Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Desember 9, 2009

KONSEP DASAR PEMBELAJARAN

KATA PENGANTAR Segala fuji, fuja dan syukur, beserta segenap penghambaan hendaknya senantiasa kita panjatkan hanya untuk Allah semata, Tuhan yang telah mencipta kita, sedang mengatur semua hal yang terjadi pada diri kita dan akan kepada-Nya kita semua mempertanggungjawabkan semua perbuatan selama hidup didunia pana ini. Alhamdulilah atas karunianya kami kelompok 1, telah selesai menyusun perbaikan (revisi) makalah yang telah kami persentasikan dalam persentasi kelas pada hari Rabu, 18 November 2009, pada kegiatan perkuliahan Kurikulum dan Pembelajaran kami. Salawat beserta salam semoga selamanya tercurah limpah atas baginda tercinta orang yang paling mulya dalam pandangan manusia dan juga Allah, seorang revolusioner, yang telah menghantarkan kita semua menuju titik cahaya terang untuk kebahagiaan yang hakiki. Yakni Nabi Muhammad SAW. Semoga sampai juga kepada keluarga tercintanya, sahabat setianya dan seluruh umatnya yang senantiasa taat, turut dan akan selamanya menjadi risalah agama

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN

NAMA : ENCE SURAHMAN NIM: 0800201 MHS. KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA-BANDUNG ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ PEMBIAYAAN PENDIDIKAN Sebelum saya menjelaskan lebih jauh tentang pembiayaan pendidikan, saya coba sedikit gambarkan diagram keterkaitan antara pendidikan dengan komponen-komponen manajemennya. Gambar di samping ini saya persepsikan bahwa kelima faktor penunjang pendidikan itu sangat vital perannya dalam rangka melaksanakan proses pendidikan, baik itu dilevel mikro ataupun makro, kesemua faktor penunjang itu sunggguh tidak bisa dipilah-pilah lagi, dan kesemuaannya, akan menjadi satu kesatuan yag terintegrasi, dengan kesimpulan bahwa hilangnya diantara salah satu dari kelima faktor penting ini akan mengakibatkan lemahnya kerangka pendidikan bahkan bisa mengakibatkan lesu atau terdiamnya proses pendidikan, sebagai contoh dalam aktivitas pendidikan, sementara biaya