai diri kita

Sobat yang mulia hatinya....^-^, hari kemarin saya mengikuti sebuah pelatihan tutor sebaya yang di gagas oleh Unit Pelaksana Teknis Layanan dan Bimbingan Konseling Universitas Pendidikan Indonesia, disana hadir pembantu rektr 1 dan 3, kemudian direktur akademik, kemudian ketua UPT LBK, bahkan ada juga sesi materi yang di sampaikan oleh sekretaris MUI Provinsi Jawa Barat, yang luar biasa adalah para pesertanya, yang membuat saya merasa banyak teman dan banyak sosok sahabat dalam berjuang.

Dari beberapa materi yang disampaikan oleh para pembicara, yang paling ingin saya bagi dalam tulisan ini adalah tentang makna diri kita. hmm apa maksudya gerangan?
langsung saja inti dari yang ingin saya tuliskan adalah adalah cintai diri sendiri niscaya engkau akan mampu menebarkan cinta kepada yang lain, lalu hargai diri sendiri niscaya anda telah menjadi orang yang berharga, lalu hormati diri sendiri karena dengan begitu anda layak menjadi orang yang terhormat, dan yang luar biasa penting adalah perbanyak bercermin lalu evaluasi hal-hal yang masih membuat anda belum layak untuk jadi pengusaha sukses, pelajar sukses, mahasiswa sukses, orang tua sukses, pedagang yang sukses, guru yang sukses, dosen yang sukses, ustazd yang sukses, pejabat yang sukses, pemimpin yang sukses, suami dan atau istri yang sukses, orang tua atau anak yang sukses, dan lain-lain..

Dari situ tahap selanjutnya adalah pandangi dan beri nilai yang positif terhadap potensi yang ada dalam diri anda, sembari memotivasi diri, langkah selanjutnya adalah berupaya istiqomah untuk mau melaksanakannya, semoga mimpi dan cita-cita kita bisa tercapai, amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste