Langsung ke konten utama

FAQ Supercamp Pengurus Baru Program Tutorial PAI MKDU UPI 2011

Bismillahirahmanirrahim.
ikhwahfillah berikut ini Frequently Asked Questions (FAQ) Super camp PT 2011, silakan di pelajari. dan pastikan untuk memehaminya. pastikan pula untuk terus update informasinya. Get ready...!

1. Apakah Super camp PT itu?
Super camp Program tutorial adalah sebuah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama satu pecan tepatnya 5 hari, bertempat di salahsatu pesantren yang ditentukan, dimana semua pengurus program tutorial Wajib hadir secara full selama kegiatan, didalamnya berisi pemberian materi, simulasi, games, tinjauan pendidikan pesantren, rapat kerja dan refreshing (funday).

2. Bagaimanakah sifatnya bagi pengurus program tutorial?
Kegiatan Super camp ini sifatnya wajib di ikuti oleh seluruh pengurus baru program tutorial PAI MKDU UPI

3. Dimanakah tempat Super camp tahun ini?
Tempat kegiatan Super camp PT tahun 2011 ini akan dilaksanakan di Pondok Pesantren Darus salikin Pada Herang Kab. Ciamis Jawa Barat

4. Kapan pelaksanaan kegiatannya
Kegiatan Super camp ini akan dilaksanakan pada tanggal 6-10 Juli 2011

5. Berapa jumlah peserta kegiatannya?
Total jumlah peserta sebanyak 60 peserta, terdiri dari 45 peserta dari UPI Bumi Siliwangi, 15 dari Program tutorial UPI Kampus Daerah

6. Apa tujuan dari kegiatan Super camp ini?
 Membina mental dan spirit pengurus baru
 Menyiapkan pengurus baru agar siap melaksanakan peran dan fungsi sebagai pengurus Program Tutorial
 Memberikan edukasi kepada pengurus tentang pola kehidupan di dunia pesantren, sehingga harapannya dunia pesantren ini akan di kembangkan dan dijadikan rujukan dalam melaksanakan aktifitas di program tutorial
 Melaksanakan kegiatan rapat kerja pengurus program tutorial
 Memberikan refreshing pengurus sebelum melaksanakan tugas dan amanah di program tutorial

7. Apa saja yang akan didapatkan oleh peserta selama kegiatan?
 Peserta akan materi-materi yang disampaikan oleh para pemateri
Materi-materi yang akan diberikan:
- Pemahaman Ibadah Mahdah Dalam Membina Pribadi Manusia (Shalat, Zakat, Puasa, ibadah haji)
- Urgensi memelihara diri bagi da’i untuk kemaslahatan da’wah(Amalan yaumiyah, hijab, tadzkiyatunnafs)
- Keteladanan dan Loyalitas Sahabat Menolong Agama Allah dalam Keadaan Apapun
- Sikap Seorang Pemimpin Muslim
- Karakteristik Seorang Pemimpin
- Pemimpin Visioner
- Makna Da’wah
- Karakteristik Da’wah
- Penawar Lelah Pengemban Da’wah(bekal da’wah)
- BAB 9 Buku Fiqih Da’wah
- Mengenal Bahasa Arab Al-Quran sebagai Bahasa Tertinggi
- Karakteristik Bahasa Arab Dikaji dari Segi Kosakata dan Struktur Bahas
- Indahnya Kebersamaan Dalam Bergerak
- Makna ukhuwah
- Tingkatan-tingkatan ukhuwah
- Hal-hal yang dapat mempererat ukhuwah
- Buah dari ukhuwah
- Islam dan Enterpreneur

 Peserta akan mendapatkan pengalaman mondok di pesantren walaupun hanya satu pecan
 Peserta akan merasakan secara langsung kehidupan di pesantren
 Peserta akan mengetahui lebih jauh tentang ranah kerja program tutorial
 Peserta bisa lebih mengakrabkan diri dan lebih saling mengenal dengan sesama pengurus
 Peserta akan mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke tempat pariwisata untuk mersakan secara langsung kebesaran sanga Khlik yang telah menciptakannya

8. Ageda apa saja yang akan dilaksanakan di kegiatan Super camp ?
 Pemberian materi, simulasi, games,
 Rapat Kerja Program Tutorial
 Kerja bakti dengan para santri dilingkungan pesantren
 Silaturahim dengan warga sekitar pesantren
 Pariwisata ke salahsatu objek wisata di ciamis, sekaligus foto bersama keluarga besar program tutorial

9. Bolehkan tidak mengikuti kegiatan? Bagaimana konsekuensinya? Dan bagaimana teknis perijinan untuk tidak iktu kegiatan?
Semua pengurus wajib hadir, kecuali yang mempunyai alas an syar’I misalnya terkait kepentingan akademik, keluarga, sakit, menikah, umroh, dll. Peserta yang memenuhi perkara diatas, harus memberitahu alas an kepada panitia

10. Bagaimana tata tertib selama kegiatan?
a. Tata tertib pakaian
 Ikhwan
- Mengenakan celana bahan warna gelap
- Menggunakan pakaian atribut Program Tutorial (Batik, Kemeja, Baju Tutor, Blezer)
- Membawa peci/kopiah
- Membawa sorban (kalau ada)
- Menggunakan sepatu atau sandal yang rapi
- Membawa tas pribadi berisi keperluan selama kegiatan
- Membawa kaos kaki
-
 Akhwat
- Mengenakan rok bahan warna gelap
- Menggunakan pakaian atribut Program Tutorial (Batik, Kemeja, Baju Tutor, Blezer)
- Membawa kerudung
- Menggunakan sepatu atau sandal yang rapi
- Membawa tas pribadi berisi keperluan selama kegiatan
- Membawa kaos kaki
-
b. Tata tertib kesehatan
- Membawa obat-obatan pribadi yang diperlukan
- Membawa baju hangat untuk penjagaan kedinginan
- Selalu menjaga kesehatan diri
- Selalu makan dan memakan makanan secara teratur dan tidak berlebihan

11. Apa saja hak dan kewajiban bagi peserta?
 Peserta berhak ijin kegiatan kepada panitia dengan alas an syar’I (urusan akademik, keluarga, sakit, dll)
 Peserta berhak memperoleh pelayanan dari panitia selama kegiatan
 Peserta berhak memperoleh jatah konsumsi selama kegiatan

12. Apa yang harus dipersiapkan oleh peserta?
Yang harus dipersiapkan oleh peserta diantaranya:
 Siapkan niat yang lurus, mantap, bulat karena Allah swt,
 Niatkan untuk mencari dan menambah serta mengamalkan ilmu
 Niatkan untuk memperbanyak tali silaturahim
 Membawa mushaf
 Membawa buku yang berkenaan dengan dakwah
 Menyiapkan semua perlengkapan yang diperlukan selama kegiatan, misalnya pakaian meliputi, pakain harian, pakaian ketika shalat, pakaian lapangan, pakaian olah raga, pakaian untuk tidur, dll. Dengan menyertakan cadangannya
 Membawa alat perlindungan dari cuaca misalnya payung, jas hujan, dll
 Membawa alat penerangan (batere, senter, dll)
 Membawa buku catatan, jika punya dan perlu membawa laptop untuk keperluan selama kegiatan.
 Membawa obat-obatan pribadi, bagi yang terbiasa dengan ketergantungan dengan obat, serta obat cadangan yang mungkin sekali-sekali diperlukan.
 Membawa sepatu atau sandal untuk digunakan selama kegiatan (jangan sampai membebani saudara kita yang lain karena kita banyak menggunakan barang kepunyaan saudara kita)
 Membawa alat dokumentasi bagi yang punya

13. Apa saja targetan yang akan di capai selama kegiatan berlangsung?
 Semua peserta wajib qiyamullail setiap malam
 Semua peserta wajib melaksanakan shalat wajib secara berjamaah
 Semua peserta di anjurkan untuk melaksanakan shalat sunat duha selama kegiatan
 Semua peserta wajib tercapai tilawah harian sebanyak min 2 juz
 Semua peserta wajib mengisi waktunya untuk menambah dan memuraja’ah hapalannya min satu hari satu halaman
 Setiap peserta wajib membawa buku bacaan yang berhubungan dengan dakwah
 Diakhir kegiatan peserta wajib membuat dan mengumpulkan tulisan Diari Super camp nya masing-masing untuk di bukukan dalam buku diari Super camp program tutorial. Konten tulisannya berisi kesan pesan, hikmah, ilmu, pelajaran, gambaran umum kegiatan, di tulis dengan bahasa yang enak di baca (tidak kaku), menggunakan jenis font time new roman ukuran 12, dalam kertas A4, margin normal atas, kiri 4 cm, kanan bawah 3 cm.

14. Bagaimana dengan biaya akomodasi selama kegiatan?
Semua peserta tidak di pungut biaya sedikitpun. Karena pembiayaan sudah di tanggung oleh penyelenggara program tutorial. Kecuali bagi peserta yang pulang di luar jadwal yang di tentukan maka segala keperluan (transport, makan) ditanggung masing-masing.

kalau ada hal-hal yang kurang dipahami, silakan tinggalkan komentar dibawah.
jazakumullah khoiran katsira.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste