Langsung ke konten utama

CIREBON YANG KEDUA KALINYA, KALI INI ADA YANG BERBEDA.

Sebuah catatan yang menginspirasi diri, semoga menjadi berarti,
Oleh: Jaisyurahaman

Bersyukur kepada Allah yang telah mengaungrahkan nikmat dan karunia-Nya, sehigga Alhamdulillah aku bisa kembali menggerakan ujung-ujung jari aku untuk menuliskan catatan perjalanan yang saya lakukan hari kemarin, Ahad, 03 Oktober 2010. Shalawat dan salam segoma tetap tercuralimpahkan kepada baginda NabiMuhammad SAW, dan seluruh umatnya mudah-mudahn kita termasuk didalamnya yang akan memperoleh safaatdarinya,a amin.

Malam itu, telah setalah aku persiapkan segala hal yang besok akan aku perlukan, selanjutnya aku seting kedua alarm Hpku tepat jam 02.15 WIB. Hal ini aku upayakan bangun lebih awal karena jam 03.00 Ahad aku harus sudah go to Cirebon dalam rangka menghadiri undangan dari saudara-saudara pengurus mentoring di universitas Swadaya gunung Djati Cirebon. Berangkat jam 03.00 aku maksudkan agar tidak telah sampai tujuan, terlebih aku belum tahu pasti alamatnya, sekalipun sebelumnya aku pernah kesana 2 tahunn yag lalu.
Cerita berlalu ketika aku bangun, dan ternyata molor bebrapa menit setelah bangun, Setelah itu akau bersih-bersih muka keair, dan melaksanakan ritual sederhana. Jujur saja karena badanku lagi kurang fit, akhirnya aku tidak sempet mandi, karena suhu tubuh sedang sangat tinggi kenademam.
Ternya-e ternyata. Jalan kecirebon pake motor sangat melelahkan. Waktu tempuh yang diperlukan adalah sekitar 4 jam, terlebih kita tahu betul Cirebon kan wilayah yang cukup panas kalau dibandingkan dengan bandung. Suhu yang tinggi membuat badanku basah terus. Ya tapi ada hikmahnya ketika aku berangkata kesana kondisi kesehatanku kan masih kurang fit, karena lagi filk, batuk juga, maklum bandung kan dingin. Tapi setelah samapai disana, terlebih setelah keluar banyak keringat badanku terasa lebih rigan, batukku juga agak mereda. Alhamdulillah.
Baik, kita kembali kepada pembicaraan kita, tentang perjalananku ke kota udang yang kedua kalinya. Sampai disana aku langsung menuju mesjidnya, dan aku langsung merebahkan sebenatar otot-otot kakuku. Semabri membersihkan mukay ang kotor karena debu jalanan, baju putihkupun terlihat tidak seputih awalnya. Setelah menikmati sebentar nuansa Cirebon Di Kampus unswagati 1, selanjutnya yang aku lakukan adalah menyeesaikan slide yang dibuat. Karena kesibukan sebelumnya akhirnya aku tidak sempat menyelesaikan persentasi yang akan disampaikan.
Beruntung waktu mulai acara diundurkan, karena hujan. Jadwalnya aku ngisi training motivasi mentoring bagi peserta program Tutorial jam 10 WIB, tapi karena hujan sehingga jadwa ngisiku mundur sekitar 25 menit.
Ketika aku masuk raung acara, ternyata ruangannya sangat sederhana, sempit dan tempatya kurang kondusif, jumlah peserta yang banyak dengan tempat yang tidak konusip mengaibatkan susahnya untuk dikondisikan diawal, temanku Asep yang mengawali pengkondisian peserta juga cukup kebingungan, karena pesertanya yang kurang ngeuh. Terlebih diawal sounsystemnya sempat bermasalah, micnya mati-matian, mau manual ga kedengeran, tapi beruntung Allah memudahkan, ketika aku berbicara lama kelamaan micnya bagus dan suarakupun bisa didenagr dengan jelas, sampai 1.2 jam aku mengisi materi, alhamdulillah lancar, dan aku berpikir bahwa pembawaan materiku hari ini ada kemajuan dibanding yang sebelumnya. Semua ini dari Allah.
Ketika keluar dari ruang tunggu pemateri, aku dismapbut dengan sapaand ari salah seorang peserta training, koon kataya beliau adalah tetangganya temanku yang kuliah dibandung. Seteah berbincang-bincang aku kembali melanjutkan perjalanan, dan ketika sedang berjalan ada peserta perempuan yang memintaku untuk berhenti sejenak. Dia memnanyakan temannya, katanya temannya adalah maru UPI angkatan 2010. Katanya beliau yang kemarin membelikan dia laptop, dari aku mulai sangat bingung sekali terlebih aku belum tahu siapa orang yang dimaksud oleh perempuan yang satu ini. Sampai-sampai aku tulis dan cari no telfonnya tapi tetap saja tidak ditemukan, padahal kata peremuan itu tadi pagi ia sempet smsan s=dengan ku. Sungguh aku jadi bingung.
Setelah selesai mengisi materi aku diminta oleh aya temanku untuk ketemuan. Karena ada titipan dari anakannya dan untuk anaknya. Anaknya temanku dikampus. Dari kisah ini aku mendapat pelajaran akan arti cinta orang tua kepada anaknya, karena lucu dan uniknya itu antar anak dan orang tuanya, pake tukeran kado segala. Lucu tapi aku pikir ini hal bagus. Karena dengan demikian. Hubungan yangbaik akan terbangun dengan saling memberi hadiah. Beliau sempat mengajakku mampir kerumahnya, namun karena waktuku sudah harus segera kebandung lagi, akhirnya aku putuskan bahwa saat ini aku belum bisa memenuhi undangan beliau, mudah-mduah lain kali ada kesempatan yang aku bisa bersilaturaim kebeliau.
Karena waktu telah sore, jam 13.30 aku berangkat dari Cirebon menuju bandung. Sudah aku rencanakan abhwa aku haurs menikmati asi khas Cirebon, pasti anda tahu kan? Ya Nasi Jamblang namanya. Nasi ini telah menjadi makanan khas masyarakat cirebon dari jaman dulu. Aku menikmati makananyag dijajakan dengan nasi jamblang yang unik, setelah cukup kenyag akhirnya aku melanjutkan perjalanan menuju bandung, dengan jalan melalui Subang.
malam tiba di Bandung karena perut keroncongan, akupun langsung berkunjung ke Saung AWI, sembari menikmati hidangan ayam bakar, setelah selesai karena dikejar untuk menyelesaikan persentasi untuk dibwa ke Surabaya, akupun tanpa instirahat langsung menuju kosan teman untuk membuat bahan untuk pesentasi.
Hari ini waktuku aku rasa hanya sebentar sekali, namun akupun merasa bahwa aku bersyukur dengan hari ini karena banyak hal yang bisa aku lakukan,,
Thaks Allah,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste