Langsung ke konten utama

PENGERTIAN KOMUNIKASI

PENGERTIAN KOMUNIKASI

OLEH: ENCE SURAHMAN

Seperti kita ketahui interaksi antar makhluk hidup khususnya manusia, mutlak sangat diperluka. Mengingat manusia adalah makhluk sosial, makhluk yang selalu membutuhkan orang lain, makhluk yang tidak dapat hidup sendiri.

Maka dari hal diatas mau tidak mau manusia akan melakukan proses interaksi dengan sesamanya, dengan tujuan umum yaitu untuk memenuhi keinginan dirinya, untuk dapat bergaul dengan yang lainnya, untuk bertukar pikiran dan pemahamannya, untuk mempengaruhinya, dll.

Interaksi yang dimaksud diatas lebih spesipiknya dapat dikatakan sebagai suatu proses yang terjadi secara langsung ataupun tidak langsung yang dilakukan secara disadari dengan tujuan yang hendak di dapatkannya yang disebut komunikasi.

Dibawah ini akan saya uraikan mengenai definisi komunikasi,

Pada dasarnya komunikasi merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa? Mengatakan apa? Dengan saluran apa? Kepada siapa? Dengan akibat atau hasil apa? (who? Say what? In which channel? To whom? With what effect?) (Laswell 1960)

Dari pengertian diatas jelas bagi kita untuk memberikan suatu penjelasan lebih sesuai dengan inti kandungan pengertian komunikasi yang dikemukakan oleh Laswell.

Dibawah ini saya akan sedikit menguraikan maksud dari pengertiannya.

1. Who? (siapa/sumber)

Yang dimaksud who/siapa disini adalah orang/kelompok/organisasi/lembaga/instansi/ negara yang berkedudukan sebagai sumber atau komunikator. Pihak inilah yang pertama menginginkan proses komunikasi terjadi.

2. Say what? (pesan)

Pesan yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan bisa berupa tulisan, symbol, keahlian, makna, yang mana pesan ini merupakan isi dari komunikasi yang dilakukan yang nantinya akan memberikan effect tertentu bagi komukan

.

3. In which chjannel? (saluran/media)

Dalam hal ini komunikator menyampaikan pezsannya dengan menggunakan saluran atau media apa? Saluran yang dapat dimanfaatakan utnuk menyampaikan pesan komunikasi.

Media yang dimaksud dapat dibedakan menjadi media yang bersifat kontemporer, ataupun media yang bersifat modern.

Media kontemporer yaitu media yang cirri-cirinya masih menggunakan pola dan sisitem kerja yang manual, misalnya pada jaman dahulu kala ketika ingin mengyampaikan pesan berupa surat maka media yang digunakannya yaitu memanfaatkan jasa burung.

Adapun yang diamksud media modern misalnya yang saat ini sedang memnajadi perbincangan hangat diatara kita, contoh aplikasinya yaitu misalnya untu menyampaikan pesan berupa surat saat ini kita tidak lagi memanfaatkan peran burung melainkan memanfaatkan via e-mail.

Jadi media atau ghannel sangta diperlukan juga dalam proses komunikasi.

4. To whom? (untuk siapa/penerima?

Kepada siapakah pesan disampaikan? Dalam hal ini yang dimaksudnya yaitu pihak penerima pesan yang disebut komunikan. Komunikan bisa berupa orang secara individu, kelompok, lembaga, instansi, Negara. Yang mana menjadi tujuan penyampaian pesan dari komunikator. Pihak inilah yang nantinya akan merasakanb akibat dari pesan yang diterimanya.

5. Whit what effect? )dampak/pengaruh?

Setelah proses komunikasi dilakuakan maka dalam diri komunikan akan terjadi perubahan tertentu baik itu dalam sikapnya, kepribadiannya, tingkah lakunya sesuai dengan isi pesan yang diterimanya.

Effect ini akan dirasakan tatkala si komunikan mampu memahami isi pesan yang diterimanya.

Komentar

  1. assalamualaikum wr wb.
    terima kasih atas artikelnya,,,, saya mendapat penjelasan yang cukup memuaskansetelah membaca isi artikelnya,,,, dan saya tunggu artikel yang selanjutnya,,,,, salam dari orang Bandung....

    BalasHapus
  2. artikelnya sangat berbobot,,, jelas dan memuaskan... terim kasih,,,,,,,
    salam...

    BalasHapus

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste