Langsung ke konten utama

Postingan

Konsep Teori Belajar

TEORI BELAJAR Pengertian teori Theory is a set of statement, yang dapat diterjemahkan bahwa teori ialah sekumpulan pernyataan. Namun yang perlu diperhatikan ialah tidak semua pernyataan bisa dikategorikan sebagai penyusun sebuah teori. Karena pernyataan (statement) yang dimaksud dalam pengertian diatas memiliki beberapa kriteria atau batasan-batasan suatu pernyataan itu bisa dijadikan penyusun sebuah teori. Adapun kriteria pernyataan yang dimaksud diantaranya: 1. Unifying statement yaitu pernyatannya yang seragam, setipe, sekelas, selevel. Jadi pernyataannya harus saling sinkrons atau koheren/berkesinambungan antara satu pernyataan dengan pernyataan yang lainnya. Jangan sampai dalam satu padanan teori terdapat beberapa pernyataan yang berbeda tipe dan level, hal itu akan mempersulit pembaca untuk memahami teori yang dibuat. Dibawah ini akan saya buat contoh teori, a. Contoh teori yang memenuhi kriteria unifying statement, missalnya tentang teori belajar Belajar ialah perubah

Rundown acara Metamorfosis'09

RUNDOWN ACARA METAMRFOSIS’09 HIMA TEKPEND FIP UPI JUMAT-SABTU,22-23 MEI 2009 DARUL HIKMAH SARIWANGI,BANDUNG NO WAKTU KEGIATAN BESERTA DESKRIFSINYA TEMPAT PENGISI KET. 01 13.00-14.00 Breafing panitia dan pengondisian logistik Di sekre HIMA Tekpend Panitia 02 14.00-14.45 Pengangkutan semua logistik dan perlengkapan acara kegiatan ketempat kegiatan Dari sekre ke Darul Hikmah Panitia 03 14.45-15.15 Cheking semua kebutuhan, dan pengondisian peserta yang berangkat bareng Darul Hikmah dan Kampus Panitia dan peserta 04 15.15-15.35 Salat Ashar berjama’ah Darul Hikmah Panitia 05 15.35-15.50 Seting logistik, dekorasi dan tempat untuk acara pembukaan beserta fixsasi kehadiran tamu undangan (HIMA, Jurusan dan DKM) Darul Hikmah Panitia 06 15.50-16.00 Presensi peserta, pengondisian dan cheking perlengkapan acara Darul Hikmah Panitia 07 16.00-16.30 Acara Pembukaan Laporan Ketuplak Jeny, Sambutan HIMA oleh Gema, dan Jurusan/perwakilan juga dari DKM Darul Hikmah (Mc: Ence, Tilawah dan sarinya (Dall

Draf acara Penutupan metamorfosis'09

DRAF ACARA PENUTUPAN METAMORFOSIS ‘09 Bismilahirahirahmanirahim,,, Assalamualaikum wr.wb. Mc 1: Yang terhormat Ketua Himpunan mahasiswa Teknologi Pendidikan beserta pengurus, Mc 2: Dan yang kami banggakan anggota Hima yang berkenan mengahdiri acara Metamorfosis’09. Mc 1: “Subhanalloh, walhamdulilah, walaillaha illalohu wallohu akbar, Allohumasli ‘ala Muhammad, wa’ala’aliMuhammad, Wama Kholaqtuljinna wal ingsa illa liya’budun, Mc 2: “Maha suci Alloh dengan kesucian-Nya, segala fuji bagi Allah dengan kasihsayang-Nya, dan Tiada Tuhan selain Allah dengan Ke-Esaan-Nya dan Allah yang maha besar dengan kebesaran-Nya”. Mc1: “Dan kami (Allah) tidak menciptakan Jin dan Manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku (kepada Allah)” QS, Adz-Dzariyat ayat 56. Mc 2. Hadirin yang insya Allah dimulyakan Allah, Alhamdulillah, kita semua dipertemukan dalam acara penutupan seluruh rangkaian kegiatan metamorfosis’09. Mc1: Bersyukur kita telah melaksanakan suatu acara yang bertemakan “Manata hati, gali potens

Draf acara pembukaan metamorfosis'09

DRAF ACARA PEMBUKAAN METAMORFOSIS ‘09 Bismilahirahirahmanirahim,,, Assalamualaikum wr.wb. Mc 1: Yang terhormat ketua DKM beserta pengurus Masjid Darul Hikmah Mc 2: Yang terhormat Ketua Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan beserta jajaran pengurus, Mc 1: Yang terhormat Ketua Himpunan Mahasiswa Teknologi Pendidikan beserta pengurus, Mc 2: Dan yang kami banggakan anggota Hima yang berkenan mengahdiri acara Metamorfosis’09. Mc 1: “Subhanalloh, walhamdulilah, walaillaha illalohu wallohu akbar, Allohumasli ‘ala Muhammad, wa’ala’aliMuhammad, Laingsyakartum La’azidannakum walaa Ingkafartum Inna a’dzabilasyadid, Robby sohri sodri wayasirliamri wahlul ‘ukdatammilitsani yafkoul kouli” Mc 2: “Maha suci Alloh dengan kesucian-Nya, segala fuji bagi Allah dengan kasih sayang-Nya, dan Tiada Tuhan selain Allah dengan Ke-Esaan-Nya dan Allah yang maha besar dengan kebesaran-Nya”. Mc1: “Barang siapa yang bersyukur atas nikmat yang telah Allah anugrahkan kepada kamu sekalian, maka Allah akan melipatga

TATA TERTIB PENGGUNA LABORATORIUM

TATA TERTIB PENGGUNA LABORATORIUM Assalamualaikum wr, wb. Mohon untuk diperhatikan!. Dibawah ini adalah seperangkat peraturan yang berlaku bagi semua pengguna laboratorium selama menggunakan fasilitas laboratorium. 1. Masuk dengan ijin akses dari pengelola (jurusan atau yang diberikan mandat) 2. Tidak menggunakan Laboratorium diluar jadwal yang telah disepakati oleh pengelola dengan jurusan 3. Dilarang menambah, mengurangi, merubah, menghilangkan, fasilitas laboratorium baik yang berbentuk hardware ataupun software 4. Membuka sandal/sepatu ketika memasuki Lab, 5. Dilarang mengotori, dan meninggalkan sampah diruang laboratorium, 6. Dilarang meroko apalagi menyalahgunakan narkoba, miras dan zat yang merugikan lainnya, 7. Tidak diperkenankan melakukan hal yang tidak baik, menurut pandangan norma dan nilai, 8. Wajib menjaga keutuhan dan kerapihan serta kebersihan lab. 9. Tidak diperbolehkan berkata-kata kasar, kotor, tidak sopan dan berisik, 10. Jika waktunya salat sudah tiba, maka lab, d

LAPORAN KEGIATAN METAMORFOSIS DARI SEKSI ACARA

LAPORAN KEGIATAN METAMORFOSIS’09 DARI SEKSI ACARA Disusun oleh PJ dan anggota seksi acara Metamorfosis Untuk dijadikan sebagai laporan kegiatan Metamorfosis. Alhamdulillah, atas ijin dan kodrat Allah kami dari seksi acara dalam kegiatan “Menata Hati Gali Potensi Dalam Forum Silaturahmi Tekpend Tahun 2009” yang disingkat dengan nama Metamorfosis’09, akhirnya berhasil menyusun laporan seputar kerja seksi acara, tepat pada waktunya. Salawat dan salam semoga selamanya tercurahlimpahkan kepada pemimpin sejati panutan umat diseluruh dunia, yakni nabi yana wahabibana Nabi Muhammad saw, kepada keluaranya, para sahabatnya, dan seluruh umatnya termasuk kita didalamnya, yang semoga mendapatkan pertolongan darinya dengan ijin Allah nanti diyaumil kiyamah, amin. Dalam laporan ini tidak banyak yang akan kami laporkan, hanya seputar acara yang direncanakan, acara yang dilaksanakan, hambatan dan rintangan, dan juga saran kepada panitia selanjutnya. Baiklah kita awali dengan penulisan panitia yang te

Tata Tertib Peserta Kegiatan Metamorfosis'09

TATA TERTIB PESERTA KEGIATAN METAMORFOSIS’09 Bismilahirahmanirahim, Assalamualaikum wr. wb. 1. Luruskan niat untuk mencari ridho Allah dengan membenahi diri, menggali potensi dalam forum silaturahim sesuai dengan tema kegiatan. 2. Mengenakan pakaian yang layaknya seorang muslim (sopan, dan sesuai syariat Islam) dari awal sampai akhir kegiatan, 3. Membawa Al-qur’an, kecuali jika Ia non-islam dan perempuan yang sedang berhalangan, 4. Selama berada didalam mesjid wajib punya wudhu, 5. Diupayakan mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir, bagi yang berkepentingan harap konfirmasi kepanitia (Ikhwan ke Jeny/ketuplak dan akhwat ke Hany/sekretaris) 6. Membatasi hubungan antar lawan jenis secara berlebihan dan menyalahi kaidah dan etika seorang muslim, 7. Tidak berbicara, bersikap, serta beringkah laku yang tidak baik (yang jadi patokan dan ukuran baik tidaknya adalah tuntutan Allah swt dalam tuntunan Rosululloh saw.

TOR MATERI BIAR DUNIA KAMPUS NGGAK MAMPUS

KLU-KLU MATERI YANG DIHARAPKAN: TEMA MATERI : “BIAR PRIBADI ANAK KAMPUS NGGAK MAMPUS” DURASI MATERI :60 MENIT+SESI TANYA JAWAB PERTIMBANGAN DIANGKATNYA TEMA DIATAS: 1. MENGINGAT :1. Tidak sedikit mahasiswa yang tidak faham tugas dan fungsi serta tanggungjawabnya sebagai insan pendidikan 2. Masih saja ada mahasiswa yang belum mampu menempatkan dirinya sebagai mahasiswa, realitanya mereka masih biasa membawa dan melakukan kebiasaan-kebiasaan sewaktu di SMAnya dulu. 3.Ada mitos bahwa kehidupan sewaktu mahasiswa itu adalah kehidupan yang serba bebas, apalagi jauh dari orang tua, sehingga masih ada mahasiswa yang lebih memilih kediskotik, atau nonton kebioskop, tidak terkecuali ada mahsiswa yang minum minuman keras sewaktu menghadapi banyak tugas kuliah, mungkin karena alasan depresi. Tidak terlewat juga yang biasa berhubungan dengan sesama jenis tanpa batas, padahal islam sangat jel

DRAF MC FORMA;L PADA PENUTUPAN TUTORIAL

Penutupan Program Tutorial Pendidikan Agama Islam Mata Kuliah Dasar Umum UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Semester Genap 2008-2009 Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yaa ‘alima ma fish-shudur, akhrijni, minazhulumati illannur. Rabbi sahri sodri, waya sirli amri, wahlulukdatamilisani yaf kaul kauli. Bapak Rektor Universitas Pendidikan Indonesia ... yang kami hormati Bapak Ketua Jurusan Mata Kuliah Umum… yang kami hormati Bapak Koordinator Penyelenggara Program Tutorial Mata Kuliah Dasar Umum Pendidikan Agama Islam Drs. A. Toto Suryana Afriatin M.Pd yang kami hormati Bapak-bapak dosen mata kuliah Pendidikan Agama Islam yang kami hormati Dan hadirin para peserta Program Tutorial yang kami banggakan Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah yang Mah

DRAF MC FORMAL PEMBUKAAN TUTORIAL UPI

Pembukaan Program Tutorial Pendidikan Agama Islam Mata Kuliah Umum UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Semester Ganjil 2008-2009 Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yaa ‘alima ma fish-shudur, akhrijni, minazhulumati illannur. Rabbi sahri sodri, waya sirli amri, wahlulukdatamilisani yaf kaul kauli. Bapak Rektor Universitas Pendidikan Indonesia ... yang kami hormati Bapak Ketua Jurusan Mata Kuliah Umum Bunyamin Maftuh Drs.M.Pd,M.A yang kami hormati Bapak Koordinator Penyelenggara Program Tutorial Mata Kuliah Umum Pendidikan Agama Islam A. Toto Suryana Afriatin Drs.M.Pd yang kami hormati Bapak-bapak dosen mata kuliah Pendidikan Agama Islam yang kami hormati Dan hadirin para peserta Program Tutorial yang kami banggakan Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah yang Maha Kuasa, atas rahmat dan hidayah-Nya k

Teoru Belajar Kognitivisme

RINGKASAN MATERI TEORI BELAJAR BEHAVIORISME 1. Dalam mendefinisikan istilah belajar, para ahli tidak menyepakati dibuatnya satu aturan pemahaman, walaupun kebanyakan ahli menyepakati bahwa belajar adalah unjuk kerja ketika seorang individu merespon terhadap suatu keadaan dalam cara yang baru dan respon tersebut terjadi berulangkali dalam situasi yang sama. 2. Para ahli tori behavioral menempatkan penekanan khusus pada kondisi rangsangan dan respon yang dapat diobservasi 3. Hubungannya dalam belajar, jika dua kejadian terjadi secara bersama serta mengalami pengulangan2, mereka akan berhubungan. Pada akhirnya mereka akan terjadi secara bersamaan, yang lainnya juga akan teringatkan 4. Dalam pengkondisian yang klasikal, sebuah stulumlus netral yang berikutnya perbaikan yang diulangi dengan sebuah stimulus bahwa kesiapan kapasitas pada keempat pembawaan sebuah emosi dan respon psikologi. 5. Kondisi pelatihan adalah terkondisikan denagn mengurangi

Konsep Umum Teori Belajar Begaviorisme

RANGKUMAN MAERI TEORI BELAJAR KOGNITIVISME 1. Para ahli kejiwaan kognitif mempelajari berapa orang yang mengerti, mempersentasikan ulang, dan mengingat informasi. Mereka tertarik dengan perbedaan dalam diri individu dan situasi belajar yang khusus. 2. Supaya memiliki rasa yang sangat beragam mengenai stimulus yang meningkatkan perasaan kita, kita harus mengabaika beberapa stimuli dan mengakui bentuk-bentuk yang lainnya, proses mengetahui sebagai persepsi. 3. Investigasi awal dalam proses telah diakibatkan oleh teori gestalt. Kontribusi mereka memasukan prinsip gestalt untuk mengelola stimuli (proksimiti, kesamaan, pengakhiran, figure mendasar, dan banyak lagi yang lainnya) 4. Persepsi juga dipengaruhi oleh analisis kestimewaan ataupun proses dari bawah keatas, dan kontek atau proses dari atas kebawah. 5. Informasi seharusnya bisa disimpan dengan baik dalam memori agar memiliki banyak n ilai manfaat pada sat dibuthkan selanjutnya. 6. Kebanyakan para a