Langsung ke konten utama

Stop Menyalahkan Orang lain!


Oleh : Jaisyurrahman

Sahabat yang budiman, senang rasanya saya kembali bisa menyapa sahabat lewat tulisan ini, kita memang pantas untuk selalu bersyukur, karena Tuhan yang Kuasa, tidak pernah menghentikan pemberian nikmatnya kepada kita, buktinya mata kita masih bisa melihat, telinga kita masih bisa mendengar, mulut kita masih bisa berbicara, tangan kita maish bisa bergerak, kaki kita masih bisa melangkah, bahkan jantung kita masih bisa berdetak, kitapun masih bisa menghirup udara tanpa harus memikirkan tagihan bulanan dari tariff nafas kita. ^-^. Padahal kalau kita mau menghitungnya berapa cc oksigen yang kita hirup perhari, lalu kalau kita kalikan dengan masa usia kita, lalu di hargakan tentu harganya akan sangat memberatkan kita.
Nah, pada tulisan ini, saya ingin berbagi, tentang pesan hidup yang rasanya memang harus kita pahami dan bahkan harus kita jadikan prinsip hidup kita, agar kita senantiasa bahagia, bukankah yang sesungguhnya kita cari adalah kepuasan dan kebahagiaan, maka pesan hidup dibawah ini sangat penting untuk sahabat baca, kemudian renungkan lalu lakukan dalam hidup.
Pada suatu kesempatan saya diminta oleh Bapak Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan Universitas Pendidikan Indonesia untuk menjadi master of ceremony merangkap moderator dalam sebuah pertemuan para pejabat unisersitas yang dihadiri oleh rector, kemudian Pembantu Dekan bidang akademik dan kemahasiswaan, ketua jurusan dan prodi, serta humas universitas. Dalam acara rapat koordinasi kemahasiswaan.
Pada saat mengawali penyampaikan profil kemahasiswaan untuk tahun 2011 dan rencana program untuk tahun 2012, pembantu rector bidang kemahasiswaan sedikit menyinggung peramasalahan yang sedang terjadi di bangsa kita, beliau menganalogikan, saking banyaknya permasalahan yang dihadapi bangsa ini, bagaikan tubuh yang sakit seluruhnya, ia mempraktekan, permasalahan bangsa kita bagaikan kita memijit kaki, kita merasa sakit seluruh tubuh, ketika telujuk kita memijit lutut, tubuh kita juga seoalh merasa sakit, bahkan ketika kita memijit bagian perut, kita juga merasa sakit, sampai setiap organ yang kita pijit dengan telunjuk kita, seolah-olah seluruh tubuh dalam keadaan sakit.
Padahal kalau kita mau lebih teliti, ternyata yang sakit itu bukan seluruh tubuh, tapi hanya ujung telunjuk yang kita gunakan untuk memijit tadi. Karena telunjuknya sedang sakit, dengan begitu kita merasa semua tubuh yang di pijit dengan telunjuk tadi rasanya sakit semua.
Nah begitupun dengan kita, mari kita biasakan bersikap objektif, kemudian kita hilangkan kebiasaan menyalahkan orang lain, dengan telunjuk kita, sebaiknya kita perbanyak instrospeksi diri kita, analoginya sebaiknya kita sembuhkan ujung telunjuk tajam kita untuk segera di obati agar cepat sembuh.
Ini sangat penting sahabat yang baik hati, kebiasaan kebanyakan orang di negeri ini adalah senang mengkritik tapi tidak memberikan solusi dari permasalahan yang ia kritik, bahkan tidak jarang dirinya sendiri masih banyak kekurangan.
Artinya, berhentilah menyalahkan orang atau pihak lain, tetapi perbanyaklah menginstrospeksi diri sendiri, tentu hal ini tidak terjadi kita kita sedang berhadapan dengan sebuah perkara yang sudah jelas-jelas salahnya. Maka disana kita diwajibkan untuk menghukumi jika berwenang, atau yang lebih tepat adalah memperbaiknya.
Manfaat lain dari sikap tidak mudah menyalahkan orang lain adalah akan hadirnya harmonis dalam hidup, seorang suami yang tidak mudah menyalahkan istrinya tentu akan menambah kualitas cintri kepada suami, pun sebaliknya. Seorang atasan yang tidak mudah mencap salah kepada bawahannya, maka bawahannya akan semakin mencintai atasannya.
Seorang guru yang tidak mudah menyalahkan siswanya, maka siswanya akan sayang kepada gurunya. Begitu pula seorang pemimpin yang tidak mudah menyalahkan rakyatnya, maka ia akan mendapatkan cinta yang berlimpah dari rakyatnya, begitupun sebaliknya.
Ya, hukum alam memang selalu demikian, ketika kita mencintai orang lain, maka kitapun akan ketibana cinta dari orang lain, walaupun tidak harus dari orang yang kita cintai sebelumnya. Allah mengahdirkan cinta dari perkara yang tidak selalu di pahami oleh hamba-Nya, hukum lainnya, orang yang menghargai orang lain, iapun akan dihargai orang, begitu juga sebaliknya orang yang mudah menyalahkan orang lain, maka jangan salahkan orang lain, kalau iapun banyak disalahkan orang.
Sungguh kita di ingatkan oleh  salah satu keterangan, bahwa kebaikan yang kita lakukan akan kembali kepada diri kita, begitu juga kejahatan yang kita lakukan, maka pada hakikatnya kita sedang mengirim kado ketidak bahagiaan untuk diri kita.
Yuk kita instrospeksi diri, stop menyalahkan orang lain!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste