Langsung ke konten utama

Seminar Dan Training Motivasi Berwirausaha



Oleh : Ence Surahman

KKN UPI.
Terlihat puluhan peserta begitu antusias menyimak pemaparan materi yang di sampaikan oleh pembicara. Ternyata mereka sedang mengikuti sebuah acara traning motivasi berwirausaha yang diadakan oleh mahasiswa Kuluah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI. Kegiatan yang tersebut dilaksanakan apra hari Jum’at 12 Agustus 2011 bertempat di ruang aula serba guna kantor Desa Tanjunsgari Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung.
Dalam sambutannya ketua pelaksana Erma Amalia  menyampaikan bahwa tujuan kegiatan seminar mini dan tranining motivasi berwirausaha ini dilatarbelakangi oleh permintaan dari masyarakat yang mengingikan penguatan motivasi untuk berwirausaha, selain itu menurut Erma juga karena program yang teah direncanakan oleh kelompok mahasiswa KKN UPI 2011. Adapun tujuan kegiatan tersebut, Erma mengatakan diantaranya agar masyarakat mulai mengerti tentang pentingnya berwirausaha dalam membentuk keluarga dan masyarakat yang mandiri. Selain itu berharap dengan banyaknya para wirausaha negeri ini akan menjadi lebih maju dan berkembang, beliau menambahkan bahwa 9 dari 10 pintu rizki adalah dari berwirausaha, hal ini sejalan dengan apa yang di sampaikan oleh Nabi Muhammad, saw.
Acara yang bertema “cerdas, kreatif menuju kelaurga mandiri” ini menghadirkan praktisi wirausaha dari Bandung yakni Bapak Asep Thedy Setiawan, S.Pd. beliau adalah pelaku wirausaha sejati, dengan berbagai pengalamanya sontak membuat semua peserta traning terhanyut oleh pemaparan cerita perjalanan karir wirausahanya. Dalam pemaparannya pembicara memberikan beberapa tip untuk bisa menjadi wirausahawan sejati diantara adalah beberapa sikap yang ahrus dibangun yakni sikap mental kita, sikap optimis kita, kemudian kemampuan menyusun tujuan dan stratgei yang jelas. Selian itu menurut beliau sifat lainnya yang harus dimiliki adalah sikap kerja keras, pantang mundur dan pantang menyerah.
Di bagian akhir, pembicara memberikan kesempatan yang besar kepada peserta traning untuk bisa bekerja sama dengan beliau, karena memang peserta training sudah memiliki produk yang bisa dijual, sementara yang menjaid persoalannya adalah manajemen pemasaran produknya yang belum maksimal, mengakibatkan pola kembalinya modal dan pendapatan keuntungan belumbisa dinikmati dalam waktu cepat.  Setelah selesai, materi di tutup, pembicara mendapat kenang-kenangan dari panitia, dan sempat  foto bersama antara pemateri, peserta dan juga panitia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste