Langsung ke konten utama

Cinta Bersemi di Jaya Giri


Saat itu tepat jam 0.50 WIB. Ditemani bara perapian yang terus berkobar menghangatkan jasad yang kedinginan, bara api yang seolah mendukung jemariku menulis sepatah kata demi kata untuk kurangkai menjadi sebuah kelimat yang akan terangkai memberi makna yang bercerita tentang aku dan malam ini, di Jaya Giri kurasakan cinta itu tumbuh bersemi. 

Ya memang terkesan lebay, terlebih berbicara tentang cinta, semua orang juga kadang sangat sensitif kalau berbicara satu kata ini. Tapi aku memang ingin bercerita tentang cinta malam ini. Sebuah perasaan yang muncul dan semakin kuat dalam pikiranku setelah sekian lama terpendam karena mungkin benih-benih itu tertutup, terhalang oleh kebebasan otak semata sehingga hatiku kurang bercerita. Hal ini karena kesibukan harian di kampusku. Sebuah pembelaan diri.  

Malam itu, ketika bulan seolah malu-malu memperlihatkan terangnya. Awan mendung yang menutupi membuat suasana semakin hening bermakna. Aku nikmati semuanya. Semua tentang cinta, cinta itu kini hadir kembali dalam reruntuhan benak dan angan yang dulu mungkin pernah memperlihatkan ketajaman senyum manisnya. Ketika malam ini aku fokuskan untuk berbicara dengan hati, aku sendiri mendapatkan pesan bahwa memang selama akhir-akhir ini, hatiku kadang tersingkir dari hari-hariku.

Sepertinya malam ini aku pantas bersukur, karena Cinta-Nya pula Tuhan telah mengantarkan hati dan jiwa serta ragaku untuk menuai cinta yang kian tumbuh di Bukit Jaya Giri.

Tahukah engkau cinta yang aku maksud? Itulah cinta yang aku miliki yang mungkin tidak semua orang memilikinya. Cinta yang telah tertanam dalam hatiku sejak aku duduk dibangku SMA. Sejujurnya sejak saat itu cintaku kian bersemi, aku sering mencurahkan cintaku, apakah itu harian, pekanan atau minimal dalam rentang bulanan aku menyempatkan waktu untuk bersukacita dengan sang cinta yang telah mengajarkan aku kebahgian, kebijakan, kepedulian, kasih sayang, dan sikap cinta itu sendiri.

Inilah Cintaku

Aku jatuh cinta kembali dengan alam yang indah ini, setiap kali aku menikmati setiap hal yang ada dalam wujud alam ini maka aku senantiasa terkagum-kagum, aku sering merasa terpesona dengan keindahannya. Aku menjadi orang yang dibuat terkulai lemah karena cintanya ketika aku melihat hijau gunung, pohon-pohon yang rindang, lebat, asri, hutan yang bersih, lingkungan yang tertata dengan baik, air yang jernih, dan pemandangan yang indah nan mempesona. 

Aku jatuh cinta kepada semuanya, atau sangat jatuh cinta , cintanya yang kupelihara ini beberapa bulan terakhir sempat menipis, namun malam ini kembali aku nikmati, ketika aku bersujud pada Sang Pemilik cintanya itu, dalam pandangan kejauhan sembari aku melihat bara api yang terus menyala pertanda semangat yang diberikan pada jiwaku.

Kulihat pula Lembang dengan indahnya, lampu yang berkelap-kelip di Lembang dan Bandung ini semakin menyulitkan aku melupakan semua keindahan yang aku rasakan malam ini, angin malam pegunungan yang segar dan sejuk membuatku semakin menikmati. Dingin yang kurasakan sebagai bagian dari teman kesunyian malam. 

Dalam gerak setiap tulisan ini aku dengarkan lantuann suara indah nan merdu dari Hannan At-Taqie dengan murotal yang sangat khasnya membuat hatiku semakin tertunduk pada-Nya. Aku pun sulit melupakan suara-suara merdu dari katak hutan yang terus bersahutan sejak sore tadi, mereka seolah sayang kepadaku agar aku tidak kesepian, mereka menghiburku. Yang sejatinya mereka sedang berdzikir.  

Sesekali gerimis kecilpun turun menghampiri menyampaikan pesan dari Tuhan agar aku segera memenuhi hak fisikku, namun aku tak kuasa untuk melupakan kisah malam ini. Dalam kegiatan yang bertemakan Funtime for Pengurus and Tutor Proram Tutorial PAI MKDU UPI yang diisi dengan acara camping peserta yang dihadiri oleh 8 orang termasuk diriku sepertinya tidak mengurangi persemaian cintaku malam ini. Kedelapan orang yang luar biasa itu diantaranya Mas Amrin, Mas Cep Budi, Mas Suharyadi, Mas Deden, Mas Fauzan, Mas Fero dan Mas Yedi, mereka semua adalah orang-orang yang luar biasa yang berkenan mengikuti kegiatan yang cukup menantang ini.

Malam yang indah itupun kami sempurnakan dengan makan bareng. Menu ayam bakar menjadi santapan utama kami, ayam yang kami beli tadi sore di Pasar Lembang telah mengatarkan kami pada tidur pulas, saat-saat seperti ini menjadi momen-momen penting yang mungkin tidak akan pernah hilang dari ingatanku. Inilah indahnya ketika cinta ku tumbuh bersemi, cinta alam yang sangat kuat, yang menjadi pembuktian cintaku kepada yang menciptakan alam itu sendiri, aku jatuh cinta dengan kebesaran-Mu Ya Rabb. Ampuni dosa hamba-Mu yang hina ini.

Jaya Giri, 09 Nov 2010

Komentar

  1. hayu ah bang kita naik lagi..
    hehheee..

    BalasHapus
  2. Insya Allah dalam waktu dekat kita akan menaiki ke Sanghiang taraje (Puncak Tampomas)

    BalasHapus

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste