Langsung ke konten utama

Acara Puncak Hardiknas dan Harkitnas 2011


“RAIH PRESTASI JUNJUNG TINGGI BUDI PEKERTI"

Jum’at, 20 Mei 2011, seluruh mahasiswa dari tiap-tiap universitas menyambut undangan dari mentri pendidikan untuk menghadiri Acara Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional. Universitas Pendidikan Indonesia mengirimkan dutanya sebanyak 48 orang mahasiswa, yang terdiri dari mahasiswa bidik misi dan mahasiswa berprestasi.
Acara puncak peringatan hari kebangkitan dan hari pendidikan nasional ini bertema “Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa” dihadiri oleh orang tertinggi di Indonesia ini, yaitu bapak presiden H. Susilo Bambang Yudoyono beserta Ibu Ani Yudoyono, Bapak Wakil Presiden dan Ibu Wakil Presiden, Bapak mentri pendidikan nasional, mentri komunikasi dan informatika, mentri perhubungan, dan segenap para mentri serta para pejabat tinggi lainnya.
Acara ini diawali dengan sambutan dari mentri pendidikan nasional, Bapak Muhammad Nuh, kemudian lanjut dengan sambutan dari bapak presiden Indonesia.
Dalam acara ini Bapak Presiden menyampaikan bahwa menurut Aristoteles, ada dua kehebatan manusia atau human excelent yaitu excelent talk dan excelent charakter. Keungggulan ini dapat dibangun dan dibentuk melalui pendidikan. Beliau juga menyampaikan bahwa sasaran pendidikan bukan hanya kecerdasan, dan kepintaran, tetapi juga moral dan budi pekerti yang baik.
Harapan Bapak Presiden dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Pendidikan Nasional ini adalah Indonesia bisa menjadi negara yang maju. Namun untuk menjadi negara yang maju, ada tiga syarat yang harus dipenuhi oleh negara tersebut, yaitu:
1. Kemandirian bangsa yang makin tinggi
2. Daya saing bangsa yang semakin tinggi, serta
3. Membangun peradaban yang unggul dan mulia.
Ketiga syarat ini dapat tercapai bila pendidikan di Indonesia maju dan berkualitas.
Selain itu presiden juga menyampaikan ciri-ciri manusia yang unggul, yaitu manusia yang bermoral, berakhlaq, dan berprilaku baik (masyarakat religius), cerdas dan rasional, manusia yang inovatif dan kreatif, memperkuat semgat “Harus Bisa”, serta menjadi patriot sejati, mencintai bangsa dan tanah air, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.
Itulah yang disampaikan oleh Presiden RI pada acara puncak, setelah itu acara dirurup dengan doa yang dibacakan oleh Bapak Nazaruddin.
Setelah pembacaan doa selesai, tibalah dengan acara hiburan, acara ini diisi oleh beberapa artis seperti Andin, Putri Ayu, dan beberapa idola cilik, serta penampilan seni tari oleh siswa-siswi SMK yang di gubah oleh Dewi Yul, pertunjukan ini menampilkan berbagai macam tarian dari daerah-daerah di Indonesia, dan mereka sukses memukau para penonton dengan tariannya.
Pertunjukan tari ini sekaligus menutup acara puncak Peringatan Hari Kebangkitan dan Hari Pendidikan Nasional, dan acara ditutup dengan adanya penyerahan bunga oleh Ibu Presiden kepada salah satu pendukung acara yaitu Putri Ayu, pemenang Indonesia Mencari Bakat (Siti Fatimah, Pemenang Lomba Nulis Berita Dadakan di http://ncislam4ever.co.cc).

Komentar

  1. Selamat untuk Siti Fatimah yang telah berhasil lolos sebagai pemenang, dalam lomba nulis berita dadakan yang diadakan oleh admin blog http://www.ncislam4ever.co.cc, sehingga tulsian sodara berhak dipajang di blog tersebut, dan sodara berhak mendapatkan kenang-kenangan istimewa dari penyelenggara lomba. semoga keberhasilan ini bisa menjadi cambuk semangat untuk terus menumbuhkan kemapuan dan mengasah keterampilan nulisnya..
    salam:
    Admin Blog:
    Ence Surahman

    BalasHapus

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste