Langsung ke konten utama

Nasehat Dr Aid Alqorni

Kata-kata 'Bijak' Dr Aidh al-Qarni Siapa yang tidak mengenal Dr. Aidh al-Qarni atau lengkapnya Dr. Aidh Abdullah Al-Qarni ? Seorang penyair dan penulis yang buku-bukunya selalu menempati posisi best seller. Beliau berasal dari keluarga Majdu' al-Qarni, lahir di tahun 1379 H di perkampungan al-Qarn, sebelah selatan Kerajaan Arab Saudi. Meraih gelar kesarjanaan dari Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Imam Muhammad ibn Su'ud tahun 1403-1404 dan gelar Magister dalam bidang Hadits Nabi tahun 1408 H dengan tesis berjudul al-Bid'ah wa Atsaruha fi ad-Dirayah wa ar-Riwayah (Pengaruh Bid'ah terhadap ilmu Dirayah dan Riwayah Hadits). Gelar Doktornya diraih dari Universitas yang sama pada tahun 1422 H dengan judul disertasi "Dirasah wa Tahqiq Kitab al-Mafhum 'Ala Shahih Muslim li al-Qurthubi" (Studi analisis Kitab al-Mafhum 'Ala Shahih Muslim karya al-Qurthubi). Ia telah menghasilkan lebih dari delapan kaset rekaman yang memuat khotbah, kuliah, ceramah, sejumlah bait syair dan hasil seminar-seminar kesusatraan. Beliau juga penulis buku "La Tahzan", "30 Tips Hidup Bahagia", "Berbahagialah : Tips Menggapai Kebahagiaan Dunia Akhirat", "Menjadi Wanita Paling Bahagia", "Muhammad Ka annaka Tara", "Bagaimana Mengakhiri Hari-Harimu".dll Berikut ini adalah beberapa kutipan kata-kata ‘dahsyat’ dalam Buku-nya "Menjadi Wanita Paling Bahagia". Optimislah, walaupun engkau berada di tengah-tengah badai angin topan. Walaupun kelembutan Allah berlangsung lama Namun bagai kedipan mata yang sayu bagi yang tak bersyukur Emasmu adalah agamamu Perhiasanmu adalah budi pekertimu Dan hartamu adalah sopan santunmu Tempat paling terhormat di dunia adalah pelana kuda (untuk berjihad) Dan sebaik-baik teman sepanjang waktu adalah buku Engkau akan puas dengan sepotong roti panggang Daripada orang yang menutup pintu untuk orang lain Aku turuti tamakku hingga ia memperbudakku Andai saja aku puas dengan apa yang ada Aku tetap orang bebas Penyakit adalah sebuah pesan yang di dalamnya terdapat kabar gembira, sedangkan kesehatan adalah perhiasan yang sangat berharga. Tanamkahlah setiap detik satu pujian Setiap menit satu gagasan Dan setiap jam satu pekerjaan Terimalah apa yang telah Allah tetapkan buatmu, Agar engkau menjadi orang paling kaya Allah mencintai orang-orang yang bertobat Karena mereka hanya kembali dan mengeluh kepada-Nya Meninggalkan maksiat adalah perjuangan Sedangkan keengganan meninggalkannya adalah pengingkaran Berhati-hatilah terhdap doa orang yang teraniaya Dan air mata orang yang tak berdaya Hati yang sehat adalah hati yang tidak ada syirik di dalamnya, Tidak ada tipu daya, tidak ada rasa iri dan dengki Seorang wanita yang berpikir, Akan mengubah padang pasir menjadi kebun yang indah Debat kusir dan dialog yang pandir Akan menghilangkan ketulusan hati dan keindahan Ambillah dari musim semi segala kelembutannya Dari minyak misik keharumannya Dan dari gunung kekokohannya. Setiap bencana, walau saling menghimpit, Akan menuju kepada kelapangan hati Terkadang Allah member nikmat lewat musibah yang dahsyat, Dan menguji sebagian kaum dengan berbagai nikmat Peristiwa-peristiwa tak mengenakkan yang menimpamu Itulah yang akan mengajarkanmu bagaimana menikmati anugerah Jangan pernah menjadikan kesusahan dan kesedihanmu Sebagai tema pembicaraan, Karena dengan demikian engkau akan menjadikannya Sebagai penghalang antara dirimu dan kebahagian. Rembulan saja tertawa dan bintang-bintang bertepuk tangan riang Atas dasar apa kegelisahan membunuh dan mencekik kita Seorang ibu yang anaknya jatuh dari tempat yang tinggi, Tak seharusnya menghabiskan waktu dengan menangis dan berteriak Ia seharusnya segera membalut lukanya. Jangan menerima tempat-tempat yang gelap dalam hidupmu. Cahaya telah ada. Engkau hanya cukup memencet tombol Dan semuanya akan meyala.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste