Langsung ke konten utama

Ringkasan LPJ Pengurus KMP UNY 2015



Dok : Penyampaian LPJ oleh Ketua KMP UNY 2015


Segala puji dan syukur kita panjatkan kekhadirat Allah SWT, shalawat dan salam kepada manusia teladan sepanjang masa Nabi Muhammad SAW. Laporan Pertanggungjawaban merupakan kewajiban terakhir kami sebagai Pengurus KMP UNY 2015. Secara umum yang perlu kami laporkan berkaitan dengan Program Kerja yang direncanakan, kemudian yang terlaksana dan yang tidak terlaksana. Selanjutnya laporan keuangan yang kami serap dari Pascasarjana dan kami belanjakan untuk membiayai semua program kerja selama satu tahun kepengurusan.
Secara resmi Ketua Umum KMP UNY 2015 terpilih dalam agenda Mubes II tanggal 11 Januari 2015. Kemudian secara resmi pengurus KMP UNY 2015 dilantik pada tanggal 7 Maret 2015 oleh Pimpinan UNY yang diwakili oleh WR 1 dan WR 3 serta dihadiri oleh pimpinan PPs dan Pembina KMP Serta undangan dari BEM, DPM REMA dan BEM Fakultas di lingkungan UNY. Dalam agenda pelantikan tercatat ada 67 pengurus yang resmi dilantik.

Dok : Pelantikan Pengurus KMP UNY 7 Maret 2015

Kami menamai Pengurus KMP UNY 2015 dengan sebutan SUPER TEAM yang merupakan akronim dari value organisasi yang kami bangun. SUPER TEAM merupakan singkatan dari tata nilai Saintific, Usefull, Profesional, Empowering, Responsibility, Trust, Excelent, Achieving dan Moving Forward. Semuanya mengandung  makna yang menjadi pondasi tata nilai yang dibangun dalam roda kepengurusan. Selain itu KMP UNY 2015 membawa visi “Terwujudnya KMP UNY yang solid, unggul dan profesional dalam bidang riset dan pengembangan ilmu pendidikan yang berbasis nilai ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikiaan”. Dengan demikian inti misi yang dibawa adalah membangun budaya ilmiah di lingkungan PPs UNY (culture reseach).  
Dalam merancang program kerja kepengurusan, kami menggunakan pendekatan analisis kebutuhan konstituent melalui upaya menyebar angket harapan dan kebutuhan layanan dan program dari KMP UNY dengan model Logical Framework Analisis (LFA). Model LFA memudahkan kami dalam merancang dan mengembangan tujuan dan target kepengurusan serta strategi yang kami lakukan dalam mencapai visi dan misi yang kami sepakati. Pendekatan LFA memudahkan proses evaluasi keberhasilan kepengurusan, karena target dan indikator keberhasilan yang sudah terukur dari awal kepengurusan.
Selama 8 bulan masa kerja efektif kepengurusan KMP UNY, terdapat 64 program kerja yang direncanakan untuk mencapai target kepengurusan, dan 53 diantaranya berhasil dilaksanakan atau sebesar 82,81 %  dan 11 diantaranya tidak dapat terlaksana atau sebesar 17,19 %. Beberapa program kerja yang tidak terlaksana kebanyakan terkendala dengan kurang matangnya konsep dan kesiapan pengurus untuk melaksanakannya, disamping belum terlalu kuatnya analisis kebutuhan di lapangan, sebagai contoh program pengadaan buku kenangan masing-masing angkatan yang dirancang di bidang Kewirausahaan, setelah coba disurvei kepada beberapa mahasiswa, mayoritas menjawab belum terlalu butuh. Disamping ada juga program yang tidak terlaksana karena cukup memerlukan dana yang besar seperti program Apresiasi Seni Mahasiswa Pascasarjana yang direncanakan berupa konser musik.
Sementara itu dari 53 program yang terlaksana, 22 diantaranya atau sebesar 41,51% mengajukan anggaran kepada PPs UNY dan berhasil didanai sebesar Rp. 43.117.500, sedangkan program-program lainnya kebanyakan dengan menggunakan swadana dari pengurus dan peserta kegiatan yang dilaksanakan. Sebagai contoh program minat bakat untuk memperat kekeluargaan Mahasiswa PPs UNY berupa futsal, Paintball, Upgrading sambil mancing, kunjungan ke panti asuhan, dan lain-lain. Sehingga tercatat uang yang digunakan untuk swadana kegiatan oleh pengurus mencapai lebih dari Rp. 20.000.000.
Dok : Halal Bihalal Pengurus KMP UNY 2015

