Langsung ke konten utama

Banyaklah Menanam, Niscaya Kita Akan Banyak Memanennya


Oleh : Jaisyurrahman

Sobat, marilah kita bersyukur kepada Tuhan yang telah membangunkan kita tadi subuh lengkap dengan ruh jiwanya, sehingga kita kembali bisa menikmati udara sejuk dipagi hari, kita bisa kembali menikmati hangat dan cerahnya mentari siang ini, kitapun bisa merasakan indahnya mata yang masih berfungsi melihat, kaki yang masih semangat untuk melangkah, lidah yang masih berfungsi sehingga ia masih berkata-kata, gigi yang masih bisa mengunyah makanan yang kita nikmati, telinga yang masih bisa kita gunakan untuk mensensor setiap suara yang kita dengarkan, bahkan yang lebih penting adalah jatung yang terus bekerja tanpa henti sepanjang usia kita, dan ia selalu taat melaksanakan tugasnya untuk  memompa darah keseluruh bagian tubuh.
Pada tulisan kali ini saya ingin berbagai sedikit cerita yang tentu berharap akan memberikan nilai manfaat walau hanya sedikit untuk sobat yang gemar baca, ide tulisan ini muncul ketika sedang berdiskusi dengan seorang teman, lalu coba saya tuangkan beberapa hari kemudian, dan Alhamdulillah hanya waktu dalam hitungan beberapa menit saja, tulisan ini bisa sampai juga kepada semua pembaca.
Sobat yang luar biasa, siapa yang senang dunia tanam menanam, pernahkah menanam biji-bijian, atau menanam buah-buahan, pertanyaannya misalnya ketika kita menanam pohon apel, maka kira-kira setelah sekian tahun, pada saat musim panen, pohon apel tadi akan berbuah apa? Mungkinkan buahnya mangga atau berbuah anggur? Rasanya tidak mungkin, kecuali kalau sudah ada rekayasa genetika pohon apelnya.
Maka artinya, tanaman yang kita tanam, kelak akan memberikan manfaat dari masa panennya tersebut. Itu berarti semakin banyak kita menanam, maka akan semakin banyak pula kesempatan kita memanen buah-buahnya. Begitupun dalam hidup kita kalau kita ingin memanen buah yang banyak, maka selain kita merawat dan memupuk pohon yang telah kita tanam, adalah dengan memperbanyak tanamannya.
Dan ingatlah bahwa tidak mungkin apel yang ditanam berbuah anggur, atau tak mungkin tanaman strawberry berbuah anggur, nah begitupun dengan aktivitas kita, semakin banyak perbuatan baik yang kita lakukan, maka akan semakin banyak kebaikan yang kita lakukan karena Allah, maka semakin banyak pula kebaikan yang datang kepada kita dari pintu-pintu yang tidak terduga.
Intinya perbanyaklah menanam kebaikan dimanapun kita berada, dalam kondisi apapun dan dengan landasan ikhlas karena Allah. Maka insya Allah akan banyak kebaikan yang kitaa dapatkanya. Insya Allah 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste