Langsung ke konten utama

Motivasi itu, kunci sukses



Oleh : Jaisyurrahman

Kali ini saya ingin menuliskan sebuah pengalaman yang begitu mengagumkan hati saya, inspirasi yang saya peroleh dari sosok anak kecil yang luar biasa. Saya ingin berbagi dengan sahabat yang luar biasa, semoga akan memberikan manfaat, baik sebagai sarana untuk menyadarkan diri atau bahkan sebagai pemantik motivasi untuk meraih setiap mimpi-mimpi sahabat dalam hidupnya.
Baik begini ceritanya, di hari minggu yang cerah, setelah semalam saya baru saja tiba dari kota debus, pagi yang berat untuk memulai hari-hari dengan bahagia, mengingat lelah kemarin yang masih melekat di dalam jiwa, namun ku coba mengalahkan kemalasanku dengan segera keluar kamar untuk menghirup udara segar pagi yang cerah, sungguh matahari pagi itu begitu indah mengesankan mata. Ya pagi ini seorang teman mengajak untuk jogging di stadion kampusku,
Singkat cerita joggingpun dimulai, selain kami banyak juga orang lain yang sedang jogging, terlihat beberapa orang yang saya kenal, namun ada satu anak kecil yang membuatku tertarik, anak kecil itu bernama Defan, ketika aku Tanya ia baru berusia 4 tahun, tentu lucu sekali, anak kecil itu juga sedang berlari bersama orang tuanya yang masih tertinggal di belakangnya.
Saya  coba goda anak itu dengan mengajak berlari bersama, saya mulai jurus pertama “hai, wah larinya cepat sekali, hebat nieh, lari bareng dengan om yuk” ajak saya kepada anak yang terlihat begitu ceria, akhirnya ia pun mencoba menyamakan kecepatan larinya, lalu ku Tanya “ siapa namanya nieh” dengan singkat ia menjawab “defan”, “ berapa tahun usianya?’ Tanya saya lagi, dengan singkat lagi ia jawab “4 tahun”, setelah itu saya coba motivasi ia, “defan larinya cepat sekali, udah cakep larinya juga bagus, ayo semangat lawan om untuk lari bareng, defan pasti juara” wah luar biasa, ia menambah kecepatannya, dan saya terus motivasi “ ayo fan, perpajang langkahnya, tambah lagi kecepatannya, defan ini luar biasa”, ia semakin termotivasi.
Dan luar biasa, setengah lapangan stadion yang berjarak 500 meter itu telah ia lewati tanpa tertinggal dari kecepatan lari saya, ia terus berlari, walaupun saya lihat sudah mulai cape, terdengan dari nafasnya yang semakin cepat, namun ia tetap tersenyum, semakin saya berikan motivasi, maka semakin cepatlah larinya, sungguh satu putaran ia berhasil bareng saya yang dari sisi usia terpaut jauh. Bahkan anak kecil4 tahun ini telah meninggalkan teman saya yang dibelakang.
Sahabat yang baik, pengalaman itu memberikan banyak arti untuk saya, saya menyimpulkan bahwa orang-orang yang sukses adalah orang yang memiliki motivasi, baik motivasi yang muncul dari internal dirinya, ataupun motivasi yang datang dari luar dirinya, maka orang yang hidupnya dalam garis rata-rata, saya kira mereka yang motivasinya juga rata-rata, sebagaimana peserta jogin lain, selain defan. Untuk itu, kalau kita mau jadi orang sukses, maka hal pertama yang tidak boleh kita lewatkan adalah kekuatan motvasi dalam diri kitanya.
Selamat sahabat, semoga kita tergolong orang-orang yag berani optimal dalam setiap peluang sehingga mampu tampil menjadi pribadi yang luar biasa, ingatkah, sukses adalah hak setiap orang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste