Langsung ke konten utama

Sebaiknya Anda Mengetahui Hal ini!!


Oleh : Ence Surahman

Dalam tulisan kali ini, saya ingin cerita. Sebulan yang lalu tepat pada hari Ahad, 21 Oktober 2012 alhamdulillah Allah mentakdirkan saya untuk silaturahim dengan pengurus, peserta dan pembina Program Tutorial Universitas Swadaya Gunung Djati (UNSWAGATI) Cirebon. Sungguh merupakan sebuah kesempatan yang luar biasa, dimana agenda tersebut adalah kali keempat saya diminta oleh pengurus Tutorial disana untuk berbagi cerita baik diagenda pembukaan ataupun penutupan Tutorial PAI disana.
Waktu berangkat pertama kali tahun 2010 ketika pembukaan, lalu diminta hadir lagi pada saat agenda penutupannya 3 bulan berikutnya, kemudian sempat diminta untuk hadir di pembukaan tutorial tahun 2011, namun sayang saat itu tidak bisa memenuhi undangannya, dan akhirnya di gantikan oleh Kang Supriadi untuk kesana, dan yang keempat kalinya adalah pembukaan tutorial di tahun 2012 oktober kemarin.
Sesampainya disana (tepat pukul 23.05 WIB) saya segera menghubungi panitia yang menghubungi yang kebetulan beliau adalah ketua umum tutorialnya, ketika bertemu kali pertama saya melihat wajah yang sumringah dari pemuda yang terlihat lugu namun pasti ini. tak banyak kata yang kami rangkai malam itu, dengan segera beliau ngajak saya untuk dinner bareng menikmati bebek goreng dipinggi jalanan pantura tepat di perempatan pemuda.
                Dari sana beliau mulai cerita tentang tutorial disana yang mengalami turun naik, beliau cerita tentang susahnya mendapatkan legalitas kegiatan tutorial, rupanya  masih saja ada dosen bahkan dosen PAI-nya sendiri yang kurang mendukung dilalksanakannya turorial disana, sampai kemudian isu banyaknya pihak yang tidak senang dengan adanya tutorial, baik dari UKM internal juga UKM eksternal yang menghalangi jalan juang mereka, saya terharu mendengar cerita beliau yang sesekali diyakinkan dengan raut wajahnya.
                Malam itu saya tak banyak bicara, hanya mencoba menangkap pesan yang ingin beliau sampaikan, saya senang karena berkesempatan tahu banyak tentang organisasi yang saya sendiri pernah lam mengurusinya. Akhir cerita malam itu, beliau mengantarkan saya untuk istirahat di kostannya, dan beliau sendiri kembali lagi ke kampus karena disana sedang dilakukan pendekoran ruangan untuk grand opening tutorial esok harinya.
                Singkat cerita esok paginya saya kekampus tempat kegiatan pembukaan tutorial, sesampainya disana saya istirahat dulu di ruangan LDK disana, sementara Tutorial sendiri masih belum memiliki ruangan khusus, jauh berbeda dengan tutorial di kampus UPI. Ruangn yang digunakan bersama dengan LDK ini tidak terlalu luas, hanya cukup untuk melaksanakan agenda-agenda LDK dan tutorial yang juga menumpang disana.
                Setelah selesai pembukaan formal oleh pihak rektorat, kahirnya jadwal saya untuk berbagi cerita dihadapan lebih dari 700 mahasiswa baru yang sedang mengontrak PAI dan mereka datang untuk tahu apa itu mentoring, bagaimana prosesinya, dan terlihat wajah penuh tanya. Namung sungguh senang karena ternyata saya bisa membuat mereka tersenyum penuh semangat, sungguh pertemuan yang tidak bisa dilupakan, ketika partisipasi mereka yang luarbiasa antusias.
                Selepas jadwal training saya selesai, lebih tepatnya selepas shalat dzuhur berjama’ah, saya diajak oleh pengurus dan Ust. Febri (Salah satu Ust yang dengan ikhlas hati membina para pengurus dan aktivis disana). Saya diajak untuk menikmati hidangan nasi jamblang khas Cirebon, kemudian diajak ziarah ke makam Sunan Gunung Djati, kemudian ke Pantai terdekat, lalu kami berkunjung ke Keraton Kasepuhan setelah melaksanakan shalat asar di mesjid yang sudah berumur lebih dari 5 abad.
                Selepas jalan-jalan saya putuskan untuk pulang kebandung, disepanjang jalan beliau cerita tentang pahitnya perjuangan disana, beliau menambahkan cerita semalam, selain banyak pihak yang tidak mendukung diadakannya tutorial, juga mereka harus berjuang tidak hanya dengan jiwa mereka namun juga dengan harta mereka, ketuanya bilang bahwa pelaksanaan tutorial yang baru turun SK terbarunya belum didanai oleh pihak rektorat, sementara pengurus juga tidak berani meminta dari peserta, akibatnya semua anggaran pengeluaran mereka tanggung bersama (baca:pakai uang pengurus), saya terharu mendengar kisahnya, lalu saya kuatkan beliau untuk tetap semangat memperjuangan dakwah  disana, dan alhamdulillah mereka telihat begitu ikhlas menjalani aktivitas dakwah sekalipun banyak liku-likunya.
                Seminggu yang lalu beliau memberi kabar, ternyata pengurus mendapat musibah, dimana mereka kehilangan proyektor sewaan, sewaktu melaksanakan shalat dzuhur, harganya mencapai 8 juta rupiah, karena barang sewaan maka akibatnya para pengurus harus mengganti dengan iuran uang masing-masing. Mendengar kabar tersebut saya semakin terharu, sungguh Allah berikan ladang amal yang luar biasa untuk ikhwah di UNSWAGATI. Sungguh saya malu, karena mereka ternyata berani berjuang dengan harta dan jiwa raga mereka.
                Untuk adik-adik penerus perjuangan di tutorial PAI MKDU UPI dan pengurus Tutorial Kampus lain yang sudah menuju mandiri, jika mereka telah memberikan teladan yang luarbiasa dalam perjuangan dakwah kampus, sungguh bagi kita yang telah diberikan banyak kemudahan  berupa sarana dan mudahnya dana, maka layaklah apabila semangat kita tak kalah dengan mereka, setidaknya jika kita belum bisa berjuang dengan harta, maka maksimalkanlah perjuangan jiwa raganya, semoga Allah mencatatkan amal terbaik untuk sahabat semua. Aamiin.
Daarul Qur’an, 25 November 2012 [20.54WIB].

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste