Langsung ke konten utama

Ku Putuskan untuk Hidup Sukses


Oleh : Ence Surahman

Setiap kali saya mengisi training motivasi, baik di level pelajar SMA ataupun mahasiswa dari berbagai kampus dengan latar belakang dan fokus keilmuan yang berbeda saya mendapati satu kesamaan, tatkala saya tanyakan kepada mereka “Mohon angkat tangan bagi yang tidak mau sukses?”, maka tidak ada satupun yang mengangkat tangannya, yang ada wajah penuh tanya aneh dengan pertanyaan saya, namun ketika saya ajukan pertanyaan “kalau begitu tolong angkat tangannya setinggi mungkin bagi yang mau sukses?”, maka dengan serentak semuanya angkat tangan, sembari tersenyum manis pasang wajah penuh optimis.
Kalau boleh saya menebak, jika saya ajukan pertanyaan kepada Anda yang membaca tulisan ini, “apakah Anda mau sukses?” maka saya yakin seyakin-yakinnya bahkan Anda juga akan menjawab dengan penuh keyakinan “tentu dong, saya ingin dan harus sukses”. Walaupun kalau saya lanjutkan tebakannya boleh jadi ada Anda yang sudah menyadari maksud ungkapan sukses yang Anda inginkan atau mungkin masih ada Anda yang ingin sukses walaupun masih bingung sukses seperti apa, kapan, dimana? Dalam bidang apa? Seberapa ukuran kesuksesan yang Anda inginkan? Dengan siapa Anda akan melakukannya, mau kapan memulai langkah suksesnya, lalu bagaimana cara mendapatkannya?.
Apapun keadaan Anda hari ini, maka saya layak memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya karena setidaknya Anda sudah memiliki modal utama untuk melangkah menuju kesuksesan hidup yang akan Anda dapatkan. Niat baik untuk sukses merupakan syarat pertama yang harus dimiliki, dan niat itulah yang akan mengantarkan pada langkah-langkah berikutnya. Saya termasuk orang yang ragu seragu-ragunya apabila ada orang yang mencapai sebuah keadaan sukses dalam hidupnya padahal ia sedikit pun tidak pernah menginginkan atau memimpikan hal tersebut.
Sahabat yang baik hati, kekuatan kita dalam menentukan sebuah keputusan merupakan perkara penting yang tidak boleh dikesampingkan dalam hidup kita, mau jadi apa kita, seperti apa, kelak mau  tinggal dimana? Dirumah yang seperti apa, dengan siapa, Anda mau mempunyai berapa nominal penghasilan atau passive income seperti apa yang Anda inginkan, kalaulah Anda memimpikan menjadi pengusaha, usaha apa yang akan dijalankan, atau kalau menginginkan menjadi ilmuan, dalam bidang apa Anda menjalaninya, kalau bermimpi menjadi akademisi, dimana Anda akan menjalaninya, bahkan seandainya Anda menginginkan menjadi seorang entertainer, dalam bidang apa Anda akan mengelutinya, ketika Anda ingin menjadi seorang politisi, politisi seperti apa dan partai apa yang akan Anda ikuti, semuanya benar-benar mewajibkan penjelasan yang mendetail dari Anda. Inilah yang disebut dengan rencana hidup sukses (success life planing) Anda.
Maka dari itu, mumpun kita masih punya waktu, kita masih didunia maka kita masih punya waktu dan kesempatan, tak peduli berapapun usia Anda hari ini, saya ingin mengingatkan bahwa selama Anda masih di dunia, itu berarti peluang Anda untuk hidup sukses masih sangat terbuka lebar, maka jangan sesekali kita pesimis, dan berpikir tidak bisa hidup sukses, hanya karena Anda telah menjelang masa tua, apalagi bagi Anda yang masih muda, masih remaja, menyusun rencana hidup sukses merupakan keharusan yang menuntut untuk segera di lakukan.
Jangan sampai suatu hari nanti ketika Anda mengingjak usia senja, baru menyadari penyesalan yang mendalam, bukan karena hidup dan keadaan Anda yang seadanya, bukan pula karena pada saat itu Anda tidak berpangkat, bertahta, berharta, berilmu, berkedudukan, melainkan Anda menyesal karena Anda tidak pernah merencanakan risalah hidup sukses Anda, menyesal karena tidak sempat memimpikan keadaan saat itu. Ingat sesungguhnya kita hanya wajib berusaha secara maksimal, urusan hasil dan keputusan akhir yang terbaik kita serahkan sepenuhnya kepada Allah Sang Maha Penentu. Dan jangan lupa satu hal, kesuksesan terbaik yang seharusnya Anda lebih dulu rencanakan adalah hidup sukses dipandangan Allah, sehingga Anda layak mendapati balasan terbaik yakni kebahagiaan di surga-Nya kelak, Wallahu’alam, semoga bermanfaat. Aamiin.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste