Langsung ke konten utama

CATATAN KULIAH INOVPEND Tentang Perubahan Sosial

Senin, 22 Nopember 2010
PERSENTASI KELOMPOK 1:
PERUBAHAN SOSIAL (SOCIAL CHANGE)

TOKOH-TOKOH YANG MENDEFINISIKAN PERUBAHAN SOSIAL;
1. GERLACH AND HINES
2. HAMBLIN, JACOBSEN, MILLER
3. ABCARIAN
4. ROGERS
5. ETZIONI
6. LIPPIT
Direncanakan ataupun tidak direncanakan, baik individu maupun kelompok
7. SMITH

8. TRIANDIS
Perubahan sosial dari suatu bentuk,
9. LENSKI
Degan inovasi baik dengan invention, discovery,
10. DOBNY, BOSKOFF, PENDLETON

11. NEIHOFF

Wahana pembaharu,

NIDIA;
TIPE OF SOCIAL CHANGE
Ditinjau dari proses terjadinya:
1. Yang direncanakan
Dilakukan secara terencana untuk merubah keadaan suatu masyarakat, misalnya program KB, program transmigrasi penduduk,
2. Yang tidak direncanakan
Berlangsung secara langsung, tanpa disusun terlebih dahulu, seperti gaya hidup masyarakat, dulu biasa bergotong royong, sekarang lebih banyak individualis,
Tipe berdasarkan ruang lingkup;
1. Mikro ; dalam lingkup yang sempit, misalnya perubahan dalam diri seorang individu
2. intermediet ; lingkup menengah misalnya dalam lingkup keluarga
3. Makro ; lingkup yan luas, misalnya program pemerintah, atau dalam lingkup masyarakat
SISTEM PENGELOLAAN PERUBAHAN SOSIAL
Memiliki tiga sub sistem yaitu;
1. Subsitem organisasi
2. Subsistem komunikasi
3. Subsistem target perubahan

STRATEGI PERUBAHAN SOSIAL
1. Strategi fasilitatif
2. Strategi pendidikan
3. Strategi bujukan (persuasif)
4. Strategi paksaan (power strategies)



Strategi yang palign efketif untuk merapkan inovasi dalam bidang pendidikan adalah strategi pendidikan. Karena dengan pemahaman calon penerima akan lebih mudah menerima perubahan.
Kesimpulan bahwa untuk melakukan sebuah perubahan sosial yang maksimal, maka semua strategi harus dilakukan selama menunjang percepatan keberhasilan proses perubahan.

Selanjutnya apakah sebuah keharusan untuk selalu mengikuti sebuah perubahan?
Jawabannya selama perubahan itu memberikan manfaat yang baik, mengapa tidak kita mengikutinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste