Langsung ke konten utama

In House Training SDM Daarul Qur’an Bandung Membedah Rancangan Kurikulum 2013



Puluhan ustadz dan ustadzah Sekolah Daarul Qur’an Bandung hadir bersama dalam agenda in house training yang sengaja diselenggarakan oleh Yayasan Daarul Qur’an Bandung, Kamis, 21 Februari 2013 di Kampus Daarul Qur’an Bandung.
Kegiatan yang menghadirkan pembicara Bapak Drs.H.M. Bakri Nasir, MA, mengupas tuntas tentang Wawasan Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Berbasis Peraturan Perundang-Undangan Acuan Untuk Membedah Rancangan Kurikulum 2013.
Drs. H.M. Bakri Nasir, MA putra minang yang sempat mengenyam pendidikan strata dua (S2) Di MacQuarie University – Sydney Australia juga pernah ditugasi sebagai assesor sertifikasi guru dalam jabatan untuk rayon 9 – UNJ, kemudian dosen profesional bidang ilmu Pendidikan Teknik Elektro pada FT – UNJ serta sebagai Fasilitator Bimbingan Teknis Implementasi KTSP SMK Tingkat Nasional.
Kegiatan ini dilaksanakan untuk membekali kesiapan wawasan SDM Daarul Qur’an terhadap rencana pembaharuan kurikulum pendidikan nasional yang saat ini masih dalam proses sosialisasi. Sebagaimana yang disampaikan oleh Wakil Direktur Sekolah Daarul Qur’an Bandung Bapak Rizki Aminullah, S.Si, “Kegiatan hari ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang rancangan kurikulum 2013, sehingga kita bisa mengetahui kejanggalan-kejanggalan dalam perancangannya”, ujar Ust. Rizki.
Suasana pematerian penuh dengan kehangatan, terlebih ketika sesi diskusi dimulai, para peserta terlibat aktif berdiskusi dengan pemateri. Bahkan saking semangatnya para peserta, selepas acara ditutup masih ada beberapa peserta yang melanjutkan sesi diskusinya. (Nc-DQ)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste