Persentasi kelopok 7; (Diah, Yasir dan Tri)
Menurut syayidina Ali Ra.
Ada 3 tahap pendidikan Islam oleh diah;
1. Tahap BERMAIN (“la-ibuhum”/ajaklah mereka bermain), dari lahir sampai kira-kira 7 tahun.
2. Tahap PENANAMAN DISIPLIN (“addibuhum”/ajarilah mereka adab) dari kira-kira 7 tahun sampai 14 tahun.
3. Tahap KEMITRAAN (“roofiquhum”/jadikanlah mereka sebagai sahabat) kira-kira mulai 14 tahun ke atas.
Ada 8 pilar pendidikan anak; oleh Yasir;
1. Pendidikan keimanan
2. Pendidikan akhlak
3. Pendidikan ibadah yang benar
4. Pendidikan fikroh/pemikiran
5. Pendidikan fisik anak
6. Sosial
7. Pendidikan Kejiwaan
8. Pendidikan Kejenisan (seksual)
Metode mendidik anak; oleh ; Tri.
Ada 5 metode dalam islam;
1. Keteladanan
Bermusyawarah, berdiskusi, memberikan contoh.
2.
Hambatan dalam pendidikan anak;
1. Internal
Sumbernya dari orang tua, kecakapan orang tua akan menentukan keberhasilan pendidikan anak
2. Ekternal
Lingkungan tempat anak berada, baik disekolah, ditempat permainan, dll.
Urgensi mendidik anak;
1. Sebagai muslim ingin melahirkan kader-kader yang militan,
2. Pendidikan akan lebih mudha diterapkan ketika masih anak-anak.
3. Menyiapkan individu untuk dapat beribadah kepada Allah. (aisyah abdurahman)
Menurut syayidina Ali Ra.
Ada 3 tahap pendidikan Islam oleh diah;
1. Tahap BERMAIN (“la-ibuhum”/ajaklah mereka bermain), dari lahir sampai kira-kira 7 tahun.
2. Tahap PENANAMAN DISIPLIN (“addibuhum”/ajarilah mereka adab) dari kira-kira 7 tahun sampai 14 tahun.
3. Tahap KEMITRAAN (“roofiquhum”/jadikanlah mereka sebagai sahabat) kira-kira mulai 14 tahun ke atas.
Ada 8 pilar pendidikan anak; oleh Yasir;
1. Pendidikan keimanan
2. Pendidikan akhlak
3. Pendidikan ibadah yang benar
4. Pendidikan fikroh/pemikiran
5. Pendidikan fisik anak
6. Sosial
7. Pendidikan Kejiwaan
8. Pendidikan Kejenisan (seksual)
Metode mendidik anak; oleh ; Tri.
Ada 5 metode dalam islam;
1. Keteladanan
Bermusyawarah, berdiskusi, memberikan contoh.
2.
Hambatan dalam pendidikan anak;
1. Internal
Sumbernya dari orang tua, kecakapan orang tua akan menentukan keberhasilan pendidikan anak
2. Ekternal
Lingkungan tempat anak berada, baik disekolah, ditempat permainan, dll.
Urgensi mendidik anak;
1. Sebagai muslim ingin melahirkan kader-kader yang militan,
2. Pendidikan akan lebih mudha diterapkan ketika masih anak-anak.
3. Menyiapkan individu untuk dapat beribadah kepada Allah. (aisyah abdurahman)
Komentar
Posting Komentar
You can give whatever messages for me,,