Nama : Ence Surahman
SEMIOTIKA DALAM KOMUNIKASI PENDIDIKAN
Salah satu tugas terstruktur dari dosen kumunikasi pendidikan.
Dalam tulisan ini saya akan menjelaskan hasil interpretasi saya mengenai, pemaknaan semiotika, mulai dari pengertiannya, lingkup penerapannya, dan terutama akan saya coba jelaskan mengenai semiotika dalam komunikasi pendidikan.
Pemakanaan dan pengertian semiotika
Secara etimologi Semiotika (semiotikas) berasal dari bahasa Yunani “semeion” yang berarti tanda. Tanda-tanda tersebut menyampaikan suatu informasi sehingga bersifat komunikatif, mampu menggantikan suatu yang lain (stand for something else) yang dapat dipikirkan atau dibayangkan (Broadbent, 1980).
Metode semiotika secara prinsip bersifat kualitatif-interpretatif dan dapat diperluas sehingga bersifat kualitatif-empiris. Metode kualitatif-interpretatif lebih berfokus kepada teks dan kode yang nampak secara visual sedang metode kualitatif-empiris membahas pada subyek pengguna teks (Yusita Kusumarini,2006).
Ilmu yang berbicara dan mempelajari tentang semiotika disebut semiologi yaitu ilmu khusus yang menelaah dan mempelajari serta mendalami tentang penandaan sesuatu.
Lingkup semiotika
Jika berbicara ruang lingkup semiotika, maka kita harus memahami dulu mengenai esensi dari pengertian semiotika diatas, dari pengertiannya dapat disimpulkan bahwa semiotika itu merupakan sebuah alternative jitu dalam penandaan sesuatu dengan tujuan agar terjadi kemunikasi yang komunikatif. Jadi lingkup komunikasi itu sangatlah luas. Semua yang berhubungan dengan ilmu penandaan sesuatu maka besar kemungkinan tercakup semiotika didalamnya. Adapun utnuk lebih jelsnya saya ambil contoh lingkup dari semiotika itu sendiri, diantaranya
Semiotika dalam pendidikan
Semiotika dalam dunia arsituktur,
Semiotika dalam dunia bisnis
Semiotika dalam dunia seni
Semiotika dalan teknologi
Semiotika dalam pemerintahan
dsb
Semiotika dalam komunikasi pendidikan
Seperti kita ketahui bahwa dalam pendidikan kita mengenal istilah yang disebut komunikasi dalam pendidikan. Komunikasi itu merupakan hal penting karena bagaimanapun komunikasi mutlak diperlukan dalam proses pendidikan, seperti kita tau makna dari komunikasi itu sendiri yang dapat diartikan sebagai proses timbal balik yang dilakukan oleh seseorang dengan orang lain dalam kehidupannya sebagai cara dan upaya untuk saling mengetahui, menyampaikna pesan, berinteraksi, guna mempertahakan kehidupannya. Karena bagaimanapun manusia itu makhluk social yang tentu akan selalu berhubungan dengan proses komunikasi. Bahkan saking diperlukannya ilmu tentang komunikasi dibeberapa perguruan tinggi komunikasi itu dijadikan mata kuliah.
Hubungan antara semiotika dengan komunikasi pendidikan.
Dewasa ini, sesuai dengan perubahan zaman dan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dalam berbagai bidang khususnya dalam bidang pendidikan makna semiotika telah banyak mengalami evolusi, maksud saya, semiotika yang dilakukan saat ini telah mengalami modernisasi, menyesuaikan dengan kemajuan Iptek. Semiotika zaman dulu dengan zaman sekarang sangat berbeda.
Mungkin kata-kata saya sedikit tidak nyambung sehingga sulit dicerna, tapi inti dari pembicaaran saya ini adalah bahwa semiotika itu telah dikemas dengan seunik dan seaktual mungkin.
Nah, berbicara tentang hubungan antara semiotika dengan komunikasi pendidikan itu dapat diringkas maksudnya bahwa ketika orang-orang yang bergelut dalam dunia pendidikan mau melakukan komunikasi dan dalam prosesnya mengalami kesulitan dalam menyederhanakan pengertian sesuatu maka digukanlah semiologi untuk memecahkan masalahnya.
Jadi intinya bahwa semua yang bergelut dalam dunia pendidikan wajib hukumnya menguasai ilmu semiotika yang disebut semiologi.
Tujuannya agar ketika berkomuniaksi misalnya dengan siswa maka proses komunikasinya kan berjalan lancar, dan terdapat pemahaman yang sama tentang topik yang sedang dibicarakannya.
>…………sekian………….<
Komentar
Posting Komentar
You can give whatever messages for me,,