Fokus garapan pengurus KMP UNY 2015 adalah membangun budaya riset baik dikalangan mahasiswa maupun dosen di lingkungan PPs UNY. Disamping itu tahun ini coba kami perkokoh jaringan internal dan eksternal. Di internal kami bangun sinergi dengan BEM REMA, DPM REMA, DPM Fakultas, UKM Penelitian UNY. Sedangkan di eksternal kami bangun sinergi dengan Lembaga serupa diantaranya HMP UGM, KMP Biologi UGM, HIMMPAS Indonesia, Forum Wacana IPB dan Forum Mahasiswa Pascasarjana Indonesia.
Selain itu kami juga mulai menjejaki kerjasama dengan beberapa media, diantaranya Radio RRI Pro2 Jogja, Radio MQ FM Jogja, dan Media Cetak Kedaulatan Rakyat. Selain itu kami rapikan media online kami berupa website yang menggunakan domai UNY yakni di alamat kmp.student.uny.ac.id, kemudian kami perbanyak berita kegiatan di web PPS, UNY, dan beberapa portal online lainnya. Kami juga memberdayakan keunggulan sosial media melalui facebook, twitter dan instagram sebagai media komunikasi online kami dengan khalayak umum. Bahkan mulai kepengurusan 2015 digagas pembuatan Video Profil KMP UNY dan beberapa video yang kami buat dalam beberapa acara yang kami selenggarakan, yang semuanya dapat dilihat di youtube dengan kata kunci “KMP UNY”.
Di internal kepengurusan kami benahi standar operasional administrasi, standar operasional keuangan, dan mekanisme kaderisasi calon pengurus baru KMP UNY melalui program magang bidang dengan proses open rekruitment yang dilakukan secara online, sehingga data pengurus dan calon pengurus berhasil kami arsipkan dengan rapi.

Dok : Evaluasi Panitia Keg. Mubes III KMP UNY

Terakhir kami pengurus KMP UNY 2015 menyampaikan terimakasih kepada semua mahasiswa PPs UNY, kemudian bapak dan ibu Dosen, Bapak dan Ibu Pembicara dalam agenda yang kami laksanakan, kepada para karyawan PPs UNY yang sudah sering direpotkan, terutama terimakasih kami sampaikan kepada jajaran pimpinan PPs UNY yang sudah memberikan dukungan baik moril maupun materil untuk keberlangsungan kepengursan kami KMP UNY 2015. Dan kami sampaikan mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan yang pernah kami perbuat baik disengaja maupun tidak disengaja. Semoga dapat dimaafkan. InsyaAllah peserta magang 2015 yang sudah kami bina selama program magang di KMP UNY, mereka siap untuk melanjutkan karya dan pengabdian dalam rangka menghidupkan program kemahasiswaan di lingkungan PPs UNY.

Demikian ringkasan laporan pertanggungjawaban SUPER TEAM Pengurus KMP UNY 2015. Bagi civitas PPs UNY yang mau membaca dan mempelajari LPJ selengkapnya, dapat mengunjungi sekretariat KMP UNY di Gedung PPs lama Lantai 1.5 atau dapat menghubungi langsung via email ncislam4ever@gmail.com terimakasih. (Ence Surahman, S.Pd) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste