Langsung ke konten utama

CATATAN KULIAH INOVASI PENDIDIKAN Senin, 11 Oktober 2010,

Bersama Dr. Endang Hernawan, M.Pd

Inovasi hadir untuk memperbaharui, mengatasi permasalahan, dimana diasumsikan bahwa dibutuhkan carayang baru, maka diperlukan yang namanya inovasi.
Misalnya untuk menambah ruang belajar, maka diperlukan yang namanya inovasi.
Salah satu contoh dari inovasinya adalah adanya Sekolah terbuka, dari SMP sampai Perguruan tinggi ada pembelajaan terbuka.
Inovasi muncul karena permasalahan2 dalam pendidikan:
1. Mutu
Artinya harus dikejar namun dalam konstek2 tertentu hal itu tidak memungkinkan, karena mungkin faktor geografis, dll.
2. Akses
Untuk mengakses pendidikan tidak mudah, karena indonesia daerahnya luas, maka untuk mengatasinya perlu ada inovasi.
3. Relevansi

Inovasi itu bermacam-macam dengan media 2 dimensi, atau media 3 dimensi. Itupun bagain dari inovasi.
Inovasi adalah suatu ide, barang, metoda, yang dianggap sesuatu yang abru oleh seseorang atau sekelompok orang. Istilah yang berdekatan dengan inovasi adalah
discovery artinya sesuatu tu elah ada tapi belum diketahui orang, contohnya penemuan benua-benua didunia.
Invensi adalah inovasi yang benar2 baru, dan sebeumnya belum pernah ada, contohnya dalam teori-teori pendidikan.
Inovasi sesuatu yang baru untuk memecahkan permasalahan.
Dulu di Upi pernah menggunakan metode kuliah umum, untuk beberapa maa kuliah seluruh mahasiswa yang mengontrak matakuliah yang sama disatukan dalam satu tempat dan satu waktu,
Pernah juga berinovasi dengan menggunakan yang namanya radio pendidikan, serta juga menggunakan sistem modul.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste