Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 27, 2010

CATATAN KULIAH INOVASI PENDIDIKAN Senin, 11 Oktober 2010,

Bersama Dr. Endang Hernawan, M.Pd Inovasi hadir untuk memperbaharui, mengatasi permasalahan, dimana diasumsikan bahwa dibutuhkan carayang baru, maka diperlukan yang namanya inovasi. Misalnya untuk menambah ruang belajar, maka diperlukan yang namanya inovasi. Salah satu contoh dari inovasinya adalah adanya Sekolah terbuka, dari SMP sampai Perguruan tinggi ada pembelajaan terbuka. Inovasi muncul karena permasalahan2 dalam pendidikan: 1. Mutu Artinya harus dikejar namun dalam konstek2 tertentu hal itu tidak memungkinkan, karena mungkin faktor geografis, dll. 2. Akses Untuk mengakses pendidikan tidak mudah, karena indonesia daerahnya luas, maka untuk mengatasinya perlu ada inovasi. 3. Relevansi Inovasi itu bermacam-macam dengan media 2 dimensi, atau media 3 dimensi. Itupun bagain dari inovasi. Inovasi adalah suatu ide, barang, metoda, yang dianggap sesuatu yang abru oleh seseorang atau sekelompok orang. Istilah yang berdekatan dengan inovasi adalah discovery artinya sesuatu tu elah ada tap

CATAN KULIAH INOVASI PENDIDIKAN 28 Oktober 2010

KAMIS, 28 OKTOBER 2010 PROSES INOVASI DALAM PENDIDIKAN: Catatan penting: ” inovasi ada karena ada permasalahan” MENURUT ZATLMAN: 1. TAHAP/LANGKAH PERMULAAN Adalah menanamkan pada diri guru mengenai inovasi itu sendiri, agar guru paham maksud dari inovasi yang dilakukannya. Misalnya ada inovasi dalam hal kurikulum, maka guru harus dipahamkan terkait dengan kurikulum yang baru. A. PENGETAHUAN DAN KESADARAN Kesadaran merupakan hal pertama dan penting untuk diberikan kepada guru. Kesadaran mengenai pentingya berinovasi,dalam dunia pendidikan, karena kalau tidak ada inovasi maka sistem pendidikan kita tidak akan ada perubahan dan kemajuan. Kesadaran untuk menerima inovasi akan menjadi penentu berhasil tidaknya proses inovasi tiu sendiri. untuk mencapai keberhasilan ini maka perlu adanya setrategi dalam berinovasi ataupun dalam menerapkan inovasi, bisa dengan strategi pemaksaan, atau bujukan,hadiah (reward) dan hukman (punisment), Untuk meningkatkan motivasi penerimaan inovasi, maka salah s