Langsung ke konten utama

The Winner Character


Oleh : Ence Surahman

Sobat sukses penuh berkah, kali ini saya ingin berbagi tentang karakter pribadi pemenang. Tanpa bermaksud mengjari renang kepada angsa, atau terbang kepada burung, karena saya meyakini sobat semua tentu sudah sangat mengerti hal ini, namun semoga tidak keliru ketika hamba yang dhoif ini ingin bercerita semoga jadi bermanfaat untuk semuanya.
                Meminjam ungkapannya salah seorang ilmuwan, fiskawan dunia yang dengan perantara tangan dan pemikiran yang diberikan Tuhan padanya, akhirnya dunia menjadi terang benderang, hingga hari ini kita hidup dalam kemudahan, berkat penemuan listrik atau lampu pijar olehnya. Ialah Thomas Alpa Edison.
                Dalam memandang tentang jiwa pemenang beliau mengungkapkan bahwa pemenang itu adalah “seseorang yang mampu melihat terang di dalam ruang yang gelap gulita”. Artinya apapun kondisinya maka para pemenang itu akan selalu memiliki optimisme yang tinggi bahwa ia akan bertemu dengan keberhasilan dan kemujuran. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam pedoman umat manusia yakni dalam surat al-insyiroh, bahwa “bersama kesulitas pasti ada kemudahan” bahkan diulang sebanyak dua kali. Begitupun yang tertuan dalam surat Albaqoarah ayat terakhir bahwa “ Allah tidak membebani hamba diluar kemampuannya ...”.
                Adapun ciri para pecundang dan para pengecut dalam pandangan Tomas Alpa Edison adalah berpendapat bahwa “mereka yang tidak bisa melihat secercah cahaya manakala dalam kegelapan dan bahkan berpandangan gelap padahal ia sedang di tempat yang terang benderang”. Wah luarbiasa bukan, orang-orang seperti inilah mereka yang akan berjatuhan dan mudah menyerah dalam menjalani kehidupan, tak ada optimisme dan keyakinan hidup sukses, pandangannya sempit dan pendek akalnya.
Sob, yuk kita pilih karakter yang pertama yakni karakternya para pemenang, dimana ia akan senantiasa optimis, kemudian berpandangan luas, dan pantang menyerah ketika berhadapan dengan kancah persaingan dalam hidupnya. Semoga Tuhan memberkahi langkah kita, aamiin. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste