Langsung ke konten utama

SOAL UTS PSIKOM 2009

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Jl. Dr. Setiabudhi 229 Bandung 40154 Tlp. 2013161-2013163 Fax. 2013651




SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER 2009

Mata Kuliah : Psikologi Komunikasi

Hari : Jum’at/ 10 April 2009

Sifat : Take home

Petunjuk Pengerjaan!

1. Kerjakan soal di kertas A4 (bukan folio bergaris), dengan tulisan tangan yang jelas dan rapi!

2. Kerjakan secara berurutan!

3. Dikumpulkan pada tanggal 17 April 2009!

4. Jika terdapat pola jawaban yang sama, maka dianggap tidak mengikuti ujian!

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan baik dan benar!

1. Psikologi Komunikasi melihat bagaimana respon yang terjadi pada masa lalu, selain itu dapat juga meramalkan respon yang akan datang. Jelaskan makna psikologi komunikasi yang sebenarnya! Berikan contoh aplikasi psikologi komunikasi dalam kegiatan keseharianmu di rumah!

2. Individu bereaksi pada situasi sesuai dengan persepsi tentang dirinya dan dunianya. Ia bereaksi pada “realitas” seperti yang dipersepsikan olehnya dan dengan cara yang sesuai dengan konsep dirinya. Kemukakan faktor-faktor personal dan situasional yang mempengaruhinya! Berikan contohnya pada saat kegiatan belajarmu di dalam kelas!

3. Proses pengolahan informasi dalam komunikasi intrapersonal meliputi sensasi, persepsi, memori dan berpikir. Persepsi mengubah sensasi menjadi menjadi informasi! Jelaskan makna kalimat tersebut! Buatlah gambar yang dapat mewakili apa yang dimaksud dalam kalimat tersebut.

4. Persepsi interpersonal besar pengaruhnya bukan saja pada komunikasi interpersonal, tetapi juga pada hubungan interpersonal. Karena itu, kecermatan persepsi interpersonal akan sangat berguna untuk meningkatkan kualitas komunikasi. Bagaimana kita mengetahui perilaku orang lain disebabkan faktor internal dan bukan faktor eksternal? Berikan contohnya dalam bentuk gambar/foto dari koran, majalah, atau foto asli.

5. Keefektifan kelompok adalah ‘the accomplishment of the recognized objectives of cooperative action” (Barnard, 1938:55). Buatlah sebuah jaringan komunikasi, selanjutnya jabarkan skema proses interaksinya dan jelaskan proses tersebut!

Percayalah pada diri sendiri!!

Komentar

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste