Langsung ke konten utama

Contoh TOR Materi

TERM OF REFERENCE (TOR) MATERI
” BEDAH BUKU AGAR JATUH CINTA GAK JADI BENCANA DALAM RANGKAIAN ACARA ASSALAMUALAIKUM CINTA ”
Hari, Tanggal : Kamis, 29 April 2010
Waktu : Jam 13.00-14.45 (1.45 Jam)
Tempat : Auditorium Utama FIP UPI Bandung
Pembicara 1 : Jauhar Al-Zanky (Penulis Buku Agar Jatuh Cinta Nggak jadi Bencana)
PJ Acara : Divisi Materi dari Bidang Agama Hima Tekpend
Materi : Menemukan Hakikat Cinta Yang Sesungguhnya
Teknis Keg- : Pemateri akan ditemani dengan seorang pemandu (moderator). Dan insya Allah akan ditemani dengan pemateri pembanding. Pemandu akan memberikan kesempatan kepada pembicara 1 (penulis bukunya) untuk memaparkan secara umum tentang gambaran isi dalam buku yang akan dibedah, kemudian akan dilanjutkan pemaparan pandangan umu dari pemateri 2 (Pembanding) dengan sesi tanya jawab dan diskusi dengan peserta yang akan dipantu oleh moderator.
Materi ini akan diberikan kepada Mahasiswa Kurtekpend khususnya, Umumnya mahasiswa FIP dan se-UPI. Yang jumlahnya insya Allah sekitar 100 orang. Materi ini ada dalam rangkaian kegiatan Redgard Alert (Acara Gebyiar tahunan pada setiap akhir masa kepengurusan HIMA Teknologi Pendidikan FIP UPI). Adapun materi ini terdapat dalam rangkian program yang bernama Assalamualaikum Cinta. Yang merupakan program pembuka rangkaian kegiatan Redgart Alert, materi tentang menemunkan hakikat cinta yan sesungguhnya ini, merupakan bahasa lain untuk membedah buku yang berjudul ” Agar Jatuh Cinta Gak Jadi Bencana”,. Materi ini diangkat, dilatarbelakangi oleh kenistaan pada beberapa kasus dilapangan, khususnya yang dialami oleh sebagian pasangan pemuda, yang kemudian menyalah artikan hakikat cinta, sehingga hal itu perlu diluruskan. Demi tegaknya hukum Allah.
Adapun arahan materinya adalah sebagai berikut:
1. Mengungkap makna cinta yang sesungguhnya, yang suci bersih tidak terkotori nafsu, dengan begitu peserta yang datang akan tersadarkan tentang makna dan arti cinta yang seharusnya dianut.
2. Memberikan penjealasan tentang perbedaan anatara cinta yang hakiki karena Allah dan cinta yang merupakan nama lain dari nafsu,
3. Memberikan penjelasan tentang adab berhubungan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mukhrim,
4. Mengungkap tabir, bahwa pergaulan bebas banyak madorotnya, terkait dengan keruntuhan moral, dan merupakan salah satu jebakan orang yang benci kepada Islam untuk menghancurkan Islam secara perlahan sehingga orang islam sendiri khususnya pasangan muda, tidak menyadari bahwa dirinya terjebak dalam jebakan musuh Islam,
5. Mengungkapan dampak dari penyalahartian cinta,
6. Memunculkan dan mnumbuhkan kesadaran dari para peserta bahwa hakikat cinta yang sesungguhnya sangatlah murni dan menjanjikan kebahagiaan, berbeda dengan cinta yang dibalut nafsu.

Bandung, 13 April 2010,

Panitia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste