Langsung ke konten utama

Bekali Puasa Anda Dengan 3P


Oleh : Ence Surahman, S.Pd
(Disarikan dari ceramah tarawih yang disampaikan oleh Drs. K.H. Amin di mesjid Baiturrahman Gerlong Tengah Bandung)

Agar puasa kita berjalan dengan lancar, maka kita perlu 3P, apakah 3P? Semuanya berasal dari bahasa sunda. Pertama pisik, bekal ini mensyaratkan kita untuk senantiasa menjaga kesehatan kita selama ramadhan, karena ketika kita sedang sakit maka ramadhannya akan terganggu. Sayang kan kalau akhirnya harus batal shaum karena alasan sakit, padahal salah satu tujuan dari shaum adalah untuk mensehatkan, sebagaimana sabda Rosulullah saw, “shaumlah maka akan sehat”.
Agar pisik kita senantiasa sehat, maka perhatikan aspek lahir dan batin kita, aspek lahirnya yakni dengan menjaga pola tidur atau waktu istirahat, kemudian pola makan dan menganggendakan waktu khusus untuk olahraga ringan guna melenturkan otot-otot tubuh kita.
P yang kedua yakni pesak atau dalam arti yang lebih umumnya yakni bekal finansial, terlebih saat ini barang-barang kebutuhan sehari-hari semakin mahal, maka perlu dipersiapkan bekal uang yang cukup serta ilmu tentang cara mengelola uang yang ada agar bisa berdaya guna sesuai dengan kebutuhan hidup selama ramadhan. Terkait bekal pesak jangan lupa sisihkan sebagiannya untuk disedekahkan yang tentunya akan menjadi bekal kita kelak diakhirat.
Dan P yang terakhir yang paseuk. Paseuk ini diibaratkan penguat hal ini bisa diartikan bekal ilmunya selama menjalankan ibadah ramadhan. Ilmu menjadi penting agar amalan kita menjadi kebaikan yang berbalas pahala, karena kita khawatir salah langkah dan salah kaprah apabila melakukan perbuatan dan alaman tanpa didasari dan tanpa tahu ilmunya. Untuk kita agar puasa kita berjalan dengan baik, maka dibutuhkan 3P yakni pisik, pesak dan paseuk. Wallahu’alam.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste