Langsung ke konten utama

contoh naskah Sambutan

NASKAH LAPORAN PENGURUS PROGRAM TUTORIAL PAI MKDU UPI
Oleh: Ketua Umum Program Tutorial Periode 2010-2011

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia yang pada kesempatan ini didisposisikan kepada Pembantu Rektor Bidang Akadeik dan Hubungan Internasional Bapak Prof.Dr.H.Furqon,Ph.D yang kami Hormati, terimakasih atas kehadirannya,
Jajaran Pengurus Mata Kuliah Dasar Umum UPI yang kami hormati,
Seluruh Dosen PAI MKDU UPI yang kami hormati,
Pengurus Penyelenggara Program Tutorial PAI MKDU UPI yang kami hormati,
Keluarga besar pengurus Dewan Kemakmuran Mesjid Al-Furqon UPI yang kami hormati,
Para Tutor, Binder, dan seluruh peserta Program Tutorial PAI MKDU UPI yang kami ucapkan selamat datang di Kampus yang Leading and outstanding dengan motto “Edukatif, Ilmiah dan Religious”,

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum Wr wb
Sebagai makhluk yang lemah yang diciptakan dalam wujud terbaik diantara makhluk-Nya yang dibekali akal sehingga kita menjadi mulia, yang telah sedang dan akan selamanya diberikan nikmat yang tidak akan terhitung, maka dari itu marilah kita rendahkan diri dan hati kita dihadapan-Nya, kita memuji syukur atas segala nikmat-Nya, semoga kita menjadi golongan orang-orang yang bersyukur kepada-Nya amin ya Allah ya rabbal’alamin.
Salawat beserta salam semoga selamanya tercurahlimpahkan kepada panutan kita, gruu kita, baginda muhammad SAW, kepada keluarga dan seluruh umat muslim dari awal hinga akhir zaman, mudah-mudahan tetap istiqomah dalam rangka mencari, mempelajari, memahami, mengamalkan dan mengajarkan atau mendakwakan risalah yang dibawanya yaitu risalah yang rahmatan lila’alamin, mudah-mudah kelak diakhirat ketika matahari diatas kepala kita, semoga kita mendapatkan safa’at dari-Nya amin ya Allah ya mujibassailin.
Masih dalam suasa perayaan hari kemengan, untuk itu saya mewakili seluruh jajaran pengurus operasional Program tutorial dari hati yang terdalam kami sampaikan Taqaballahumina waminkum shiyamana washiyamakum, Allahumaj’alna minal’aidin walfaizin, dan dari semua kesalahan mohon dengan penuh keikhlasan untuk memaklumi dan memaafkan.
Hadirin yang kami hormati Allah mulyakan,
Perkenalkan saya Ence Surahman Mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu pendidikan UPI angkatan 2008, selaku Ketua Umum pengurus harian/operasional program Tutorial mohon ijin untuk menyampaikan laporan.
Hari ini adalah hari pertama pelaksanan program Tutorial Pai MKDU UPI yang akan berlangsung selama 12 kali pertemuan di mesjid kampus terbesar di Indonesia, sehingga mudah-mudahan hal ini bisa menjadi kebanggaan bagi masyarakat UPI.
Adapun jumlah seluruh peserta pada kegatan Prog. Tutorial semester ganjil ini, untuk peserta adalah sebnayk 2.890 mahasiswa, terdiri dari 3 fakultas yaitu FIP, FPBS, FPIPS dan ada beberapa jujusan dari fakultas yang lain.
Dengan jumlah tutor yang telah melalui masa rekrutmen yang jumlahnya untuk ikhwan sebanyak 94 orang, dan Tutor akhwat sebanyak 188.
Hadirin yang berbahagia,
Kiranya perlu kami sampaikan prestasi yang beberapa tahun terakhir ini telah dicapai dan diperoleh oleh program Tutorial PAI MKDU UPI,
Diantaranya saat ini sembari kita terus memperbaiki sistem didalam, kita juga punya visi untuk berbagi dengan kawan-kawan dari kampus lain, visi kita “ternasionalisasinya Mentoring Pendidikan Agama Islam diseluruh Kampus di Indonesia” alhamdulillah sejak Juli Tahun 2008 Program tutorial UPI telah menjadi lembaga Mentoring kampus percontohan di seluruh Indonesia, bahkan bebarapa bulan terakhir kami sempat menerima kunjungan dari Polinela Lampung, PGRI Palembang, ITS Surabaya, UI Depok, dan juga pernah diundang ke Universitas Jambi, Polinela Lampung, Unjani Cimahi dan pekan depan harus ke Unswagati Cirebon, hal ini tiada lain adalah untuk memperkenalkan model yang kita miliki, yang ternyata respon dari setiap kampus rata-rata sangat responsif dengan model yang kita miliki, semoga hal ini akan bisa membawa nama UPI menjadi semakin Leading dan outstanding University. Amin ya Allah ya Rabbal’alamin.
Hadirin yang kami hormati
Barang demikian laporan yang saya sampaikan, dan untuk seluruh peserta program tutorial yang kami banggakan, kami ucapkan selamat datang dikampus yang edukatif ilmiah dna religius, mari ikuti kegiatan tutorial dengan penuh keihkhlasan, dan ketika ada yang bertanya apa itu program tutorial jawaban sederhanyanya tersirat dari dari kata TUTORIAl TU=tuntunan, To=pertolongan, ri=dari, Al=Allah, jadi sederhananya Tutorial adalah Program yang berupa Tuntunan dan Pertolongan dari Allah, semoga apa yang akan kami berikan bisa menjadi bagian dari sejarah jejak-jejak kesuksesan kita semua amin.
Mohon maaf atas kekurangan dan kehilapannya, dan terimakasih atas perhatiannya,
Bilahitaufik walhidayah walinayah walbarokah
Wassalamualikum wr wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste