Langsung ke konten utama

Cara Mendapatkan Inspirasi


Oleh : Jaisyurrahman

Sahabat yang senantiasa komitmen menjalani hidup dengan penuh keyakinan bahwa sahabat bisa menjadi orang yang sukses melewati setiap alang rintangan, sungguh kita harus senantiasa bersyukur, karena selama kita masih diberikan jatah usia, maka kita masih memiliki kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari hari kemarin. Mari kita gunakan waktu yang ada untuk hal-hal yang positif yang tentu menunjang terwujudnya cita-cita dan mimpi kita.
Pada saat saya mengisi training dibeberapa kesempatan, saya sering menanyakan kepada para peserta, “angkat tangan yang ingin menjadi orang sukses” dan tahukan sahabat selalu mendekati angka 100% peserta mengangkat tangannya, ini berarti sudah fitrahnya manusia ingin menjadi orang yang sukses dan tidak ingin menjadi orang yang gagal.
Namun ketika saya ajukan pertanyaan yang lebih spesifik dari pertanyaan diatas, mulailah para peserta ragu untuk mengangkat tangan untuk menjelaskan langkah-langkah menuju suksesnya tersebut. Mungkin jika pertanyaan “sudah tahukah bagaimana cara untuk kita menjadi pribadi yang sukses” coba jawab apakah sahabat sudah benar-benar memahami jawabannya secara jelas dan terperinci.
Lalu saya katakan, untuk menjadi orang sukses, maka kita harus mulai dari menentukan rencana hidup kita, dengan mendaftar mimpi-mimpi kehidupan. Ini point pertama yang sangat penting, setelah itu kita jelaskan langkah-langkah untuk mencapainya, lalu di ikuti dengan usaha yang sungguh-sungguh untuk menggapainya, maka sampailah kita pada titik pencapaian target mimpi yang kita tuliskan tadi.
Hanya yang biasa saya temukan dalam diri para peserta ketika saya jelaskan tentang mimpi hidup, sebagian besar mereka mengatakan kebingungan, bagaimana caranya agar kita bisa bermimpi? Nah pada tulisan ini akan saya tuliskan beberapa alternative solusi untuk memudahkan kita menjadi orang yang memiliki mimpi dalam hidup.
Pertama, kita harus rajin dan banyak membaca buku,  perihal ini saya ingin mengatakan bahwa ada satu perbuatan yang apabila ia kecanduan itu malah bagus, perbuatan tersebut adalah gila baca buku, pernyakit gila yang di anjurkan, mengapa demikian? Karena dengan banyak membaca buku, maka kita akan semakin tahu banyak tentang segala sesuatu yang awalnya tidak kita ketahui, maka tidak salah apabila dikatakan bahwa buku itu adalah gudangnya ilmu dan  membaca adalah kuncinya, atau ada yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia.
Dengan banyak membaca maka kita akan memiliki banyak wawasan dan ilmu, sebagaimana penjelasan dari isi buku yang kita baca, mengenai buku yang saya maksud memang tidak ada batasan judul, namun beberapa buku berikut ini rasanya sebaiknya segera sahabat baca, misalnya buku tentang biografi seorang tokoh besar, dari berbagai pakar yang di sangdangnya, atau buku yang berisi kisah-kisah penuh hikmah dan sarat pelajaran untuk kita jadikan cermin, selain itu juga kita bisa baca buku-buku psikologi yang bercerita tentang bagaimana membangun paradigm sukses, bagaimana menjalani kehidupan dan lain sebagainya. So, kunci pertama kita agar mudah merangkai mimpi adalah dengan membaca buku.
Kedua, perbanyak mengikuti acara training motivasi, ini sangat dianjurkan, karena sebenarnya di dunia ini tidak ada orang yang malas atau kemalasan itu sendiri yang adalah orang yang tidak termotivasi, maka dengan mengikuti training motivasi, harapannya kita akan termitivasi untuk selalu bersemangat dalam menjalani kehidupan. Di tempat training kita juga bisa berkenalan langsung dengan trainernya kemudian kita tanyakan lebih dalam tentang kisah perjalanan hidupnya.
Ketiga, perbanyaklah kegiatan yang diluar kebiasaan orang banyak (ekstra ordinary) misalnya kegiatan pendakian gunung, susur pantai, susur sungai, susur goa, arung jeram, yang mampu mengolah emosi kita dan membangkitkan adrenalin kita, selain dalam bentuk kegiatan yang menantang seperti diatas, saya menyarankan adakan kegiatan mengunjungi wilayah yang tertinggal, terpencil dan dihuni oleh masyarakat yang hidup seadanya, maka dengan begitu sahabat akan mendapatkan pengalaman hidup yang sangat berharga, bahkan efeknya sahabat akan semakin menghargai dan menyukuri semua hal yang sahabat miliki.
Keempat sekaligus yang cukup penting bahkan saya katakana ini sangat luar biasa, yakni menanyakan kepada orang-orang tercinta, tentang kebahagiaan apa yang beliau ingin dari diri kita. Ini pernah saya lakukan kepada bunda tercinta, suatu hari saya tanya beliau “Bunda, apa yang paling membuat ibu bahagia dari ananda?”. Saat itu bunda memberikan jawaban yang sangat simple, “pada dasarnya bunda tidak minta apa-apa, sesungguhnya kebahagiaan hidup ananda adalah kebhagiaan Bunda juga, bunda ingin ananda menjadi orang yang berhasil, hidup berkecukupan dan selalu menjadi yang terbaik dimanapun ananda berada”. Kurang lebih itulah jawaban bunda yang masih saya ingat, dan dari situlah saya segera menyusun rangkai mimpi hidup yang sangat panjang dan tentu visioner.
Saya sangat yakin, orang tua sahabat juga punya keinginan dari sahabat, maka segera tanyakan padanya apa yang paling bunda anggap itu kebahagiaan dari ananda?, semoga sahabat diberikan kekuatan dan keistiqomahan serta kemudahan untuk mencapai setiap mimpi yang sahabat targetkan. Selamat berjuang sahabat. Hidup ini memang harus kita jalani, dengan cara menanm bibit yang hebat agar kita layak memanen yang hebat-hebat pula.
Bandung, 08 April 2012,
Sahabatmu
Jaisyurrahman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste