Langsung ke konten utama

Awas Bahaya Laten Careuh!


Oleh : Ence Surahman, S.Pd
(Artikel ke-26 dari program one day one article selama Bulan Ramadhan)

Sahabat yang luar biasa, kali ini saya ingin sharing tetang seekor binatang yang bernama careuh. Inspirasi ini saya dapatkan ketika mau mengikuti kajian tafsir rutin setiap sore menjelang buka puasa di Mesjid Baiturrahman. Ngomong-ngomong ada yang tahu binatang yang bernama careuh?
Baik, kalau belum tahu atau sudah lupa lagi saya akan sampaikan informasinya sesuai dengan yang saya ketahui tentang binatang tersebut. Careuh adalah nama binatang dalam Bahasa Sunda. Perawakan careuh tidak jauh dengan kucing, namun ia memiliki bau badan yang begitu khas. Dan biasanya mereka itu aktif di malam hari namun pasif disiang hari.
Suatu hari saya, kakek dan paman saya pernah berburu hewan tersebut. Kelihatan dari gerakannya ketika dikejar diwaktu siang, ia tidak bisa berlari dengan kencang, dan segera mencari pohon untuk berlindung. Tapi berbeda dengan ketika waktu malam,mereka biasanya beraksi disaat gelap malam.
Careuh adalah binatang hama, ia memangsa hewan unggas seperti ayam, bebek, angsa dan sejenisnya. Yang ada dalam memori saya sewaktu kecil dulu, ketika orang tua kehilangan ayam, besar kemungkinan dicuri atau dimangsa oleh hama yang bernama careuh.
Namun, ternyata padanan atau nama binatang tersebut juga dinisbatkan kepada manusia. Yakni manusia yang punya watak sebagai pencuri hak dna kepunyaan orang. Lebih jelasnya nama careuh dinisbatkan kepada koruptor. Koruptor dianggap sebagai hama bagi kesejahteraan rakyat, koruptor menjadi hama bagi perekonomian bangsa, karena pekerjaannya menggerogoti anggaran negara, anggaran daerah, anggaran proyek umum dan sejenisnya.
Berbicara tentang koruptor, maka saat ini Indonesia masih menjadi negara yang memiliki prestasi tinggi tentang korupsi. Artinya sampai hari ini negara kita masih punya banyak pekerjaan besar yang tidak mudah untuk diselesaikan. Kinerja dan permainan para koruptor yang sudah dirancang dengan sangat rapi, membuat proses pelacakan dan  pembuktian menjadi tidak mudah.
PR untuk kita sebagai generasi bangsa yang masih peduli dengan kemajuan bangsa, yakni memastikan agar diri kita, keluarga kita, teman-teman, sanak sodara dan kenalan kita tidak terlibat dalam praktik haram tersebut. Mengapa demikian? Karena kita kasihan pada mereka yang apabila korup. Selain telah merugikan kepentingan umum, juga telah merugikan dirinya sendiri.
Semoga kita terhindar dari sikap dan perilaku careuh. Yang merugikan orang lain. Kita belajar untuk menjadi pribadi yang senantiasa memberikan manfaat sebanyak mungkin. Dan apabila tidak bisa memberikan manfaat, maka setidaknya tidak memberikan beban dan masalah untuk orang lain. Wallahu’alam bishowab.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste