Langsung ke konten utama

Kuliah Inovasi Pendidikan

Rabu, 03 Nopember 2010 @108 FIP UPI TAHAPAN-TAHAPAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN INOVASI Menurut Rogers: 1. TAHAP PENGETAHUAN (KNOWLAGE) Seseorang atau unit pengambil keputusan ingin mengetahui terkait inovasi yang baru. Karena hl ini berkaitan dengan salahsatu ciri profesional yaitu terbuka, responsif dengan pembaharuan. 2. TAHAP PERSUASI (TAHAP PEMBUJUKAN) Setelah adopter memahami/mengetahui inovasi yang telah dipelajari oleh adopter, maka ada dua kemungkinan yang pertama mereka menyukai yang kedua tidak menyukai terhadap inovasi yang muncul. Pada tahap ini, biasanya diadakan kegiatan-kegiatan semacam Training Of Trainner (TOT). 3. TAHAP KEPUTUSAN INOVASI Tahap ini berlangsung pada saat seseorang atau calon adopter melakukan kelakuan yang mengarah pada proses pengambilan keputusan untuk menerima inovasi yang baru. 4. TAHAP IMPLEMENTASI Setelah calon adopter di biasakan dengan produk baru sebuah inovasi, maa tahap selanjutnya adalah tahap implementasi inovasi. 5. TAHAP KONFIRMASI Pada proses ini dilakukan proses konfirmasi untuk mengetahui sejauh mana kebermanfaatan dari inovasi yang dilakukannya. Sayangnya di Indonesia proses penerapan Inovasi hanya berlangsung hanya sebentar saja. Karena seringnya terkait dengan adanya pendaaan. Karena biasanya mereka semangat karena ada embel-embel uang yang menyedot perhatian mereka. Sebaik apapaun inovasi yang dimunculkan, Inovasi itu tidak akan bisa diterapkan ketika ada sikap-sikap skeptis dengan inovasi. STRATEGI PENERAPAN INOVASI: Keberhasilan inovasi erat kaitannya dengan strategi penerapan inovasi itu sendiri: 1. STRATEGI PENDIDIKAN (EDUKATIF) 2. STRATEGI BUJUKAN (PERSUASIF) 3. STRATEGI PEMAKSAAN (POWER) Catatan: Penjelasan tentang Strategi penerapan Inovasi akan dijelaskan selanjutnya,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste