Langsung ke konten utama

CATATAN KULIAH SPJJ PERSENTASI KEL IV TENTANG PENILAIAN DALAM SPJJL

PENILAIAN DALAM SPJJ
Oleh Kelompok IV;
Agus, Aprima, Murliati, Prasassti, Tiara dan yuren Sasiska.
SISTEMATIKA PENILAIAN
1. Penyiapan abhan, ruang dan pengawas ujian
2. Pelaksanaan ujian
3. Pengiriman hasil ujian


Pengertian evaluasi dalam SPJJ;
Evaluasi adalah suatu usaha untuk mengukur dan memberi nilai secara obyektif untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan suatu proses.
Sesi tanya jawab:
1. Dari Afief :Evaluasi yang baik yang seperti apa yang mampu memberikan validitas dan kepercayaan peserta yang dievaluasi?
Jawaban dari Mba Yuren:
Antara penilaian PJJ dengan konvensional ada standar penilain tersendiri.
Bagaimana standar dan jaminan kelulusan peserta.

2. Ence ; Perbedaan yang secara spesifik antara evaluasi konvensional dan PJJ?
Pada dasarnya hampir sama, tergantung model pjj yang digunakan karena ada model yang semi PJJ dan ada juga yang full pjj.

Menurut Aprima:
Porsesnya menggunakan media di internet.
Ada divisi yang mengurusi proses penilasian.
3. Bagaimana menanggapi proses penilaian dalam PJJ dikhawatirka dnegan tidak hadirnya pengawas ditempat ujian, hasilnya tidak valid dan tidak dapat dipertanggungjawabkan, karena mungkin saja peserta melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak seharusnya.
Penambahan dari Pak Deni:
Pada dasarnya evaluasi anatara pJdan Konvensional secara prinsipil sama. Ada lisan, tulisan, dengan media ada media online atau ada proses offline.
Maka stratgeinya harus ada yang mengawasi secara langsung ditempat ujian. Dimana seluurh peserta ujian dikumpulkan secara bersama lalu diberikan soal-soal ujian.
Apakah peserta yang lulus ujian lewat pjj memiliki kesetaraan dengan peserta yang melalui proses konvensional. Selama mutu prosesnya terjaga maka masih bisa sama.

Dalam proses evaluasi, tutor kurang terlalu dilibatkan, melainkan dilakukan langsung oleh dosen,
Peran tutor sebagai asisten dosen.
Tutor tidak sama dengan asisten dosen. Tutor adalah pembimbing mahasiswa yang membantu memecahkan masalah yang dihadapi oleh pelajar. Dan tutor tidak boleh mengajar. Karena mengajar adalah tugasnya dosen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste