Langsung ke konten utama

Model Teknologi Komunikasi

Model Teknologi Komunikasi

Model ini mncul setelah berkembangnya teori difusi inovasi dalam bidang media. Dimana dengan media yang saat ini ada terutama dengan bekembang pesatnya media elektronik maka proses komunikasi pun lebih mudah dilakukan, munculnya Teknologi Komunikasi ini dipengaruhi oleh teknologi elektronik, seperti yang dikemukakan oleh Everet M.Rogers (1986:2) bahwa teknlogi elektroniksaat ini membawa kita untuk mengembangkan berbagai jenis komunkasi yang mungkin diharapkan. Dengan teknolgi komunikasi maka muncullah berbagai jenis teknologi baru seperti teleconference network, electronic mesaage system, computer bulitin boards, dan interactif kabel television.

Saat ini penggunaan media komunikasi semakin berkembang, bahkan sewaktu-waktu media dapat menggantikan source, dalam arti media sebagai penggerak suatu proses kounikasi dalam berbagai bidang kehidupan. Tentunya hal tersebut bisa berlangsung secara efektif dan terkontrol.

Terdapat bebrapa kelebihan teknologi komunikasi disbanding model komunikasi yang lainnya;

1. Model ini lebih bersifat kekinian,

2. Model ini menyguhkan berbagai kemudahan yang bisa dimanfaatkan,

3. Model ini lebih efisien dan efektif karena proses penyamapaian informasi bisa dilakukan tanpa harus face to face melainkan bisa juga dilakkan dalam jarak yang jauh.

4. Model ini lebihmenghemat biaya,

5. Den lain-lain.

Maka dari itu model teknologi ini mutlak harus dikuasi oleh komunikator pendidikan, dalam nernagai jenjang dan tipe.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste