Langsung ke konten utama

Panduan Talkshow Tikers 2008

PANDUAN KEGIATAN TOLKSHOW KELAS TIK 2008

TUGAS DARI MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

BANDUNG, ……………......-…………………, ……-……. …………… 2009

DISUSUN OLEH ACARA


Pengantar penyusun

Alhamdulilah dengan ijin Allah kami bisa menyusun panduan kegiatan ini. Panduan ini dibuat dalam rangka mempersiapkan semua hal terkait dengan rencana kegiatan yang akan kami laksanakan beberapa hari lagi.

Dalam panduan ini pembaca akan mengetahui tentang konsepan acara beserta tekhnis jalannya acara dari awal sampai akhir kegiatan, yang tidak kalah penting dari panduan ini adalah nantinya para panitia akan tahu apa yang seharusnya dilaksanakan. Demikian semoga bermanfaat, amin.

Gambaran Umum Kegiatan

Insya Allah kegiatan akan kita laksanakan pada, hari dan jam kuliah mata kuliah Perkembangan Peserta Didik biasa dilaksanakan yaitu pada:

Hari : Rabu

Waktu : Pukul 08.00-10.40 WIB

Tempat : Ruang 2 Lantai 3 Gedung FIP lama UPI.

Panitia : Mahasiswa TIK yang terdaftar jadi panitia,

Peserta : Mahasiswa TIK yang bukan panitia

Pembicara: beberapa siswa SMP dan SMA dibandung.

Tema : “………………………………………………..”

Konsepan Acara Yang Direncanakan

Waktu

Kegiatan

Pengisi

07.30-08.00

Kumpul dan Breafing Panitia

Panitia

08.00-08.30

Checking semua kebutuhan, panataan ruangan, podium dan denah peserta

Panitia

08.30-08.45

Persiapan acara pembukaan, piksasi undangan, dan pengondisian peserta

Panitia

08.45-09.00

Pembukaan:

Baca Al-quran+sarinya

Laporan Ketua Pelaksana

Sambutan dari dosen dan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Tolkshow

Mc: Sie.Acara

Baca Qur’an: Ust. Makhsus dan Haris

Laporan: Aby,

Sambutan: Bu Anne

09.00-09.10

Pemanggilan Pembicara(siswa SMP &SMA) diselingi dengan Hiburan 1 buah lagu

Humas

Panitia Kesenian

09.10-10.15

Tolkshow

Dimulai dengan perkenalan pembicara, lalu dilanjutkan dengan Tanya jawab seputar persoaln peserta didik,

Mod: Ichi/Tiara

Pembicara:

Siswa SMP dan SMA

10.15-10.30

Sesi inagurasi, makan-makan

Pnitia & peserta

10.30-10.40

Penutupan

Laporan Ketuplak

Sambutan dari Bu Anne

Penyerahan PLakat

Doa tutup

Panitia

Mc:………….

Aby

Bu Anne

Ust. Makhsus

10.40-10.50

Beres-beres peralatan

Panitia Logistik

10.50-..

Pulang

Semua

Peralatan yang dibutuhkan:

Peralatan

satuan

Ket.

Screen proyektor

1 set

Di jurusan

Proyektor

1 unit

Dijurusan

Laptop

1 Unit

Haris dkk

Sound system

1 set

Di Hima

Spanduk kain kalau ada

1

Buat dulu

Kamera/handy camp

1

@Tiara/Roby

Meja

3

Dikelas lain

Kursi biasa/yang kulit

38

Dikelas

Kursi yang kain

8

Diwb 08

Al-qur’an terjemahan

1

Di Roby M

Map untuk perlengkapan draf acara

1

Beli/1.500an

Plakat untuk pembicara

4

Bikin

Makanan berat untuk pembicara

5

beli

Makanan ringan untuk peserta

secukupnya

beli

Denah Tempat Duduk Antara Pembicara dan Peserta

Tekhnis Pelaksanaan Tolkshow

Pertama-tama Insya Allah kita akan berbincang-bincang hangat dengan pembicara, moderator bertanya kepada setiap pembicara mengenai:

1. Kriteria guru ideal menurur mereka seperti apa?

2. Guru yang membuat semangat belajar itu tipenya seperti apa?

3. Sifat guru yang tidak disenangi oleh mereka bagaimana?

4. Kecurangan-kecuranga yang tidak seharusnya dilakukan oleh guru?

5. Lantas bagaimana sikap guru ketika menghadapi siswanya yang sedang punya masalah?

6. Apakah siswa selalu mengaharapkan bimbingan dari guru? Dalam hal apa saja?

7. Bagaimana kritik mereka mengenai sikap guru yang suka bermain cinta dengan siswa?

8. dll.

Pertanyaan juga boleh dari peserta, dengan catatan buat mereka seperti curhat jangan seperti diintergasi, enjoy aja.

Demikian panduan sederhana untuk melaksanakan kegiatan Tolkshow TIK’09.

Catatan: panduan ini hanya dasar yang belum fix, kita bisa menambah, atau menguranginya, sesuai dengan situasi dan kondisi serta kebutuhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste