Oleh : Jaisyurrahman
Apakah Anda kenal dengan Job Step Founder Apple? Atau apakah
Anda mengenal nama Soichiro pemilik produk merk Honda yang produknya ada di seluruh dunia? Satu
lagi kenal dengan nama Bill Gate, pemilik microsoft corporation yang mimpinya
ingin ada windows dan produk microsoft di seluruh rumah di dunia. Yang di
Indonesia ada nama Bob Sadino pengusaha yang gayanya sederana, atau Abu Rizal
Bakri yang konon katanya terdaftar orang terkaya di negara hebat Indonesia,
Pertanyaan saya, apa yang membuat mereka
bisa menjadi sehebat saat ini?
Berdasarkan teori marketing yang umum yang sudah pada
dikenal, ada tiga kunci utama yang membuat seseorang yang luar biasa, baik
dirinya, idenya, kreativitasnya, dan produk-produknya serta jasanya, sehingga
bisa dikenal dan di nikmati manfaatnya oleh orang lain, 3 kunci luar biasa yang
saya maksud adalah;
1.
Nilai tambah dari yang sudah ada
Pada tulisan saya sebelumnya, saya pernah
menulis bahwa nilai tambah memiliki dampak yang luar biasa, nilai tambah (added
value), merupakan point plus yang dimiliki seseorang yang tidak dimiliki oleh
orang lain. Nilai tambah ini bisa dalam bentuk materi ataupun imateri,
contohnya ide, gagasan, kreativitas, dan kemampuan diri yang menjadi karakter
dirinya yang tidak ditemukan dalam diri orang lain. Ini kunci pertama ketika
Anda mau menjadi orang hebat.
2.
Dikomunikasikan kepada orang yang
tepat dalam jumlah yang banyak
Setelah Anda memiliki nilai tambah yang
tidak dimiliki oleh orang atau pihak lain, selanjutnya Anda perlu bahkan harus
mengkomunikasikannya kepada orang lain. Ini kunci penting kedua, dan sangat
besar pengaruhnya, dalam perkembangan diri Anda, bayangkan kalau Anda punya
kemampuan menulis namun tidak pernah mengkomunikasikan kepada orang lain,
pastinya orang lain tidak akan mengetahui bahwa Anda jago menulis. Contoh lain
kalau Anda memiliki kemampuan public
speacking namun tidak pernah dipromosikan kepada orang lain, maka saya
yakin bahwa Anda tidak akan ada orang lain yang mengetahui dan tertarik dengan
kecakapan Anda. So kunci intinya komunikasikan kepada orang lain. Jangan pernah
malu untuk melakukannya. Satu lagi yang penting, untuk hasil yang optimal maka
pastikan komunikasikan kepada orang tepat yang jumlahnya banyak.
Coba Anda jika Job Step tidak pernah mempromosikan
produk Applenya, mungkin tidak orang akan mengenalinya? Bill tidak pernah
mengkomunikasikan produknya, mungkinkah ia akan menjadi orang terkaya di dunia?
Tentu tidak mungkin. So, do promotion!
3.
Komunikasikan dengan cara dan media yang
tepat
Satu lagi kunci yang harus Anda gunakan
adalah mengkomunikasikan dengan cara yang tepat, Anda bayangkan promosi produk
impor ke daerah pedalaman dengan langsung menghadirkan bagian marketing dari
negara aslinya, yang tentu ia tidak banyak tahu adat istiadat orang setempat. Contoh
lain mempromosikan produk via internet kepada calon konsumen didaerah yang
belum ada listrik disana. Bayangkan bagaimana bisa itu terjadi. Artinya pemilihan
media dan cara yang tepat dalam mempromosikan nilai tambah Anda menjadi hal
penting yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan Anda.
Demikian yang saya ingin share melalui tulisan ini, semoga
bermanfaat, saya sampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pak
Darmawan Aji yang telah menginspirasi topik yang saya bagi kepada Anda ditulisan ini.
Selamat menjadi orang yang hebat dengan cara yang tepat, miliki nilai tambah, lalu komunikasikan
kepada orang yang tepat dalam jumlah yang banyak dengan menggunakan cara dan
media yang tepat. Do Act now, and Get Succes soon!
Assalamu'alaikum..
BalasHapusGet better more and more tulisannya kang.
thanks.. sip...
Hapus