Langsung ke konten utama

Panduan Interview Maru stand Bidag

PANDUAN KEGIATAN INTERVIEW PADA RANGKAIAN ACARA PENJEMPUTAN

TAMU BARU DI KELUARGA HIMA TEKPEND

Disusun oleh Kabidag:

ncislam4ever

A. Muqodimah

Segala puji dan segenap penghambaan hanya wajib kita panjatkan kekhadirat Allah SWT, satu-satunya Tuhan yang wajib kita semabah, wajib kita taati, wajib kita berserah diri dalam setiap saat dan suasana, dimanapun dan kapanpun kita selalu terikat oleh aturan-Nya, dan senantiasa berada dalam pengaturan-Nya, semoga kita selalu ingat bahwa Allah senantiasa menyaksikan kita,selalu mencatat semua perbuatan kita baik itu berupa amalan baik atuapun amalan burukmyang demi Allah itu semua akan danharus kita pertanggungjawabkan,

Ikhwatifillah, ketahuilah bahwa semua hal yang kita lakukan, jadikan perintah Allahsebagai landasan, dengan mencontoh Rosululoh dan dengan suasana hati yang ikhlas, karena 3 kriteria itulah yang harus kita miliki agar ridho dan janji balasan Alalh akan kita dapatkan, begitupun dengan yang sekarang antum ikuti, saat ini kita sedang beada dalam jalan dakwah, yang merupakan salah satu ibadah, maka totalitas keikhlasan antum sangat mutlak wajib diupayakan.

Salawat dan salam semoga senantias tercurahlimpah kepada baginda kita tercinta Nabi Muhammad saw, kepada keluarganya, para sahatnya, tabi'in itbaut tabiatnya, dan untuk seluruh umat Islam yang telah, sedang dan akan senantiasa berjuang mempertahankan, menjaga eksistensi Islam hingga ajkhir zaman, dan semoga kita semua akan berkumpul bersama dalam ridho Allah dengan balasan yang setimpal usaha kita, amin,

Panduan ini sengaja saya buat sebagai wujud tanggung jawab saya sebagai orang yang diamanahi jadi ketua di bidang agama. Adapun tujuan disusunnya panduan ini tiada lain ialah agar adanya standarisasi kerja para petugas yang diamanahi untuk menguruskan kegiatan interview maru nantinya. Adapun panduan ini bukan satu aturan yang bersifat rigid atau kaku, melainkan dalam proses pelaksanaannya berfungsi hanya sebagai kerangka dasar, jika memang panduan ini dianggap atau dirasa kurang relevan dengan kebutuhan atau musalnya kurang baik, maka saya dengan ini menyatakan mengjinkan antum untuk menambah, atau merubah konten panduan ini. Dengan satu catatn jangan sampai keluar dari jalur kebenaran, artinya jangan sampai bertentang dengan peraturan dan kaidah yang Allah dan rosulnya telah tetapkan. Harapan saya panduan ini akan menajdi bahan pertimbangan antum melakukan interview.

B. Panduan interview Bidang Agama Hima Tekpend

Kegiatan interview Maru nanti akan terbagi kedalam 3 sesi atau 3 jalur, yaitu:

1. Jalur PMDK

Adapun pelaksanaan jalur PMDk akan dilaksanakan pada Hari Rabu dan Kamis, tanggal 1 dan 2 Juli 2009, tempat pelaksanaan interview yaitu di sekitar area kampus, mengikuti yang direncankan oleh panitia penjemputan. Adapun kita dari bidag bertugas sebagai tim penyambut atau penerima tamu yang kanmenjadi bagian dari keluarga besar kita kedepannya.

2. Jalur Ujian masuk

Berhubung waktu registrasinya belum jelas maka waktunya menyesuaikan dengan jadwal

registrasi dari rektorat.

3. Jalur SNMPTN

Interview maru jalur SNMPTN juga menyesuaikan dengan jadwal registrasi dari rektorat.

Teknis pelaknasaan

Karena tim penjemputan dari BAAK suah ada petugasnya, maka tugas kita hanya pada saat interview saja. Yaitu ditempat yang telah panitia siapkan.

Adapun tugas yang harus kita persiapkanuntuk kelancaran agenda kita ini adalah sebagai berikut:

a. menyiapkan dan menempatkan 1meja yang kecil , dan ditutupi dengan taplak meja, teknis pengadaan, diantara kita yang punya dibaa saja,

b. menyiapkan minimal 2 mushaf yang ada terjemahannya, digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca Al-quran maru,

c. menyiapkan pertanyaan-pertanyaan, untuk diajukan ke maru.

d. menyediakan presensi rangkap 2 untuk setiap maru yang diinterview, tujuan rangkap 2 ialah untuk arsip kalau-kalau hilang,

e. menyediakan 1 balpoint,

f. menyediakan air minum dan makanan ringan untuk maru (insidental),

Tahapan interview

1. maru dipersilakan duduk, dengan perintah sesantun mungkin,

2. lalu ta'arupan (tanya identita umum mereka) buat mereka nyaman di stan bidag, sambil dipersilakan minum atau negmil makanan ringan

3. lantas diminta bersama-sama membaca al-quran, adapun ayatnya kita yang menentukan, tidak usah banyak-banyak, yang pasti terjemahannya harus dibaca juga, makanya ayat yang dipilih harus diperhatikan, misalnya aayat 56 surat Adz-dzariyat. Yang menjelaskan tentang tugas utama manusia diciptakan Allah,

4. setelah itu baru masuk pada pengajuan pertanyaan-pertanyaan, buat agar mereka merasa tidak di interogasi, kayak sering saja,

5. setelah itu dituup dan dipersilakan menuju stan selanjutnya.

Pertanyaan-pertanyaan minimal yang harus ditanyakan ke maahsiswa baru:

  1. identitas umum mahasiswa baru,
  2. pengalaman organisasi maru dan dikerucutkan pada pengalaman oranganisasi keagamaan, baik itu disekolahnya ataupun di luar sekolahnya,
  3. pengalaman pesantren,
  4. pandangan mereka tentang kemokbrokan moral remaja saat ini, (free sex, narkoba, dll) lalu tanggapannya bagaiamna?
  5. ketertarikan mereka pada kegiatan apa dikampus? (*keagamaan, plahraga, kesenaian, keilmuan profesi, dll)
  6. lantas kita berikan gambaran kegiatan dan proker-proker bidag, selanjutnya minta saran dan harapan mereka terhadap kegiatan bidag,

demikian saja, panduan ini saya susun semoga penuh berkah kebaikan, dan jika dirasa banyak kekuranganmohon kersamanya untuk diperbaiki,

“Semoga Bidag sekarang adalah periode keemasan Bidag di Hima Tekpend”

Wassalam:

Kabidag Himatek09/10

ttd

Ence Surahman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste