Langsung ke konten utama

Evaluasi Kubro Program Tutorial PAI MKDU UPI


UPI, Bandung.
Seperti biasa, pengurus Program Tutorial PAI MKDU UPI di setiap akhir semester melakukan proses evaluasi. Evaluasi yang dilaksanakan pada semester ganjil disebut evaluasi sugra, sedangkan yang dilaksanakan di akhir semester genap dinamakan evaluasi kubro. Sebagaimana yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 Juni 2011 di Ruang Aula Islamic Tutorial Center UPI. Kegiatan ini dilaksanakan sejak pagi hingga senja hari. Dihadiri oleh sebanyak 47 pengurus ikhwan dan akhwat.
Pelaksanaan kegiatan evaluasi kubro diawali dengan taujih dari Ust. Berlin yang menjelaskan tentang semangat menyambut dan menunaikan amanah. Setelah taujih acara dilakukan dengan acara pembukaan formal yang di isi dengan sambutan dari ketua Umum Program Tutorial, Ence Surahman. Dalam sambutannya Ence Surahman menyampaikan bahwa evaluasi kubro merupakan salahsatu saranan edukasi bagi seluruh pengurus dan calon pengurus Program Tutorial. Sambutan selanjutnya sekaligus membuka acara secara resmi dari Ketua Penyelenggara Program Tutorial, Drs. Toto Suryana, A. M.Pd. dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi terhadap peningkatan kualitas Program Tutorial. “Berdasarkan pemantauan Kami, kepengurusan Program Tutorial setiap tahunnya mengalami peningkatan yang baik, dan diharapkan terus melakukan inovasi untuk pelayanan kepada umat”. Pak Toto juga menyampaikan apresiasi atas diraihnya posisi Mahasiswa berprestasi oleh pengurus Tutorial. “diraihnya posisi mahasiswa berpretasi ke 1 tingkat universitas ini membuktikan bahwa tutorial berbanding lurus dengan prestasi akademik para pengurusnya, dan hal ini harus menjadi motivasi bagi generasi selanjutnya untuk terus berpretasi” Ujar Pak Toto.
Laporan pertanggungjawaban di sampaikan oleh Ketua Umum Program Tutorial dan pengurus Program Tutorial dari setiap bidangnya. Disela-sela pembacaan di selingi dengan acara pemberian penghargaan untuk para pengurus dan calon pengurus. Diantaranya pemberian penghargaan kategori pengurus terfavorit ikhwan di sandangkan kepada Akh Amrin (Pendidikan Bahasa Arab 2008) yang menjabat sebagai Kepala biro Tutor, adapun pengurus terfavorit Akhwat di berikan kepada Teh Imas Siti Nur’aeni, S.Pd, (Pend. Bhs. Daerah 2007). Yang menjabat sebagai ketua Bidang Humas PT.
Penghargaan selanjutnya dalam kategori Pengurus yang memiliki IP tertingi (The Most Favourite Academia) di semester ganjil 2010-2011 yang dipilih dari setiap angkatan. Angkatan 2007 di sandang oleh Teh Imas Siti Nur’aeni S.Pd dengan IP 4.00, kemudian angkatan 2008 di berikan kepada Ence Surahman dari Jurusan Kurtekpend dengan IP 3.78, Angkatan 2009 di berikan kepada Asep Mauludin Syahdani dari jurusan PKN dengan IP 4.00, dan angkatan termuda 2010 diberikan kepada Hari Rachmat Wijaya Pend. Fisika dengan IP 3.88. setiap pemenang diberikan sertifikat dan reward dari Program Tutorial.
Pemberian penghargaan kategori pengurus terbaik yang di berikan kepada Devi Handaya Pend. Elektro 2009, yang menjabat di staff biro acara, adapun untuk akhwatnya diberikan kepada Uci Atari sebagai staff bendum. Keduanya mendapat penghargaan pengurus terbaik karena kinerjanya selama di Program Tutorial.
Dalam evaluasi kubro sebelumnya, biasanya setelah selesai pembacaan LPJ, acara dilanjutkan dengan pemilihan ketua Umum Program Tutorial yang baru, untuk semester ini pemilihan akan dilaksanakan pada bulan Desember 2011, hal ini di dasarkan pada kebijakan baru yaitu fiskal kepengurusan. Sehingga baisanya periode kepengurusan itu mengikuti tahun pelajaran, maka mulai bulan Desember nanti periode kepengurusan akan mengikuti tahun masehi. Maka untuk menunggu pemilihan ketua Umum bulan desember nanti, selama satu semester kedepan Jabatan Ketua Umum Program Tutorial masih diamanahkan kepada Ence Surahman yang kebetulan beliau masih angkatan 2008.

Komentar

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste