Langsung ke konten utama

Mahasiswa KKN UPI Desa Tanjungsari Kab. Bandung Gelar Tabligh Akbar Menyambut Ramadhan




L
aporan Ence Surahman (Ketua Kelompok KKN UPI Desa Tanjungsari)




Salam Pengabdian.

Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1432 H. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Pendidikan Indonesia (KKN UPI) Desa Tanjungsari Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung bekerja sama dengan DKM Al-Huda dan pemerintah Desa Tanjungsari akan menggelar kegiatan Tabligh Akbar. Kegiatan tabligh akbar itu akan dilaksanakan di Kp. Cireungit RT/RW 01/01 Desa Tanjungsari di depan posko KKN tepatnya di mesjid Al-huda, yang akan akan dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Juli 2011 dimulai dari jam 19.30 wib sampai dengan selesai.
Talgih akbar yang bertemakan “ramadhan yang ku cinta, ramadhan yang ku rindu” tersebut menghadirkan penceramah yang sudah cukup  terkenal yaitu Da’I Farid TPI.  Sementara itu tujuan dari kegiatan tabligh akbar yang digelar ini adalah untuk menjadikan ajang silaturahim mahasiswa KKN UPI dengan masyarakat sekitar. Sekaligus untuk ajang sosialisasi program KKN kepada masyarakat dan aparatur pemerintah setempat. 
Selain itu tujuan yang lainnya adalah dalam rangka menyambut momentum bulan suci ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi. Harapannya dengan dibekali materi dalam tabligh akbar tersebut. Kaum muslimin akan lebih siap secara mentalitas untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima tersebut, sehingga kualitas ibadahnya bisa mencapai derajat mutaqin sebagaimana yang menjadi tujuan utama di syari’atkanya ibadah shaum.
Selain acara tabligh akbar, program lainnya yang sudah terlaksana adalah program Gerakan Mengaji bada Magrib yang deprogram oleh kementrian agama Republik Indonesia. Program Gemar ini sudah mulai dijalankan sejak hari Senin lusa, Alhamdulillah program ini mendapatkan respon yang snagat aik dari masyarakat dan juga anak-anak setempat.
Selain itu


program terdekat lainnya adalah program lomba kebersihan antar RW yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 24 Juli mendatang. Program yang lainnya yang sudah direncanakan adalah program penyuluhan kewirausahaan berbasis keluarga, program kesehatan keluarga, program penyaringan air agar bisa dimanfaatkan untuk kebutuah sehari-hari, kemudian program pendidikan keluarga , dan lingkungan hidup dengan mengutamakan kebersiahan dan kelestarian sekitar rumah, ditambah dengan program apotek hidup di halaman rumah warga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste