Langsung ke konten utama

Cara Tepat untuk Menjadi Orang Hebat



Oleh : Jaisyurrahman


Apakah Anda kenal dengan Job Step Founder Apple? Atau apakah Anda mengenal nama Soichiro pemilik produk merk Honda yang produknya ada di seluruh dunia? Satu lagi kenal dengan nama Bill Gate, pemilik microsoft corporation yang mimpinya ingin ada windows dan produk microsoft di seluruh rumah di dunia. Yang di Indonesia ada nama Bob Sadino pengusaha yang gayanya sederana, atau Abu Rizal Bakri yang konon katanya terdaftar orang terkaya di negara hebat Indonesia, Pertanyaan  saya, apa yang membuat mereka bisa menjadi sehebat saat ini?
Berdasarkan teori marketing yang umum yang sudah pada dikenal, ada tiga kunci utama yang membuat seseorang yang luar biasa, baik dirinya, idenya, kreativitasnya, dan produk-produknya serta jasanya, sehingga bisa dikenal dan di nikmati manfaatnya oleh orang lain, 3 kunci luar biasa yang saya maksud adalah;
1.      Nilai tambah dari yang sudah ada
Pada tulisan saya sebelumnya, saya pernah menulis bahwa nilai tambah memiliki dampak yang luar biasa, nilai tambah (added value), merupakan point plus yang dimiliki seseorang yang tidak dimiliki oleh orang lain. Nilai tambah ini bisa dalam bentuk materi ataupun imateri, contohnya ide, gagasan, kreativitas, dan kemampuan diri yang menjadi karakter dirinya yang tidak ditemukan dalam diri orang lain. Ini kunci pertama ketika Anda mau menjadi orang hebat.
2.     Dikomunikasikan kepada orang yang tepat dalam jumlah yang banyak
Setelah Anda memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki oleh orang atau pihak lain, selanjutnya Anda perlu bahkan harus mengkomunikasikannya kepada orang lain. Ini kunci penting kedua, dan sangat besar pengaruhnya, dalam perkembangan diri Anda, bayangkan kalau Anda punya kemampuan menulis namun tidak pernah mengkomunikasikan kepada orang lain, pastinya orang lain tidak akan mengetahui bahwa Anda jago menulis. Contoh lain kalau Anda memiliki kemampuan public speacking namun tidak pernah dipromosikan kepada orang lain, maka saya yakin bahwa Anda tidak akan ada orang lain yang mengetahui dan tertarik dengan kecakapan Anda. So kunci intinya komunikasikan kepada orang lain. Jangan pernah malu untuk melakukannya. Satu lagi yang penting, untuk hasil yang optimal maka pastikan komunikasikan kepada orang tepat yang jumlahnya banyak.
Coba Anda jika Job Step tidak pernah mempromosikan produk Applenya, mungkin tidak orang akan mengenalinya? Bill tidak pernah mengkomunikasikan produknya, mungkinkah ia akan menjadi orang terkaya di dunia? Tentu tidak mungkin. So, do promotion!
3.     Komunikasikan dengan cara dan media yang tepat
Satu lagi kunci yang harus Anda gunakan adalah mengkomunikasikan dengan cara yang tepat, Anda bayangkan promosi produk impor ke daerah pedalaman dengan langsung menghadirkan bagian marketing dari negara aslinya, yang tentu ia tidak banyak tahu adat istiadat orang setempat. Contoh lain mempromosikan produk via internet kepada calon konsumen didaerah yang belum ada listrik disana. Bayangkan bagaimana bisa itu terjadi. Artinya pemilihan media dan cara yang tepat dalam mempromosikan nilai tambah Anda menjadi hal penting yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan Anda.
Demikian yang saya ingin share melalui tulisan ini, semoga bermanfaat, saya sampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Darmawan Aji yang telah menginspirasi topik yang saya bagi kepada Anda ditulisan ini.
Selamat menjadi orang yang hebat dengan cara yang tepat, miliki nilai tambah, lalu komunikasikan kepada orang yang tepat dalam jumlah yang banyak dengan menggunakan cara dan media yang tepat. Do Act now, and Get Succes soon!

Galeria Ciumbuleuit Bandung, 11 Mei 2012 

Komentar

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste