Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Maret 12, 2013

Evaluasi Kurikulum : Suatu Miskonsepsi Paradigma

Oleh Muhamad Imam Mutaqin (Mahasiswa S1 Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI) Evaluasi merupakan kata yang bagi para siswa seringkali diindentikkan dengan nilai mata pelajaran, karena kurangnya pemahaman yang benar terhadap makna dari evaluasi sendiri. Terlebih lagi karena kesan yang dirasakan memang bukanlah kesan yang seharusnya dialami, melainkan mereka menerimanya sebagai suatu acuan keberhasilan diri yang mau tidak mau mereka harus berhasil dikarenakan hal tersebut akan memberikan status dan pandangan tertentu dari lingkungan sosial ataupun keluarganya yang baik atau tidaknya ditentukan dari bagus atau jeleknya pencapaian nilai siswa yang bersangkutan. Evaluasi sendiri menurut Nana Syaodih (1994:172) sebagai kegiatan yang luas, kompleks dan terus menerus untuk mengetahui proses dan hasil pelaksanaan sistem pendidikan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan, sedangkan didefinisikan dari segi istilah menurut Edwind Wandt dan Gerald W. Brown (1977) adalah sebagai ber