Langsung ke konten utama

HARI KE-1 LATSAR CPNS DOSEN : PEMBUKAAN DAN MATERI HARI PERTAMA

Teman-teman, pada hari ini saya mulai melaksanakan kegiatan Pelatihan Dasar secara resmi. Sebelum pembukaan kami melaksanakan gladi bersih. Kegiatan pembukaan berupa rangkaian acara formal yang dipandu seorang pemandu acara. Susunan acaranya meliputi pelaporan dari perwakilan angkatan, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, selanjutnya penyematan tanda peserta, pembacaan janji siswa dan pengucapan Panca Prasetya Korpri. Selanjutnya acara sambutan dari Kepala BPSDM Kemenristek Dikti dilanjutkan sambutan dan pembukaan secara resmi dari Kepala BPSDM Provinsi Bali. Selanjutnya menyajikan lagu Himne Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti. Dan terakhir penutupan serta photo bersama.

Suasana Pembukaan, Sumber: FB BPSDM Provinsi Bali

Kepala BPSDM Prov Bali (kiri) dan Kepala BPSDM Kemristek Dikti (Kanan). Sumber: FB BPSDM Provinsi Bali

Pemukulan Goong sebagai pertanda pembukaan secara resmi. Sumber: FB BPSDM Provinsi Bali


Suasana Khidmat Peserta,Sumber: FB BPSDM Provinsi Bali

Pemasanga Name tag peserta, Sumber: FB BPSDM Provinsi Bali

Suasana Sebelum Kegiatan Pembukaan, Dokumentasi pribadi

Sepanduk Kegiatan Pembukaan, Dokumentasi pribadi


Photo bersama angkatan 1. Sumber: FB BPSDM Provinsi Bali

Photo bersama angkatan 2. Sumber: FB BPSDM Provinsi Bali


Setelah kegiatan pembukaan secara resmi, kemudian kami diberi kesempatan untuk menikmati hidangan pada sesi coffee break. Tersedia beberapa menu makanan ringan untuk dinikmati, diantaranya: Nasi Ketan Hitam (Injit), Rebus Kacang Kedelei, Uras, dan teh serta kopi. Nasi ketan menjadi menu yang sangat favorit karena makanan tersebut mampu mengingatkan saya pada masa kecil di kampung halaman.


Selanjutnya masuk sesi materi 1 tentang Kebijakan Pengembangan SDM Aparatur dan Nilai-Nilai dasar ASN yang disampaikan oleh Kepala BPSDM Kemristek Dikti. Secara umum materi yang disampaikan meliputi materi tentang rasionalisasi kementrian dilihat dari sudut pandang yuridis, kemudian struktur kemristekdikti, target-target kementerian, dan reformasi birokrasi di lingkungan Kemristek Dikti.



Pemateri dari Kepala BPSDM Kemristek Dikti

Setelah diskusi dan tanya jawab, kami diberi kesempatan untuk istirahat, untuk peserta yang muslim melaksanakan shalat Jumat. Selanjutnya kami menikmati hidangan makan siang. Menu yang disajikan diantaranya: Nasi, Goreng Ikan tepung, sambel kacang, sambel hijau, tahu, kerupuk dan sayur bayam. 

Tepat pukul 14.00WITA kami melanjutkan sesi materi yakni materi ANEKA yang disampaikan oleh Kepala BPSDM Provinsi Bali. Secara umum materi ANEKA merupakan penjabaran dari Panca Prasetya Korpri. Aneka merupakan akronim dari Akuntabel. Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi. 

Akuntabel merupakan penjabaran dari point 1 Panca Prasetya yang bunyinya setya dan taat kepada negara kesatuan dan pemerintah Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Makna akuntabel artinya memiliki jiwa dapat diberi tanggungjawab dalam melaksanakan tugas sebagai aparatur.

Nasionalisme merupakan penjabaran dari point 2 yang berbunyi menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negera serta menjaga rahasis jabatan dan rahasia negara. Orang yang memiliki jiwa nasionalisme yang baik akan senantiasa menjunjung tinggi kehormatan bangsanya. 

Etika Publik merupakan penjabaran dari point ke 3 yakni Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat daripada kepentinggan pribadi dan golongan. Aparatur harus memiliki jiwa pelayan yang baik. Aparatur berkomitmen mengutamakan kepentingan negera dan masyarakat. 

Komitmen Mutu merupakan penjabaran dari point 4 yakni memelihara persatuan dan kesatuan serta kesetyakawanan Korp Pegawai Republik Indonesia. Artinya Aparatur harus mengedepankan kualitas diri dalam melaksanakan tugas sebagai aparatur. 

Anti Korupsi merupakan penjabaran dari point ke 5 yakni menjaga kejujuran, keadilan dan disiplin serta meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme. Aparatur harus menjadi pribadi yang jujur, adil, disiplin dan profesional.


Hidang Coffee Break Hari pertama. Dokumentasi pribadi


Setelah penjelasan tentang ANEKA secara umum, pemateri mengajak kami membuat analogi bentuk, fungsi dan makna ANEKA dalam rancangan program aktualisasi dalam bentuk gambar kursi dengan penjabaran ANEKA. Dalam praktiknya dalam aktualisasi kami ditugaskan untuk membuat rancangan  program pengajaran yang mampu mengintegrasikan nilai-nilai ANEKA.

Pemateri menyarankan proses presentasi rancangan program menggunakan Bahasa Inggris selama 3 menit. Secara umum diklat bertujuan untuk membekali peserta berupa pengetahun, sikap dan keterampilan atau sering disebut sebagai domain kompetensi. Kurang lebih itulah gambaran umum materi pelatihan pada hari pertama. Semoga bermanfaat. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste