Langsung ke konten utama

Hidup Sehat Tanpa Kanker Serviks

Oleh: Ence Surahman
(Ketua KKN Desa Tanjungsari Cangkuang Kab. Bandung)

Bandung.

Dalam rangka melaksanakan salah satu program kerja bidang kesehatan pos pemberdayaan keluarga (Posdaya). Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Pendidikan Indonesia (KKN UPI) menyelenggarakan kegiatan penyuluhan bahaya kanker servik yang bertema “hidup sehat tanpa kanker servik”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Agustus 2011 di gedung aula Kantor Desa Tanjungsari Kecamatan Cangkuang Kabupaten Garut.
Kegiatan penyuluhan kanker servik ini terselenggara atas kerja sama mahasiswa kelompok KKN UPI dengan aparat desa Tanjungsari, para kader dan juga dengan perusahakan PT. Goldmount Technology, yang bergerak dalam bidang kesehatan, kecantikan dan juga keamanan. Produk yang dikeluarkannya berupa pembalut MsV, kemudian Venus, dan kompor gas infra red goldmount.
Menurut ketua pelaksana Asri Febriani Sarah “ kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan permintaan masyarakat yang ingin mengetahui lebih jauh tentang gejala dan bahaya kanker serviks, selain itu kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membangun keluarga yang sehat dari gangguan penyakit, khususnya kanker servik yang berkaitan dengan bagian vital kaum hawa. Hal ini sejalan dengan salah satu tujuan dalam program pos pemberdayaan keluarga (posdaya) ujar Asri.
Adapun pemateri pada penyuluhan bahaya kanker servik ini yakni Ibu Madu Ratna dari Jakarta. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa “setiap tahunnya penyakit Kanker Leher Rahim (kanker serviks) menyebabkan korban meninggal sedikitnya 200.000 wanita per-tahun, selian itu 52 juta dari sekitar 115 juta perempuan Indonesia beresiko terkena kanker rahim (serviks) karena berbagai alasan,” ujar Ibu Madu Ratna.
Gejala yang ditimbulkan dengan penyakit kanker ini kata Ibu Madu Ratna ditandai dengan “bau tak sedap sewaktu menstruasi, merasa gerah dan gatal-gatal, adanya infeksi pada vagina, dan infeksi pada kandung kemih. Penyakit ini sangat berbahaya, karena pada ujungnya bisa menimbulkan kematian” kata Bu Madu Ratna.
Penyebab terjangkitnya kanker serviks ini dikarenakan oleh penggunaan pembalut yang saat ini banyak diperjual belikan yang didalamnya mengandung zat dioxin dan serat sintesis yang terdapat dalam pembalut wanita.
Acara yang dihadiri oleh sebanyak puluhan masyarakat tersebut, di akhiri dengan demo pengujian kesehatan pembalut, dan dilanjutkan dengan penawaran pembalut yang sehat yang diproduksi oleh PT. Goldmount Technologi. Semua peserta terlihat sangat aktif menyimak setiap pemaparan yang disampaikan oleh pamteri. Selanjutnya acara di tutup dan semua peserta membubarkan diri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste