Langsung ke konten utama

CATATAN SEMINAR “PENGUASAAN TEKNOLOGI PENGAMANAN DATA UNTUK KEAMANAN NEGARA”

ITS, 07 OKTOBER 2010,
Buliding a smarter planet
IBM

THE WORLD IS SMALLER AND PLATTER
Saat ini banyak terjadi perubahan. Hal ini sebagaimana hasil penelitian olrh IBM bahwa setiap 2 tahun sekali 8 dari 10 CEO mereka semakin awar untuk merupakan perubahan.
Three I:
 Instrumented (terlengkapi)
 Interconected (keterhubungan)
 Intelegent (semakin pintar)
Hal ini adalah resource untuk oppotunity masa depan yang baik secara ekonomi, sosial, and technologi
4 hal yang ada dalam smarter planet:
1. New intelegence
2. Green and beyond
3. Smar work
4. Dinamic infrastuctur (a smarter planet enable
Apa yang sedang terjadi dalam dunia pintar kita?
Lalau apa yang harus kita lakukan:
1. Focus on value
2. Exploit opportunities
3. Act with speed

Saat ini kita masih dalam revolusi informasi, what will become the next?





SECOND SPEACKER:
Pak INU Dosen Teknik Mesin ITS: wikantiyono@gmail.com
System Sales Spesialist-IBM Indonesia

“INFORMATION SECURITY STACK
FROM DISK TO APPLICATION”
KEAMANAN data diperlukan dikarenakan oleh keinginan kita untuk saling berbagi informasi.
Two tipes of information:
1. Security information
2. Public information
Information movement:
1. Storage
2. Exchange to other
The evolution of information storage
Abad 19 on the paper
Abad 20 on the disk
Abad 21 direct to digital far sharing, we can save in the global disk (internet)

Instrumented and interconected world, semakin mudah kita melakukan informasi maka akan semakin mudah orang mengetahui tentang diri kita.
Market internet yang paling besar dikalangan remaja dan dewasa awal, namun dari sisi lain hal itu sangat menghawatirkan untuk moral orang lain.
Security data:
1. Phisical (blue print IT system)
Phisical scurity
a. Location (tempat)
b. Policy (Kebijakan siapa saja yang boleh masuk ketempat penting)
c. Monitoring (we can use CCTV)
d. Audit
2. Logical (Hacker)
On the storage data, we can to use back up data and use second server for saving data.
Two tipe of Logical Threats:
1. Internal (karyawan, mahasiswa)
2. External (user, visitor dll)

Logical security outside system:

Build a Secure IT system
1. System architect: physical and logical
2. Network architect : physical adn logical
3. Aplication and database architect: logical
4. Datacenter arcchitect: physical

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste