Langsung ke konten utama

SIKLUS PENGELOLAAN LABORATOIUM TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

Oleh; Ence Surahman/Jaisyurahman
Mahasiswa Pendidikan Guru TIK.

Bahasan materi ini, sangat penting dipahami oleh orang-orang yang mengelola (tim manajemen) laboratorium TIK, dalam level dan lembaga apapun. Baik bagi pengembang, dan pengelola laboratorium yang sudah ada. Dalam pembahasan kali ini akan kita pelajari, mengenai siklus yang terdiri dari serangkaian proses dari awal pembangunan sampai tahap-tahap selanjutnya, dengan harapan manajer laboratoium akan mengetahui bagaimana menjadi pengelola laboratorium yang baik.
Topik-topik yang akan dibahas dalam pembahasan ini merupakan tahapan-tahapan dalam pembangunan dan pengelolaan laboratorium. Mulai dari tahap pengadaan (procurenment), penataan (structuring), pengamanan (security), pemeliharaan (maintenance), pembaruan (updating), dan juga penghapusan (elimination). Pembahasan lebih terperinci akan dipaparkan berikut ini:
1. Pengadaan (procurenment),
Pada tahap awal yang harus dipikirkan ketika akan membangun sebuah laboratorium, apapun itu jenis laboratoriumnya. Begitupun ketika kita akan membangu laboratorium TIK. Maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah tahapn pengadaan. Tahap ini adalah tahap pengadaan semua komponen yang diperlukan dalam seluruh kegiatan yang dilakukan di laboratorium. Tahap pengadaan meliputi tahap pengadaan:
a. Sarana meliputi gedung, atau ruangan,
b. Prasarana segala hal yang diperlukan untuk sampai kegedung atau laboratorium yang bersangkutan,
c. fasilitas meliputi lemari, AC, dll
d. perlatan meliputi pembersih ruangan, kesed, dll.
e. Pengadaan SDM meliputi tim yang mengelola lab, untuk posisi, manajer, laboran, teknisi, programer.
2. Penataan (structuring),
Penataan ruangan menjadi hal penting yang harus diperhatikan ketika kita sudah melewati tahap pengadaan barang, maka tahap ini diantaranya terkait desain interior ataupun ekterior, penentuan topologi laboratorium, penataan air conditioning.
3. Pengamanan (security),
Pengamanan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Karena sering kita mendengar berbagai jenis kasus seperti adanya pembobolan laboratorium oleh pencuri, maka diperlukan tralis besi agar ruangan aman dari maling.
Yang selanjutnya harus ada stabilizer sebuah perangkat untuk menstabilkan daya listrik.
Dalam komputer sendiri perlu dibuat password. Agar data komputer bisa aman dari yang beraksud merusak, menghilangkan atau mengacaukan. Dan dalam hal ini perlu juga dibedakan antara password admin dan user. Artinya user hanya boleh masuk ke acount user.
Saat ini menjadi perlu diperhatikan pengadaan CCTV (control circuit televisi). Alat ini digunakan agar semua kegiatan yang dilakukan di laboratorium bisa terrekam sehingga aman dari orang-orang yang bermaksud tidak baik.
Pengamanan lain yang harus diperhatikan adalah net support atau dukungan jaringan.
Pengamanan dalam sisi proteksi sistem menjadi sangat penting terutama untuk labratorium yang sudah tersambung dengan layanan internet, maka agar pengguna jasa layanan bisa menghindari akses situs-situs yang tidak baik, situs-situs yang berisi muatan-muatan frnografi dan sejenisnya. Maka perlu dihindari dengan cara yang baik. Yaitu kita buat pengamanan untuk situs-situs tertentu menjadi tidka bisa diakses oleh pengguna lab.
4. Pemeliharaan (maintenance),
Tahap selanjutnya yang juga sangat penting. Adalah proses pemeliharaan semua kekayaan yang ada di laboratorium. Proses ini meliputi semua hal baik software ataupun hardware yang ada di lab. Dipelihara agar tetap teratur, terjaga dengan baik.
5. Pembaruan (updating),
Ketika terdapat aset yang sudah aus/usang alias tidak bisa dipakai lagi, maka sangat perlu untuk diperbaharui, diperbaharui bukan hanya pada aset yang berwuud saja, melaikan juga pada aset software. Pembaruan software misalnya pembaruan operating system yang dipakai.
6. Penghapusan (elimination).
Penghapusan dalam artian, penghilangan aset yang sudah tidak digunakan lagi. Nah biasanya disini yang biasa ada hal yang tidak baik. Biasanya barang-barang yang sudah tidak bisa digunakan biasa disimpan dipinggir lab. Padahal hal ini tidak seharusnya dilakukan. Lebih baik barang-barang tadi diamankan dalam satu ruangan, makanya saya sangat merekomendasikan selain punya labnya juga harus punya gudang tempat penyimpanan aset-aset lab yang sudah tidak bisa digunakan.
Nah setalah tahap penghapusan maka tentu akan kembali lagi ke tahap pengadaan barang-barang dan inilah yang dimaksud dengan siklus pengelolaan laboratorium TIK.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste